Traveling adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Oleh sebab itu aktivitas ini banyak disukai oleh banyak lagi, terlebih lagi para generasi milenial.

Traveling bukan hanya dilakukan oleh generasi milenial saja, akan tetapi ibu hamil juga bisa melakukan traveling. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan traveling saat hamil. Misalnya dari persiapan, pemilihan waktu, dan lain sebagainya.

Ketika sedang hamil, harus benar-benar menjaga kandungannya dengan baik. Misalnya tidak boleh melakukan aktivitas yang berlebihan, apalagi sampai kelelahan. Namun, bagaimana sih kalau saat hamil, ingin melakukan liburan atau traveling?

Nah, jika sedang hamil dan ingin melakukan traveling, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini. Apa saja? Simak artikel Amazing Indonesia di bawah ini, ya.

Atur Waktu yang tepat untuk traveling
Saat awal-awal kehamilan, pasti akan sering merasakan pusing, mual, dan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk melakukan traveling adalah trisemester kedua, yaitu antara bulan ke-empat dan ke-enam.

Kamu bisa menghindari di usia trimester pertama dan beberapa waktu sebelum melahirkan yaitu minggu ke 36-38. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai rencana travelingmu.

Cari Destinasi yang Tepat dan Dekat
Saat sedang hamil, kamu bisa memilih traveling dengan destinasi yang dekat atau domestik. Karena itu, kamu bisa melakukan traveling dengan naik mobil, tanpa menggunakan pesawat.

Carilah destinasi yang nyaman untuk orang yang sedang hamil. Jika kamu ingin menginap di vila gunung, sangat dianjurkan untuk tidur di bawah ketinggian dari 3.600 mdpl.

Pilih Traveling Naik Mobil
Meskipun traveling menggunakan pesawat akan lebih cepat dan menghemat waktu, akan tetapi untuk ibu hamil, harus bisa menggunakan transportasi yang tepat.

Alasan utama menggunakan mobil adalah demi kenyamanan, karena ibu hamil butuh bergerak dan peregangan. Saat traveling, kamu bisa berhenti sejenak untuk menghirup udara segar.

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan letak sabuk pengaman. Pakailah sabuk pengaman tepat di bawah perut. Ingat, jangan melintang di atas perut.

Membawa Catatan dan Berkas Kehamilan
Saat ingin melakukan traveling, meski dengan destinasi yang dekat, kamu harus membawa catatan medis dari dokter. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kandungan kamu agar tetap baik.

Tips Traveling Bagi Kamu yang Sedang Hamil
Tips Traveling Bagi Kamu yang Sedang Hamil

Membawa Cemilan Serta Minum yang Banyak
Bagi Ibu hamil, minum air putih itu harus banyak untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Minum banyak air putih akan lebih baik, apalagi saat kamu melakukan traveling menggunakan pesawat.

Ibu hamil harus minum air putih dalam sehari setidaknya bisa minum 8-12 gelas dalam sehari. Oh ya, jangan lupa untuk membawa susu. Untuk membawa susu, sebelumnya kamu harus memilih susu yang tepat bagi calon buah hati.

Kamu bisa mencari di toko online maupun konvensional yang sedang jual harga susu ibu hamil. Selain itu kamu harus membawa cemilan sehat, seperti buah-buahan selama dalam perjalanan.

Cermat dalam memilih aktivitas
Traveling ketika hamil dan tidak itu berbeda. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih aktivitas selama traveling.

Kamu harus menghindari kegiatan yang berisiko tinggi, misalnya naik kuda, ski air, windsurfing, berseluncur di salju, hiking, dan aktivitas serupa. Oh ya, kamu bisa memilih aktivitas salah satunya adalah dengan mandi dengan air hangat. Ingat, kamu harus menggunakan air yang tidak terlalu panas.

Itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan ketika hamil saat ingin melakukan traveling. Semoga travelingnya berjalan sesuai rencana, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here