Berlibur adalah saat-saat yang menyenangkan, apalagi jika kamu melakukannya secara rombongan bersama teman-teman tersayang. Selama waktu itu kita akan makin intim dengan orang-orang di lingkaran terdekat pertemanan karena menghabiskan waktu yang berkualitas. Sayangnya berlibur secara rombongan itu biasanya ribet sekali dan suka bikin kita keteteran. Hal inilah yang buat tidak semangat liburan bareng. Tapi jangan kuatir, sebab artikel ini akan membagikan lima tips supaya liburan berombonganmu anti ribet dan keteteran. Scroll ya!

1Pilih Koordinator

[Foto: Lifestyle.okezone.com]

Tips pertama untuk liburan rombongan anti keteteranmu adalah memilih koordinator. Hal ini penting sekali, sebab jika kamu berlibur secara rombongan pasti akan banyak sekali perdebatan yang akan terjadi, mengenai tujuan yang ingin kalian kunjungi sampai hal remeh temeh, seperti makan dimana dan makan apa. Nah, tugas koordinator inilah yang akan menengahi berbagai keinginan dan juga menjaga kalian agar tetap fokus pada tujuan menghabiskan waktu berkualitas dengan berlibur bersama. Selain itu, koordinator nanti juga berperan untuk mengingatkan kalian tentang aneka hal yang meski kalian persiapkan, termasuk printilan-printilan terkecil.

2Bagi Tugas

[Foto: Superadventure.co.id]

Enaknya jika berlibur secara rombongan adalah kalian tidak perlu menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Jadi lebih enteng. Pembagian tugas karena itu jadi penting sekali. Pastikan ya saat membagi tugas, temanmu rela dan benar-benar sepenuh hati menjalankannya. Jika tidak, dijamin liburanmu akan keteteran atau ada anak yang harus mengerjakan persiapan liburan lebih banyak dibanding yang lain.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Rasa Lelah Setelah Liburan Akhir Pekan

3Tentukan Semuanya Melalui Musyawarah

[Foto:Calendar.buffalo.edu]

Tips selanjutnya ini penting untuk kalian lakukan. Liburan berombongan berarti dilakukan oleh banyak orang, dan setiap orang pasti punya bayangan mereka masing-masing tentang liburan yang mereka inginkan. Ada yang ingin ke tempat A, ada yang ingin ke tempat B dulu, ada yang memilih makan di tempat ini, atau makan di tempat itu. Ini tentu akan memakan waktu lama jika tidak kalian tentukan di awal, tapi akan jadi tak adil jika tak kalian sepakati bersama. Karena itu penting sekali untuk menentukan segalanya melalui musyawarah. Oh iya, dalam musyawarah ini pastikan jadi terbuka dan jangan menyimpan unek-unek di dalam hati ya! Bisa jadi masalah yang merusak liburan bersama kalian nanti.

4Tentukan Timeline

Foto: Avenirtravel.id]

Waktu menjadi hal yang amat penting untuk menghindarkan liburanmu dari yang namanya keteteran. Sebab, dengan timeline kamu akan tahu kapan harus melakukan apa dan kapan seharusnya segala sesuatunya sudah siap. Penggunaan timeline juga akan memudahkanmu untuk mengurus urusan paling krusial dalam liburan berombongan, yaitu soal tiket perjalanan dan penginapan. Jadi terhindar deh dari yang namanya kehabisan tiket dan tidak kebagian tempat menginap.

5Susun Itinerary-mu dengan Rapi

[Foto: Sahabatmarina.com]

Tips terakhir supaya liburanmu bebas dari yang namanya keteteran adalah susun itinerary –mu dengan serapi mungkin. Itinerary sendiri adalah perencaan liburan secara garis besar. Tujuannya untuk memudahkan kalian selama masa plesir. Itinerary sendiri terdiri dari perencanaan mengenai budget liburan, kunjungan yang akan kalian lakukan, naik apa untuk sampai ke tempat itu, kapan harus melakukan kunjungan itu dan berapa lama, sampai apasaja yang ingin kalian lakukan disana.

Nah, dengan adanya itinerary yang rapi dijamin deh liburan berombonganmu dengan kawan-kawan bebas dari yang namanya keteteran, sebab kalian sudah punya rencana yang matang. Tentu itinerary ini harus ditentukan melalui diskusi dan musyarah, jadi pastikan semua teman liburanmu memufakatinya ya! Itu dia lima tips liburan rombongan bersama teman supaya terhindar dari yang namanya keteteran. Semoga bermanfaat ya! Selamat berlibur bersama!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here