Berwisata religi menuju tempat-tempat suci bisa menjadi suatu kegiatan menyenangkan ketika travelling. Selain memberikan pengalaman yang berkesan, jalan-jalan ke tempat ibadah kerap meninggalkan kesan spiritual tersendiri. Tak jarang, orang-orang yang mengikuti wisata religi mengalami perubahan sepulang wisata.

Biasanya, setelah dari perjalanan religi kita akan merasa lebih dekat dengan pencipta, dan juga memiliki rasa toleransi beragama yang makin besar. Sebab, kita jadi mengetahui lebih banyak mengenai ibadah pemeluk agama lainnya.

Karena wisata yang satu ini terhitung spesial, tentunya tidak bisa semau hati saat seperti jalan-jalan ke destinasi wisata lainnya, ada sejumlah peraturan khusus yang wajib saya taati jika berwisata ke tempat suci ini. Maka perlu untuk kita ketahui tips wisata religi agar tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Berikut beberapa tipsnya. Yuk, disimak!

1Mencari Informasi

[Foto: Idntimes.com]

Sebaiknya carilah informasi sebanyak mungkin mengenai lokasi wisata yang akan kita kunjungi, apalagi yang erat kaitannya dengan tempat untuk ibadah. Informasi daerah tersebut bisa dicari dari berbagai sumber contohnya internet, buku ataupun teman dan kerabat yang telah mengunjungi destinasi wisata yang akan kita kunjungi.

Tak ada salahnya juga jika kita bertanya langsung kepada petugas yang ada di area wisata mengenai tips wisata religi ditempat itu maupun batasan-batasan yang mesti dilakukan pada turis asing atau lokal yang baru berkunjung, misalnya apa saja pantangan yang tak boleh dikerjakan dan yang harus ditaati.

2Berpakaian Sopan

[Foto: Bali.idntimes.com]

Wisata religi memang identik dengan tempat ibadah, jadi saya selalu berpakaian sopan karena itu adalah salah satu aturan yang wajib ditaati oleh semua pengunjung. Seperti di sejumlah kuil bersejarah Thailand, para pengunjung harus memakai pakaian panjang. Di Borobudur, para wisatawan disarankan untuk mengenakan kain batik yang disediakan oleh pengelola wisata, hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan pada budaya setempat.

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Wisata Murah di Jogja Ini Demi Dompet Tetap Tebal´╗┐

3Menghormati Jemaat yang Tengah Beribadah

[Foto: Bali-travelnews.com]

Terkadang tips wisata religi ini diabaikan, pasalnya kegiatan para pelaku ibadah yang sedang menjalankan ritual maupun prosesi tertentu menjadi daya tarik wisatawan. Saya jadi teringat ketika kontroversi perayaan Waisak di Candi Borobudur tahun 2013 silam!? Kejadian itu disebabkan oleh wisatawan yang memaksa mengambil foto sedekat mungkin.

Padahal, sejatinya para biksu ini sedang khusyuknya berdoa. Tentu hal seperti itu mengganggu biksu-biksu yang sedang beribadah dan baiknya kita hindari sikap seperti itu. Kita boleh menikmati momennya, tapi jangan sampai merecoki prosesi yang sedang berlangsung.

4Menjaga Kebersihan

[Foto: Superadventure.co.id]

Di Indonesia, sepertinya sudah menjadi rahasia umum tentang minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempat sampah. Nah, kita sebagai traveller terutama bila mengunjungi tempat ibadah, tips wisata religi yang satu ini wajib diikuti. Dengan menjaga kebersihan berarti kita membantu menjaga kesucian dari tempat ibadah tersebut.

5Pengetahuan Menjadi Bertambah

Hakikat travelling tak hanya untuk melepas penat ataupun bersenang-senang saja, jika tujuan wisata ialah ke tempat ibadah. Sebaiknya saat kita mengunjungi tempat ibadah bukan hanya sekadar memenuhi keinginan untuk berfoto di spot-spot instragramable yang mengagumkan. Namun manfaatkan kesempatan itu untuk berwisata religi untuk menambah pengetahuan dari tempat yang kita kunjungi.

Itulah 5 tips wisata religi yang baiknya kita ikuti jika akan menjalankan wisata religi yang notabenenya merupakan tempat suci, apalagi bila yang dikunjungi ialah rumah ibadah. Kita harus menghormati dan menghargai semua ketentuan yang berlaku. Karena itu jadilah traveller yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here