Mendaki gunung memang memberikan kepuasan tersendiri. Keindahan yang dirasakan saat berada dipuncak membuat rasa lelah hilang seketika. Bahkan keindahan yang diberikan tak bisa didefinisikan. Saat ini kegiatan mendaki gunung tak hanya dilakukan oleh pecinta alam saja tetapi pelajar dan mahasiswa juga mulai suka mendaki gunung. Perjalanan saat mendaki gunung bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak rintangan yang harus dilalui seperti udara dingin, jalur pendakian yang sulit, badai, kecapekan dan sebaginya.

Bagi kamu yang sudah berpengalaman pasti sudah mengetahui apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum mendaki gunung. Tetapi untuk pendaki pemula harus mengetahui persiapan apa saja yang dipersiapakan. Kamu pasti akan kecewa ketika tidak bisa mencapai puncak gunung yang kamu daki. Berikut adalah 5 tips panduan persiapan mendaki gunung bagi pemula yang harus diketahui.

1Mengecek Lokasi Pendakian

[Foto: Pamhuttahurapasuruan.blogspot.com]

Sebelum kamu memulai mendaki gunung kamu diharuskan untuk mengetahui jalur pendakian gunung. Selain itu kamu harus mengetahui keadaan gunung apakah dalam keadaan aman didaki atau tidak. Bahkan kamu juga harus mengetahui status gunung sedang dalam status normal atau siaga. Agar tidak kesasar kamu jangan malu bertanya kepada teman yang mengetahui jalur pendakian. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kamu tidak kecewa saat hendak mendaki gunung ternyata jalur pendakian sedang ditutup.

2Olahraga

[Foto: Myliferia.com]

Panduan yang kedua adalah kamu harus berolahraga. Olahraga rutin sebelum pendaki gunung sangat penting dilakukan. Ini untuk melatih otot kaki agar tidak kaget saat mendaki gunung. Untuk melatih otot kaki kamu bisa mlakukan olahraga lari(jogging) dipagi hari dan sore hari. Kamu disarankan berolahraga rutin sejak sebulan sebelum mulai mendaki gunung. Selain untuk melatih otot kaki, olahraga sebelum mendaki gunung juga untuk menjaga keseimbangan. Fisik yang kuat sangat penting saat mendaki gunung agar kamu bisa mencapai puncak.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Naik Gunung

3Menjaga Kesehatan

[Foto: Viapendaki.com]

Kesehatan menjadi persiapan mendaki gunung yang sangat penting. Kamu sangat tidak sarankan untuk mendaki gunung saat kondisi tubuh sedang tidak fit. Jika dalam keadaan yang tidak fit kamu memaksakan untuk tetap mendaki gunung, bisa dipastikan kamu akan berhenti ditengah jalan. Bahkan kamu bisa membuat repot teman pendaki yang lainnya seperti menghambat perjalanan mereka.

Untuk itu agar tidak merepotkan teman pendaki yang lainnya kamu harus menjaga kesehatan dengan mngkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan juga vitamin.

4Membawa Barang yang Penting

[Foto: Daimca.com]

Mendaki gunung bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Bayangkan saat mendaki gunung kamu menggendong beban yang sangat berat di punggungmu. Tak hanya itu kamu pasti melewati jalur pendakian yang terjal dan jalannya naik turun. Tentu ini semua bukanlah hal yang mudah. Agar beban yang kamu bawa tidak telalu berat sebaiknya kamu hanya membawa barang-barang yang penting saja.

Adapun barang-barang penting yang harus dibawa saat pendakian adalah pakaian tebal secukupnya, jaket berbahan katun atau wol, persediaan makanan dan minuman yang cukup, obat-obatan, sleeping bag, senter, matras, sarung tangan, dan barang penting lainnya.

5Kalau Capek Jangan Malu Meminta untuk Beristirahat

[Foto: Alatpendaki.wordpress.com]

Persiapan mendaki gunung yang terakhir adalah jangan malu meminta beristirahat saat kamu merasa capek. Meskipun kamu dituntut dalam keadaan yang fit saat mendaki gunung tetapi diperjalanan kamu pasti merasa capek. Sebagai pendaki pemula kamu jangan malu untuk mengatakan ingin beristirahat terlebih dahulu. Kalau kamu paksakan melanjutkan pendakian bisa membuat konsentrasi menjadi terganggu.

Itulah 5 tips panduan persiapan mendaki gunung bagi pemula yang harus diketahui. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here