Naik pesawat itu menyenangkan, lho. Selain waktu perjalanan yang ditempuh jauh lebih cepat, pesawat juga merupakan transportasi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya, seperti kereta maupun kapal laut. Memang sih, sama-sama transportasi, namun tetap ada perbedaan antara transportasi yang satu dengan lainnya. Bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar perjalananmu nyaman dan menyenangkan. Berikut ini travelizt kasih beberapa tipsnya:

Datang 2 Jam Lebih Awal Sebelum Keberangkatan

Datang lebih awal 2 jam naik pesawat
detik.traveli.com

Inilah hal pertama dan utama yang perlu kamu perhatikan. Mengapa harus dua jam sebelum waktu keberangkatan? Karena dalam waktu dua jam ini ada hal-hal yang wajib kamu lakukan dan cukup membutuhkan waktu, seperti check-in tiket yang kadang antriannya cukup panjang dan biasanya butuh waktu kurang lebih 30 menit. Khusus beberapa bandara internasional, jarak antara tempat check-in dan ruang tunggu lumayan jauh sehingga kamu butuh waktu lebih berjalan kaki ke sana. Jika kamu datang ke bandara terlalu mepet waktunya, kamu terpaksa berlarian di antara dua ruangan itu agar tidak ketinggalan pesawat. Jadi, jangan sepelekan waktu dan datang mepet, ya.

Pemeriksaan

Pemeriksaan di Bandara
sgimage.detik.net.id

Saat hendak memasuki ruang keberangkatan maupun ruang tunggu, kamu wajib melalui pemeriksaan dari petugas bandara atau Aviation Security (Avsec). Biasanya butuh waktu juga untuk dapat melalui proses ini, belum lagi ada antrian jika kamu berangkat di masa peak-session. Untuk mempercepat proses pemeriksaan, lepaslah semua benda yang terbuat dari logam, yang menempel di pakaianmu, seperti jam tangan, ikat pingan, bahkan kunci mobil yang tersimpan di saku celana. Letakkan semua benda-benda itu di wadah yang telah disediakan. Hal ini sangat membantu mempercepat proses pemeriksaan.

Oh ya, untuk pemeriksaan kedua, biasanya lebih fokus dengan barang-barang bawaaan seperti parfum dan lainnya. Jika kamu membawa parfum ataupun benda cair lainnya yang berukuran lebih dari 100ml, sebaiknya kamu keluarkan, karena benda-benda itu tidak boleh dibawa masuk ke pesawat, kecuali susu formula untuk anak.

Proses Check-in

Proses Chek in di bandara
dublinairport.com

Untuk yang pertama kali akan pergi menggunakan pesawat, kamu sebaiknya memperhatikan bagaimana proses check-in yang benar dan sesuai standar operasional yang ditentukan. Carilah loket sesuai dengan maskapai yang kamu pesan. Siapkan kartu identitas, seperti KTP atau paspor. Identitas diri ini harus asli, bukan fotokopian lho, ya. Setelah proses selesai, kamu akan mendapatkan selembar kertas bukti bahwa kamu telah melakukan check-in. Simpan baik-baik bukti ini karena nanti akan digunakan lagi pada saat boarding.

Boarding Pass

Boarding Pass
kompas.com

Nah, selembar kertas yang menjadi bukti kalau kamu telah check-in disebut dengan boarding pass. Jadi setelah mendapatkan boarding pass, kamu tinggal menunggu di ruang tunggu sampai ada pengumuman tiba saatnya kamu naik ke pesawat. Selama menunggu, kamu bisa menghabiskan waktu dengan membaca buku atau mainan gadget. Begitu terdengar pengumuman, bersiaplah antri di gate yang telah ditentukan. Biasakan antri dan dahulukan orang lanjut usia atau ibu-ibu yang membawa anak.

Untuk mencegah kamu naik ke pesawat yang salah (pesawat yang bukan tujuanmu) tidak ada salahnya kamu bertanya pada petugas di bagian boarding, apakah pesawat yang akan kamu naiki sudah sesuai dengan tujuanmu sebenarnya.

Memasuki Pesawat

Tips Naik Pesawat
vietnamairlinesonline.com

Proses demi proses telah kamu selesaikan dengan baik. Proses yang terakhir dan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memasuki pesawat. Lagi-lagi, antri menjadi bagian dalam proses ini. Begitu tiba di dalam pesawat, carilah nomor kursi sesuai dengan yang tercantum di boarding pass. Barang bawaan yang tidak dimasukkan ke bagasi letakkan di loker yang ada di bagian atas kursi penumpang (bagasi kabin). Duduklah dengan tenang selama perjalanan dan jangan lupa untuk berdoa agar perjalananmu bersama penumpang lain nyaman dan menyenangkan serta bisa tiba di tujuan dengan selamat.

Enjoy your flying, Guys, dan tak perlu gugup selama perjalanan naik pesawat untuk pertama kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here