Liburan akhir pekan memang bisa mengistirahatkan sejenak pikiran kamu dari rutinitas pekerjaan. Namun, meskipun pikiran lebih segar, seringkali tubuh akan merasa lelah dan pegal-pegal apalagi setelah menempuh perjalanan jauh. Hal ini tentu sangat wajar mengingat banyaknya kegiatan dan perjalanan yang kamu lakukan selama liburan akhir pekan. Nah, untuk mengatasi rasa lelah setelah liburan akhir pekan, berikut 5 tips mengatasi rasa lelah yang bisa kamu lakukan.

1Sediakan Waktu untuk Istirahat

[Foto: Beritagar.id]

Meskipun waktu liburan akhir pekan tidak terlalu lama, kamu tetap harus menyempatkan waktu untuk beristirahat. Jangan sampai setelah liburan, kamu baru sampai rumah tengah malam dan pagi harinya harus masuk kantor.

Hal ini akan membuat tubuhmu semakin lelah sehingga tidak konsentrasi saat bekerja. Selain itu, kurang istirahat juga akan membuatmu mudah terserang penyakit. Jadi, selalu siasati waktu untuk beristirahat setelah selesai liburan akhir pekan ya.

2Porsi Makanan yang Ringan

[Foto: Dietsmartdetoxx.com]

Pilihlah menu makanan yang ringan ketika tubuh memang sedang tidak bersahabat. Daripada makan nasi yang butuh lebih banyak energi untuk mencernanya, lebih baik mengganti menu makan dengan salad buah atau sayur. Vitamin dan nutrisi dari buah dan sayur akan lebih mudah dicerna sehingga menjaga cadangan energimu.

Jenis makanan yang terbilang ringan layaknya buah dan sayur juga tidak akan menyebabkan rasa kantuk seperti makanan lain yang tinggi karbohidrat. Khusus untuk menjaga kekebalan tubuhmu yang tengah melemah, bisa dengan mengkonsumsi brokoli dan buah-buahan yang kaya Vitamin C.

Baca Juga : 5 Tips Liburan Dengan Budget yang Terbatas

3Pijat

[Foto: Journal.sociolla.com]

Setelah melakukan perjalanan panjang selama liburan akhir pekan pasti tubuhmu merasa pegal-pegal. Pijat adalah tips mengatasi rasa lelah terbaik dan salah satu solusi yang paling efektif untuk menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.

Pijat secara signifikan dapat memengaruhi sistem saraf perifer. Meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf. Mengurangi hingga menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf yang cedera, serta mencegah gangguan pembuluh darah dalam hal komunikasi dan suplai. Kamu bisa meluangkan waktu selama 30 menit sampak satu jam untuk pijat.

4Minum Secangkir Kopi

[Foto: Health.grid.id]

Kafein dalam kopi dapat membantu menjaga konsentrasi, termasuk bagi tubuh yang sedang kelelahan. Namun, manfaat kopi kurang efektif bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari. Kafein hanya bisa bekerja maksimal pada tubuh yang tidak terbiasa mengkonsumsinya. Tetapi, kamu bisa meengatasinya dengan minum kopi dalam porsi berlebih sehingga dapat merasakan manfaatnya. Minum kopi sebelum jam 2 siang sangat disarankan asalkan porsinya pas, cukup secangkir selama sehari misalnya.

Dengan meminum secangkir kopi, minuman ini bisa meningkatkan fokus dan konsentrasimu hingga berlipat-lipat. Selain itu, kopi juga tidak akan memberikan efek samping seperti sakit kepala atau dehidrasi

5Luangkan Tidur Siang 20 Menit

[Foto: Hellosehat.com]

Salah satu yang dibutuhkan tubuh ketika kelelahan adalah istirahat. Luangkan waktu selama 20 menit untuk tidur antara jam 1 siang sampai jam 3 sore. Kamu bisa gunakan sebagian waktu istirahat siangmu untuk tidur, demi mengembalikan tenaga dan kesegaran tubuhmu lagi.

Selain bisa meningkatkan kemampuan kognitifmu, tidur siang dapat mengembalikan energi dan produktivitasmu hingga 2 kali lipat.

Demikian 5 tips mengatasi rasa lelah setelah liburan akhir pekan. Rasa lelah setelah liburan wajar saja kamu rasakan. Kamu hanya dituntut untuk pintar-pintar menyiasatinya. Selain itu, manfaatkan waktu istirahatmu dengan baik, ya! Tetap semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here