Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata traveling? Jalan-jalan? Senang-senang? Buang-buang uang? Tahukah kamu, bahwa traveling tidak hanya sekedar jalan-jalan dan membuang uang saja. Nyatanya, traveling memiliki banyak manfaat positif bagi diri kita. Tak semua traveling bermaksud menghamburkan uang, bahkan ada lho traveler yang mematok biaya seminim mungkin untuk berpergian ke tempat tertentu. Hal itu membuat mereka harus berhemat agar bisa sesuai dengan rencana dan tidak terlalu menghamburkan biaya yang banyak.

Manfaat traveling ada banyak sekali sebenarnya, tapi di sini saya akan memberikan 5 manfaat traveling yang perlu kamu ketahui. Apa saja manfaatnya? Yuk simak artikel berikut!

1Menghindarkan Kita dari Stres

Hal itu memang benar adanya. Sebuah penelitian pada tahun 2011 yang melibatkan 3500 traveler, menunjukkan bahwa mereka lebih segar dan bahagia selepas melakukan kegiatan traveling. Suasana alam macam deburan ombak, rindangnya pohon, cantiknya pegunungan, gemericik air di air terjun dan sebagainya membuat sebagian dari kita akan merasa tenang dan nyaman. Serta memberi kepuasan dan kebahagiaan tersendiri. Adanya udara segar dan suasana baru mampu menyuplai kebutuhan oksigen dalam diri kita, itulah kenapa rasanya akan lebih baik dari sebelumnya.

2Membangun dan Semakin Mempererat Ikatan Persaudaraan

Saat traveling, tak jarang kita akan menemui berbagai macam orang dan pastinya baru kita kenal. Traveling mampu membangun dan mempererat ikatan persaudaraan yang terjalin. Selain itu, traveling bersama keluarga juga sama baiknya. Hal itu akan semakin membuat kita dekat dan kompak dengan keluarga.

Baca Juga : 6 Tips Liburan Ini Cocok Banget Bagi Kamu yang Sedang Galau

3Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat traveling yang lainnya ialah meningkatkan kepercayaan diri dan hal ini tidak bisa dipungkiri. Dalam sebuah perjalanan, kita akan menemukan berbagai macam orang dan berbagai macam karakter. Hal ini membuat kita harus pandai dalam mengobservasi karakter orang lain. Contohnya saat kita tersesat, mau tidak mau kita harus bertanya kepada orang lain mana jalan yang sebaiknya diambil. Jika tidak percaya diri dan diam saja, maka hal itu akan membuat kita semakin tersesat.

4Menambah Wawasan

Manfaat traveling yang tak kalah menariknya ialah bertambahnya wawasan kita pada sesuatu. Dalam sebuah perjalanan, kita akan menemukan berbagai macam suku, adat dan budaya ataupun kuliner dalam suatu daerah. Hal ini akan semakin menambah wawasan dan pengalaman kita. Tentunya, wawasan dan pengalaman itu akan berguna nantinya atau bisa saja sebagai cerita kepada anak cucu kelak bahwa kita pernah menjelajah dunia saat masih muda.

5Membangun Jiwa Kepemimpinan dan Bersikap Mandiri

Saat traveling, mau tidak mau ada beberapa hal yang menuntut kita untuk segera mengambil keputusan. Hal ini tidak bisa dipungkiri apalagi jika kita traveling sendirian atau hanya dengan beberapa teman. Kita akan menjadi pemimpin untuk diri sendiri dan juga orang lain. Pengambilan keputusan yang cermat dan cepat akan membuat kita semakin mandiri dan dewasa serta tidak perlu lagi bergantung pada orang lain.

Itulah beberapa manfaat traveling yang perlu kamu ketahui. Pastinya traveling masih memiliki segudang manfaat lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Selagi masih muda, lakukanlah traveling sesering mungkin dan cari pengalaman sebanyak mungkin. Sebelum nanti kita berkutat dengan banyak hal rumit yang pastinya membuat kita akan jarang melakukan traveling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here