Beberapa hari belakangan ini, para traveler Indonesia harus kebingungan dengan kebijakan baru yakni menambah biaya bagasi untuk pesawat di udara di Indonesia. Banyak yang tidak terima dengan aturan baru tersebut, karena biaya pesawat akan semakin mahal dan kita jadi tidak bebas membawa barang yang begitu banyak.

Tapi sebagai traveler, kita juga harus memilik trik bagaimana mengakali agal bagasi pesawat tidak mahal dan tidak menguras kantong kita. Kita tetap bisa membawa barang-barang yang kita perlukan, tetapi tidak sampai membeli kuota tambahan untuk bagasi kita.

Amazing Indonesia akan merangkum 5 tips packing untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat yang bisa dilakukan oleh para traveler di seluruh Indonesia. Mau tahu bagaimana caranya? Mari kita simak beberapa tipsnya sebagai berikut.

11 Outfit 1 Lipatan

Demi mengurangi beban pada barang bawaan, kamu bisa memakai tips 1 outfit 1 lipatan. Misalnya saja kamu ingin membawa 1 baju dan 1 celana, jadikanlah baju dan celana tersebut dalam satu lipatan. Meskipun hanya berbeda beberapa gram, namun dengan caramu melipat, akan berpengaruh terhadap berat dari barang bawaanmu. Sebaiknya bawalah 1 set pakaian saja selama traveling, hal itu agar tidak membuat tasmu semakin penuh dan kamu harus membeli kuota bagasi.

2Pakai Plastik Zip Lock

Biasanya para traveler menggunakan koper untuk membawa pakaian gantinya saat traveling. Namun dengan semakin mahalnya biaya untuk bagasi, sebaiknya bisa mengganti fungsi koper dengan Zip Lock. Kamu bisa memasukkan masing-masing pakaian kamu ke dalam plastik Zip Lock. Karena bagaimanapun, plastik akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan koper yang kamu bawa.

Baca Juga : 7 Tips Traveling Solo Traveler yang Harus Kamu Perhatikan

3Membawa tempat sendiri untuk perlengkapan gadget

Menjadi mitos jika para traveler tidak membawa gadget dalam kegiatan travelingnya. Meskipun beratnya hanya beberapa gram, namun memang gadget dan aksesorisnya akan membuat perjalanan wisata kita akan nampak penuh. Untuk itu, sebaiknya kamu bisa membawa tempat sendiri untuk gadgetmu dan perlengkapannya, seperti headset, dan lain-lain. Selain membuat gadget dan aksesorisnya akan tampak rapi, juga bisa bermanfaat memberikan ruang kosong untuk barang bawaan lainnya.

4Membawa perlengkapan mandi secukupnya

Perlengkapan mandi biasanya menjadi salah satu barang bawaan terpenting bagi para traveler dimanapun itu berada. Namun dengan semakin mahalnya biaya bagasi sekarang, para traveler harus secara cerdas mengurangi benda-benda seperti itu. Caranya adalah dengan membawa perlengkapan mandi secukupnya. Kita hanya perlu membawa perlengkapan mandi, maupun perlengkapan kecantikan yang biasanya tidak bisa kita dapatkan secara mudah. Untuk perlengkapan mandi yang mudah kita temukan di toko-toko retail maupun swalayan, kita bisa membelinya di tempat tujuan, sehingga bisa mengurangi beban bagasi kamu.

5Pakai Tas Cadangan berbentuk Tote Bag

Biasanya para traveler membawa berbagai tas cadangan untuk digunakan membawa oleh-oleh ketika pulang berlibur. Namun alangkah baiknya tas cadangan yang kamu gunakan jangan sampai malah menambah berat barang bawaan kamu. Karena kamu bisa saja terkena biaya bagasi tambahan. Untuk itu, alangkah baiknya kalau traveler membawa tas cadangan berbentuk Tote Bag, atau tas yang bisa dilipat. Karena selain bisa sangat rapi dan tidak memakan volume yang besar, tote bag bisa kamu bawa pulang kembali dengan cara yang tidak repot. Karena bisa dilipat.

Memang dengan ketentuan biaya bagasi yang ada sekarang ini, dinilai memberatkan bagi para traveler. Namun sebaiknya kita tidak perlu mengeluh dengan keadaan yang ada, karena kita bisa mengakalinya dengan berbagai tips packing untuk menghindari kelebihan bagasi di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here