Liburan menjadi salah satu altenatif untuk me-refresh pikiran kita. Banyak sekali liburan yang bisa kamu pilih untuk mengisi libur panjangmu. Mulai dari liburan dalam kota, luar kota, maupun liburan ke mancanegara. Ketika liburan, kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal agar liburanmu nggak keteteran, dan kamu bisa menikmati liburanmu tanpa takut ribet lagi. Berikut, tips persiapan liburan buat kamu, biar nggak keteteran.

1Atur Jadwal Sedini Mungkin

[Foto: Uprint.id]

Mengatur jadwal sedini mungkin bisa membuatmu nyaman dan nggak khawatir lagi ketika akan berlibur. Kamu bisa lebih leluasa memilih tempat liburan yang hendak dikunjungi bersama keluarga. Mulai dari menyurvei kenyamanan dan keamanan fasilitas tempat wisata, budget harga masuk, hingga sarana dan prasarana apa saja yang ditawarkan di tempat wisata tesebut.

Mengatur jadwal sedini mungkin juga bisa membuatmu lebih leluasa untuk mengemas barang bawaan, atau packing. Kamu bisa memilah-milah barang apa saja yang hendaknya kamu bawa. Mana yang sangat dibutuhkan, dan mana yang sama sekali tidak dibutuhkan. Jadi kamu tidak perlu pusing dengan barang bawaan ketika mengunjungi tempat wisata.

2Susun Itinerary Serapi Mungkin

[Foto: Infopenerbangan.com]

Membuat jadwal perjalanan dan tempat wisata yang hendak dikunjungi, bisa membantu liburanmu menjadi efektif dan efisien. Kamu bisa membuat daftar tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Susun sesuai dengan tempat yang terdekat, agar tidak membuang-buang waktu di perjalanan. Coba juga perkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Membuat Itinerary juga harus kamu siapkan dari awal-awal. Begitu mendapat destinasi wisata yang nyaman dan tepat, kamu bisa langsung membuat itinerary agar memudahkan perjalanan. Meskipun terlihat simple dan sederhana, itinerary bisa membuat liburan efisien dan tidak membuang-buang waktu. Jadi, meskipun berliburan di tempat wisata kamu juga masih punya waktu untuk istirahat.

3Jaga Kesehatan, Jangan Lupa!

[Foto: Parenting.firstcry.com]

Setelah membuat planing untuk pergi berlibur tanggal sekian, jangan menyepelekan pola makanmu. Jaga stamina dan kesehatan tubuh, agar tidak ambruk saat hari H liburan tiba. Jangan sampai semua pesiapan sudah dilakukan, tiba-tiba kamu gagal pergi berlibur gara-gara stamina tubuh tidak terjaga.

Usahakan melakukan pola makan empat sehat lima sempurna, dan berolahraga rutin selama seminggu sebelum pergi berlibur. Hal ini bisa menambah stamina tubuh dan tidak membuatmu shock ketika harus berjalan jauh atau terpapar sinar matahari terlalu panas.

Baca Juga : 5 Tips Liburan Murah Ini Cocok Banget Bagi Mahasiswa

4Siapkan Budget, dan Modal Transportasi yang Layak

[Foto: Brilio.net]

Untuk mempersiapkan sebuah perjalanan, hal pertama yang tidak kalah penting dari semua poin di atas adalah mempersiapkan budget dan moda transportasi yang layak. Jangan sampai liburanmu terganggu gara-gara transportasi yang kamu tumpangi tidak memberikan kenyamanan dan kelayakan sehingga membuatmu capek di tengah perjalanan.

Budget juga tidak kalah penting. Karena bisa dikatakan budget-lah yang menentukan kesenangan liburanmu. Pastinya nggak menyenangkan, kan … kalau sedang liburan tapi kita terkendala masalah budget. Nggak bisa beli ini, beli itu. Nggak bisa naik ini, naik itu, karena budget nggak mencukupi. Untuk itu, siapkan budget jauh-jauh hari sebelum keberangkatan liburanmu.

5Catat Jadwal Keberangkatan

[Foto: Hashmicro.com]

Setelah semua persiapan sudah rapi terjadwal, jangan lupa buat catatan di kalender, dan pengingat di HP-mu. Cek kembali barang-barang bawaan yang sudah kamu packing. Siapkan obat pusing, mual, dan penyakit tertentu jika ada, secukupnya. Bawa snack dan makanan seperlunya.

Tidurlah lebih awal sebelum waktu keberangkatan liburanmu. Sehingga tubuhmu kembali fit di pagi hari, dan akan membuatmu semangat dan bertambah stamina ketika sedang melakukan liburan. Lebih awallah datang ke Bandara. Untuk memastikan penerbangan, dan beberapa keperluan lainnya.

Itulah beberapa tips liburan yang bisa kamu coba. Supaya liburanmu nyaman, aman, tenang, dan nggak keteteran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here