Tahukah kamu salah satu tempat wisata yang menjadi kebangaan Indonesia pada saat ini? Ya, salah satunya adalah Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Lebih tepatnya, destinasi wisata tersebut merupakan kawah dari Gunung Ijen.

Dengan pesona alamnya yang sangat indah dan langka karena disana memiliki api yang berwarna biru, Kawah Ijen merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik itu dari domestik maupun internasional.

Tapi, yang terkadang masih belum dipahami oleh banyak wisatawan adalah bagaimana caranya agar aman dan nyaman saat travelling ke kawah ijen. Padahal untuk mencapai kesana, para wisatawan harus mendaki terlebih dahulu di Gunung Ijen.

Berikut Amazing Indonesia memberikan 6 tips aman wisata ke Kawah Ijen agar para wisatawan bisa secara nyaman traveling tanpa takut terjadi hal menyeramkan. Apa saja tipsnya?

1Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup

Salah satu hal yang paling penting dibawa oleh para wisatawan yang hendak ke Kawah Ijen adalah makanan dan minuman. Bagaimana tidak, karena untuk mencapai ke Kawah Ijen, para wisatawan harus menghabiskan waktu 2 jam dengan lokasi pendakian yang tidak mulus. Bayangkan saja ketika tenaga sudah habis terkuras untuk mendaki, dan disana tidak ada makanan maupun minuman. Kita semua pasti tidak berharap hal itu terjadi.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Menarik Ini Menjadi Andalan Jawa Timur

2Minum Antimo

Salah satu obat yang menjadi andalan para wisatawan untuk mendaki ke Kawah Ijen adalah Antimo. Hal itu karena berguna untuk menghilangkan rasa pusing, mual, dan ingin muntah karena memang jarak tempuh pendakian yang sangat jauh. Namun dengan catatan, sebaiknya hanya boleh meminum satu buah antimo saja. Karena jika kebanyakan, dikhawatirkan akan mengantuk saat melakukan pendakian yang begitu lama.

3Jangan minum alkohol

Kamu juga sangat penting dalam menghindari minuman yang mengandung alkohol. Kenapa? Meskipun alkohol berguna untuk memanaskan badan karena sangat dingin keadaan disana, namun alkohol beresiko untuk membuat pusing dan ngantuk. Terus gimana solusinya? Kopi lebih baik daripada alkohol.

4Jangan lupa istirahat

Sudah terbayang kan dengan keadaan trek menuju Kawah Ijen? Selain perjalanan yang cukup lama, disana keadaannya juga sangat melelahkan, karena di salah satu area ada jalan yang cukup curam dan pastinya menguras tenaga. Untuk itu pastikan istirahat yang cukup sebelum mendaki ke Kawah Ijen, maupun saat mendaki. Karena kalau badan kamu tidak fit, dikhawatirkan kamu akan tumbang dan bikin repot semua orang.

5Perlengkapan pendakian

Salah satu perlengkapan yang perlu kamu bawa adalah senter, jaket, sarung tangan, dan masker. Kenapa demikian? Karena di Kawah Ijen keadaannya sangat dingin dan ketika kamu ingin melihat sunrise, haruslah dilakukan dini hari. Masker sangat penting karena bau belerang akan sangat menyengat. Sebaiknya bawa masker lebih dari satu.

6Pentingnya pakai Tour Guide

Bagi yang pertama kali ke Kawah Ijen, kamu sebaiknya menyewa pemandu wisata dalam perjalanan wisatamu ke Kawah Ijen. Karena mereka sudah berpengalaman dan akan menolong kamu ketika dalam keadaan ekstrim. Biaya untuk satu orang pemandu wisata di Kawah Ijen juga sangat murah, hanya 10.000 rupiah. Jadi sebaiknya sisihkan uang untuk sewa pemandu wisata daripada harus kesusahan menghadapi trek ekstrim disana.

Itulah 6 tips aman wisata ke Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur yang dihadirkan oleh Amazing Indonesia. Jangan lupa praktekkan tips-tips tersebut, karena dengan begitu, perjalanan wisatamu akan lebih aman dan nyaman, sehingga pasca wisata, diri kamu akan tetap dalam keadaan baik-baik saja. Nantikan tips dari Amazing Indonesia berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here