Liburan di akhir pekan merupakan waktu yang sangat cocok untuk berwisata. Dengan berwisata, tentu akan menghilangkan semua rasa penatmu sehabis bekerja sehingga pikiran dan badan akan lebih fresh saat menyambut hari selanjutnya. Namun, kamu tetap perlu mempertimbangkan kondisi budget. Sebaiknya, berwisata juga jangan sampai menguras isi kantong. Wisata aman tanpa pengeluaran yang banyak bisa kamu lakukan. Supaya wisatamu saat akhir pekan aman tanpa menguras kantong, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Simak penjelasannya berikut ya!

1Survei Objek Wisata yang Akan Dikunjungi

[Foto: aarp.org]

Pertama lakukan dulu survei tempat wisata. Jangan langsung asal berangkat waktu ingin berwisata di akhir pekan. Sekarang, melakukan survei pun bukanlah hal yang sulit. Kemajuan teknologi membuat berbagai informasi seputar objek wisata sudah tersaji dengan lengkap di layar smartphone dan begitu praktis. Tak hanya informasi tentang lokasi, rute dan harga, kamu juga bisa mengetahui gambaran tentang tempat destinasi wisatamu, seperti yang tertera di media sosial instagram. Hal ini penting kamu lakukan agar tahu seperti apa tempat dan biaya yang harus dikeluarkan sehingga kamu bisa mempertimbangkan anggarannya dan mengaturnya lebih hemat.

2Pilih Destinasi Wisata yang Harganya Terjangkau

[Foto: Travelpulse.com]

Setelah survei, tentu kamu perlu memilih destinasi wisata dengan harga tiket masuk yang terjangkau agar bisa lebih berhemat. Jangan sampai kejadian kamu langsung berangkat ke objek wisata lalu begitu sampai di lokasi, kamu terkejut karena ternyata harga tiket masuknya cukup mahal. Walaupun dengan harga tiket masuk yang murah, hal ini bukan berarti keindahan tempat dan atraksi wisatanya kurang menarik.

Saat ini, sudah banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi, meskipun harga tiket masuknya tergolong murah. Jadi, sebaiknya kamu memeriksa update harga tiket masuk terlebih dahulu karena banyak info harga yang masih informasi lama. Hal ini sangat bermanfaat tentunya, agar membuat biaya yang kamu keluarkan lebih hemat dengan tetap menikmati tempat liburan yang indah.

3Manfaatkan Diskon dan Penawaran Fantastis yang Ada

[Foto: Blog.traveloka.com]

Selanjutnya adalah mencari info tentang diskon. Siapa sih yang gak tertarik dengan diskon? Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai diskon dan penawaran menarik untuk liburan. Cara ini tentu efektif untuk mengemat banyak uang. Gunakan saja fasilitas kartu kredit untuk memperoleh tiket penerbangan atau voucher hotel yang lebih terjangkau, sehingga liburan lebih hemat

Baca Juga : 5 Tips Liburan Dengan Budget yang Terbatas

4Menggunakan Kendaraan Umum Ketika Berlibur

[Foto: Idntimes.com]

Menggunakan kendaraan umum ketika bepergian selama liburan ini akan menghemat banyak uang. Fasilitas yang tersedia dalam transportasi umum memang termasuk terbatas. Kamu juga harus siap untuk berdesak-desakan di dalam kendaraan. Namun, jika bepergian menggunakan kendaraan umum bisa menghemat biaya, kenapa harus lelah mengendarai mobil sendiri? Bahkan semua kekesalan yang dirasakan selama perjalanan pun akan terlunasi ketika sudah tiba di lokasi wisata tujuan.

5Memilih Waktu Berwisata Selain di Musim Liburan/Weekend

[Foto: Flybyblog.com]

Weekend atau musim liburan merupakan peluang bagi pelaku industri wisata, mulai dari pengelola objek wisata, pemandu, area parkir sampai penginapan untuk mendapat keuntungan lebih. Hal ini wajar saja karena jumlah para pengunjung wisata jelas meningkat berkali lipat dari pada hari biasa. Akibatnya, harga tiket masuk ke objek wisata akan meningkat lebih drastis. Hal yang serupa bisa saja berlaku untuk tarif parkir dan harga penginapan per malamnya. Otomatis, kamu akhirnya harus menyiapkan biaya lebih jika memilih berlibur saat musim liburan juga.

Jika ingin aman agar tidak menguras kantong, maka cara terbaik adalah berwisata memilih waktu berwisata selain pada musim liburan. Biasanya harga tiket atau apapun akan lebih murah. Lebih menyenangkan lagi jika kamu berwisata saat hari-hari kerja. Selain lebih murah, kondisi objek wisata yang kamu gunakan akan lebih sepi dan tenang karena tidak harus berdesakan dengan ramainya pengunjung lain.

6Menyiapkan Bekal dari Rumah

[Foto: Travelingyuk.com]

Selain tiket masuk dan penginapan, pengeluaran lebih juga terjadi ketika kebiasaan jajan yang sering dilakukan saat berwisata karena dilanda haus atau lapar. Meski hanya sedikit-sedikit, tanpa sadar sudah menjadi bukit alias pengeluaran bertambah banyak karenanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan bekal dari rumah agar kamu dapat menghemat pengeluaran. Kalau sudah membawa makanan, minuman dan cemilan saat ingin pergi berwisata, maka kamu tidak perlu beli jajan lagi. Biasanya, harga makanan dan minuman di sebuah objek wisata juga akan lebih mahal. Selain itu, dengan membawa masakan dari rumah pola kesehatan kamu juga lebih terjaga dan higienis.

7Cerdas Saat Membeli Suvenir atau Oleh-oleh

[Foto:Trikanayatour.co.id]

Jika kamu ingin membeli suvenir atau oleh-oleh untuk membuat liburanmu terkenang, maka lakukan hal ini dengan cerdas dan bijak. Satu hal yang paling penting adalah, membatasi diri agar tidak belanja terlalu banyak. Tentu kamu tidak mau kan? Jika kantongmu mendadak terkuras habis hanya karena tidak kuasa menahan diri untuk membeli suvenir yang banyak? Maka dari itu, cukup pilih saja suvenir atau oleh-oleh mana yang terjangkau dan bermanfaat bagi kehidupanmu sehari-hari, contohnya baju.

Nah demikian, beberapa tips aman berwisata agar tidak menguras kantong lebih banyak. Liburan memang berguna untuk mengusir rasa stres/lelah karena bekerja/aktivitas berat sehari-hari. Namun, bukan berarti liburan menjadikanmu pribadi yang boros. Jadi, belajarlah berhemat mulai dari sekarang! Selamat menikmati liburanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here