Setiap melakukan perjalanan liburan semua orang ingin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Namun, terkadang kita harus bisa menyesuaikan diri dengan cuaca, situasi serta kondisi lingkungan tempat kita berwisata.

Pasti sangat menyebalkan dan terganggu kalau tiba-tiba merasakan perut kembung, saat sedang menikmati liburan. Nah, kalian para Traveller harus mengetahui penyebab dan gejala apa yang terjadi jika kita mengalami perut kembung, serta bagaimana cara mengatasi hal ini. Yuk, simak!

Mual
sumber foto familydoctor.org

Penyebab dan Gejalanya

Bagi Traveler yang sering mengalami nyeri lambung, keadaan perut kembung ini akan sangat menggaggu. Perut kembung sebenarnya terjadi karena kandungan gas dalam saluran pencernaan meningkat. Hal ini akan membuat seseorang sering bersendawa dan merasa mual bahkan terkadang pusing. Bagi sebagian orang yang mengalami perut kembung, mereka akan buang angin (kentut) lebih dari 10 kali. Kondisi seperti ini juga terjadi pada bayi dan balita yang mengalami perut kembung.

Jika keadaan perut kembung ini dibiarkan bisa jadi akan mempengaruhi bagian tubuh lain dan menyebabkan beberapa penyakit seperti maag, typus dan bahkan sampai liver.

Pada umumnya kita memang makan sambil menelan udara. Namun, tanpa disadari terkadang kita menelan udara dalam jumlah banyak yang memicu semakin bertambahnya gas dalam perut, inilah yang menyebabkan perut jadi kembung. Selain itu, beberapa hal juga bisa menjadi pemicu  seperti stres, hamil, batu empedu, kanker ovariun dan susah buang air besar.

Mual dan Pusing
sumber foto betterhealth.vic.gov.au

Pencegahannya

  1. Jangan bosan minum air putih
    Air mineral adalah teman yang bagus untuk menemani perjalanannmu. Sebab air mineral mengandung tujuh mineral yang baik bagi tubuh maupun perut kita. Bahkan bisa menjadikan kulitmu untuk tetap halus dan lembab.
  2. Atur ulang porsi makanmu
    Untuk mendapatkan perjalanan yang menyenangkan tanpa perut kembung, kita cukup makan dalam porsi kecil. Karena dengan makan yang berlebihan akan mengakibatkan sensasi sakit perut saat perjalanan.
  3. Hindari gorengan
    Sebenernya bukan hanya gorengan saja, Hampir seluruh makanan yang mengandung banyak minyak, lebih baik dihindari selama traveling.
  4. Sebaiknya tidak menggunakan sedotan
    Tidak ingin makin banyak angin/udara masuk ke tubuh kan? Menggunakan sedotan saat minum ternyata hanya akan memicu udara lebih banyak masuk ke dalam tubuh lho. So, mending disingkirin saja sedotannya!
  5. Olahraga ringan
    Nah, biar badan tetap oke dan fit, kita cukup melakukan olahraga di sela waktu traveling. Olahraga memang cara paling kece menemani liburan tanpa perut kembung.

Mengatasinya
Bagi yang sudah terlanjur mengalami perut kembung, kita bisa mengatasinya dengan langkah-langkah berikit ini:

  1. Konsumsi Air Hangat
    Air hangat akan membantu mengurangi jumlah udara dalam perut. Jika suka dengan jahe, akan lebih bagus lagi mencampurnya dengan tanaman ini untuk meredakan kembung lebih cepat.
  2. Gunakan minyak angin
    Minyak angin akan membantu jika kita mengalami perut kembung. Pilih ukuran yang kecil untuk menemani perjalanan traveling, karena minyak angin juga bisa membantu menghangatkan tubuh.
  3. Banyak gerak
    Untuk membuat udara dalam perut cepat keluar, kita bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan menikmati sekeliling. Karena dengan menggerakkan tubuh akan merangsang udara dalam tubuh untuk keluar.

Nah, sudah tidak khawatir dengan perut kembung! Semoga perjalanan bisa lebih menyenangkan tanpa perut kembung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here