Liburan menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk semua orang, bahkan dari anak sekolah hingga pegawai kantoran. Libur adalah momen dimana sebagian besar masyarakat memilih menghabiskan waktu di rumah untuk beristirahan. Akan tetapi sebagian besar masyarakat lainnya memilih untuk pergi jalan-jalan sebagai pelampiasan kepenatan atas segala aktivitas yang dilakukan selama ini. jika memilih liburan keluar rumah, kamu butuh dana yang cukup besar agar bisa jalan-jalan. Nah, untuk kamu yang ingin melaksanakan liburan namun memiliki keterbatasan pada biaya, kamu bisa coba 5 tips dibawah ini agar liburanmu tetap berjalan. Yuk simak artikel berikut ini!

1Menentukan Destinasi Liburan

[Foto: Journal.sociolla.com]

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan destinasi liburan sebelum kamu berangkat. Kamu bisa memilih destinasi wisata yang masuk ke dalam paket wisata sehingga pengeluaran tidak terlalu banyak. Kamu bisa memilih destinasi sesuai dengan uang yang ada di kantongmu. Tidak perlu malu untuk bepergian dengan uang yang minim. Apabila kamu memilih tempat yang tepat, dengan uang minim yang kamu miliki kamu sudah bisa pergi berlibur dan melepas penat setelah selama ini sibuk dengan aktivitas kantormu.

2Mencari Tiket Pesawat Murah

[Foto: Lifestyle.sindonews.com]

Jika kamu bepergian jauh dari tempat kamu tinggal dan mengharuskan kamu pergi dengan pesawat, carilah tiket pesawat yang murah. Kamu bisa merencanakannya dari jauh-jauh hari. Memantau pergerakan harga tiket juga bisa kamu lakukan agar kamu bisa merencanakan liburan yang sudah kamu impikan. Hindari untuk liburan diakhir tahun agar kamu tidak mendapat tiket pesawat dengan harga yang melonjak.

3Memilih Tempat Penginapan Murah

[Foto: Travel.kompas.com]

Jika kamu sudah menentukan destinasi liburanmu dan juga sudah mendapatkan tiket pesawat apabila menggunakan, kamu harus memikirkan tempat selama kamu liburan. Pilihlah penginapan yang murah. Tidak apa jika tempat itu tidak dekat dengan destinasi wisatamu, kamu bisa sekalian berolahraga dengan berjalan kaki dari tempat penginapan ke destinasi wisata. Kamu bisa memanfaatkan momen itu untuk melihat sekeliling. Tidak apa memilih penginapan yang murah, toh nantinya kamu akan jarang menempatinya karena sibuk berkeliling. Yang terpenting tempat penginapanmu bisa untuk menampung barang-barang yang kamu bawa dan pastinya untuk tempat kamu beristirahat.

Baca Juga : Traveling Itu Menyenangkan, Ada 5 Manfaat Traveling yang Perlu Kamu Tahu

4Memilih Destinasi Wisata Terdekat

[Foto:His-travel.co.id]

Jika anggaran liburanmu sangat terbatas, kamu bisa memilih destinasi wisata paling dekat dari tempat tinggalmu. Kamu tidak perlu memesan tiket, kamu tidak perlu memesan penginapan dan kamu cukup menggunakan transportasi umum yang ada. Jauh dekatnya suatu liburan tergantung dari bagaimana kita menikmati waktu libur yang kita dapatkan. Jika kamu tidak memiliki waktu, meskipun destinasi wisata itu dekat dengan tempat tinggalmu, pastinya kamu tidak akan bisa pergi. Jadi, menikmati liburan itu tergantung dari diri kamu sendiri. Nah, jadi jika tempat tinggalmu memang dekat dengan destinasi wisata, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi untuk liburan.

5Kunjungi Objek Wisata Gratis

[Foto: Tribunnews.com]

Jika kamu pergi kesuatu destinasi wisata, carilah objek-objek wisata gratis. Kamu bisa memilih objek wisata yang tidak dikenai biaya ketika kamu memasukinya. Hal ini bisa mengurangi pengeluaranmu ketika liburan. Kamu masih bisa menikmati liburanmu meskipun di objek-objek wisata gratis. Tidak usah malu mendatangi tempat-tempat gratis. Datangi dan cobalah untuk bersenang-senang disana.

Nah, sudah merencakan liburanmu? Atau kamu hanya ingin berdiam diri di rumah? Tips diatas bisa kamu coba jika kamu memiliki dana minim akan tetapi ingin pergi liburan. Mencoba tempat-tempat gratis adalah pilihan paling utama. Kamu bisa liburan namun tidak mengeluarkan banyak uang. Semoga tips diaats bermanfaat. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here