Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi gudangnya destinasi wisata, karena begitu banyak tempat wisata yang ada disana, mulai dari Keraton Yogyakarta, Malioboro, dan bahkan wisata alam juga bisa kita temui di Jogja.

Banyak orang yang memilih melakukan liburan ke Jogja, selain karena tempatnya yang terletak di tengah-tengah pulau Jawa, juga karena Jogja merupakan salah satu zona wisata liburan yang murah untuk dikunjungi. Meskipun disana banyak kawasan wisata, namun barang perbelanjaan disana tidak semahal dengan apa yang kita bayangkan. Biaya masuk tiketnya pun juga tidak mahal, sehingga banyak orang yang berminat untuk berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam rangka liburan dan refreshing diri, kamu bisa membaca tips wisata murah yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke Yogyakarta. Amazing Indonesia sudah mempersiapkan berbagai tipsnya yang bisa kamu lakukan. Apa saja itu tipsnya?

1Rombongan Lebih Baik Sewa Guest House

[Foto: xingwisata.com]

Ketika kamu liburan secara rame-rame ke Yogyakarta, lebih baik kamu menyewa Guest House disana. Karena dibandingkan dengan menyewa hotel, jelas Guest House akan jauh lebih murah dan kamu akan lebih efektif mengatur biaya perjalanan wisatamu. Bahkan beberapa Guest House di Jogja, ada yang seharga 600 ribu per malam dan bisa digunakan untuk 12 orang, artinya kamu bisa patungan dengan harga 50 ribu per orang. Untuk melihat Guest House yang murah di Jogja, kamu bisa mencarinya di internet beberaa hari sebelum kamu pergi kesana.

2Cari Warung Makan di Sekitar Kampus

[Foto: unycommunity.com]

Nah ini yang biasanya dilakukan oleh traveler yang benar-benar mengerti cara menghemat biaya perjalanan. Untuk makan, tidak perlu ke restoran mewah maupun restoran terkenal. Kamu bisa mencari kampus terdekat, dan kamu bisa makan di warung kaki lima sekitar kampus. Karena biasanya warung di sekitar kampus akan lebih murah dibanding warung di sekitar tempat wisata.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Menu Favorit Wisata Kuliner Khas Jogja

3Manfaatkan Trans Jogja

[Foto: tempo.co]

Yogyakarta merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Artinya disana memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk kepentingan publik. Untuk sekedar jalan-jalan dan kamu disana sebagai traveler yang tidak punya kendaraan, kamu tak perlu risau. Karena daripada kamu menghabiskan uang dengan menyewa taksi, kamu bisa naik angkutan publik seperti Trans Jogja yang siap mengantarmu ke berbagai spot wisata yang ada di Jogjakarta. Trans Jogja ini cukup murah, karena kamu hanya membayar 3600 rupiah saja untuk sekali jalan. Menarik bukan?

4Di Jogja Wajib Nawar

[Foto: jogja.co]

Nah ketika kamu ingin membeli oleh-oleh untuk sanak saudaramu di kampung, maka disana jelas banyak terdapat berbagai pedagang oleh-oleh. Namun, tips yang harus diperhatikan ketika membeli oleh-oleh, kamu jangan segan untuk menawar, karena biasanya para pedagang di Jogja terkenal dengan kemurahan hatinya ketika ditawar oleh orang lain, yang penting nawarnya jangan kebangetan ya!

5Gunakan kemampuan bahasa jawamu

[Foto: hariannusantara.com]

Ketika kamu juga merupakan orang jawa, dan kamu berwisata ke Jogja, maka jangan segan-segan untuk memakai bahasa jawa ketika kamu sedang berwisata ke Jogjakarta. Karena memang pedagang-pedagang di Jogja, akan memberikan produk dengan harga lebih murah kepada orang yang dinilai bukan wisatawan. Kamu bisa menyamar seperti bukan wisatawan dengan menggunakan bahasa jawamu yang fasih.

Pergunakanlah 5 tips wisata murah di Jogja yang sudah disebutkan di atas, demi dompet kamu yang tetap hemat ketika sedang melakukan perjalanan wisata. Karena murah tidaknya wisata, itu tergantung kepada diri kamu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here