Generasi milenial adalah generasi yang unik dan berbeda jauh sekali dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya. Menurut salah satu penelitian, bahwa generasi ini lebih memilih menghabiskan uangnya untuk traveling dibanding dengan membeli properti atau mobil. Alasannya adalah dengan memperbanyak traveling atau perjalanan, akan mendapat pengalaman lebih banyak.

Traveling tak melulu ke pantai atau kota-kota yang elok di Indonesia. Salah satu untuk menikmati traveling bisa juga dengan mendaki gunung. Kegiatan mendaki gungung akhir-akhir ini memang sedang ramai dilakukan oleh generasi milenial.

Dengan melakukan pendakian gunung, akan mendapat pengalaman banyak hal. Tak hanya pengalaman, tapi juga bisa menambah teman, sahabat, dan juga pengalaman bertahan saat suasana yang berat. Namun sebelum mendaki atau naik gunung, kamu harus memperhatikan 5 hal agar pendakianmu bisa lancar dan bisa sampai rumah lagi dengan selamat.

Membuat Rencana Dengan Matang

Ketika kamu ingin naik gunung, apalagi untuk yang pertama kali, kamu harus merencanakan pendakian dengan matang. Mulai dari rute serta medan yang akan dilewati. Tak hanya itu saja, kamu juga harus merencanakan berapa lama waktu untuk mencapai puncak, dan juga menghitung persiapan makanan.

Hal paling baik ketika ingin mengerjakan atau melakukan sesuatu adalah dengan merencanakannya dengan matang. Jika kamu masih ragu dalam membuat rencana, kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah memiliki pengalaman banyak soal mendaki gunung.

Selain itu kamu juga bisa bergabung di komunitas pendaki gunung di media sosial atau lainnya. Dengan cara ini, selain menambah teman baru, juga akan menambah ilmu tentang pendakian.

Siapkan Fisik dan Mental

Fisik dan mental adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Kamu harus menyiapkan dengan baik. Kamu bisa melakukan latihan fisik terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Misalnya dengan olahraga lari dan bersepeda.

Persiapan fisik adalah salah satu hal penting karena kamu akan melewati medan yang tak biasa. Jika kamu suka bersepeda, kamu bisa latihan fisik dengan bersepeda setiap hari atau seminggu tiga kali.

Bersepeda akan melatih kekuatan kaki. Kamu bisa memilih sepeda biasa ataupun sepeda gunung. Selain itu juga bisa mempersiapkan mental agar bisa sampai puncak gunung.

Menyiapkan Perlengkapan Pendakian

Tahukah kamu, bahwa mendaki atau naik gunung itu bukan hal yang simpel seperti yang dikira. Kamu harus membawa perlengkapan barang seperti tenda, sepatu hiking, sleeping bag, jaket, alat memasak, obat-obatan, makanan, dan lain sebagainya.

Perhatikan jenis-jenis barang yang kamu bawa. Jangan sampai barang yang tidak perlu, tapi kamu bawa. Nanti malah menganggu pendakian kamu. Oh ya, jangan sampai lupa untuk mebawa kompas. Hal ini akan sangat membantu kelancaran pendakian di tengah medan yang belum pernah kamu lalui.

Mengurus Izin Pendakian

Nah ini juga perlu kamu lakukan ketika ingin naik gunung. Dengan melakukan hal ini kamu akan terdata oleh petugas setempat. Salah satu manfaatnya ketika kamu melakukan perizinan adalah apabila kamu tersesat, petugas akan bertindak dengan cepat.

Mengurus izin pendakian bisa kamu lakukan dengan bertanya ke teman yang sudah pernah mendaki gunung.

Pergi Bersama Teman yang Sudah Pengalaman

Nah yang terakhir adalah, meski kamu sudah menyiapkan segala hal untuk naik gunung. Akan tetapi lebih baik kamu bisa mengajak teman yang sudah berpengalaman naik gunung dan sudah hapal dengan medan yang akan ditempuh. Teman yang sudah berpengalaman juga bisa menjadi penunjuk arah dan situasi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika naik gunung untuk pertama kalinya. Semoga bisa lancar ya pendakianmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here