Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di bagian agak timur Indonesia yang ternyata memiliki beragam wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata alam. Mulai dari Benteng Keraton Buton hingga Taman Nasional Wakatobi. Saking beragam dan banyaknya wisata yang ada, kamu tidak akan puas jika ingin pergi mengunjungi seluruh wisata yang ada dengan durasi yang sebentar di setiap wisatanya. Apalagi jika kamu berwisata di salah satu danau unik yang ada di sini dengan warna air danau yang sangat indah.

Danau di Sulawesi Tenggara ini benar-benar telah cukup banyak menarik perhatian wisatawan. Baik dalam, maupun luar pulau. Tak sedikit orang dari luar Pulau Sulawesi yang datang hanya untuk sekadar mencoba berenang di danau ini.  Banyak orang menyebutnya Danau Biru.

Asal Warna Biru dari Danau Biru

[Foto: iyaa.com]

Sesuai namanya, Danau Biru atau Blue Lake ini memiliki warna air yang biru, sebiru air yang ada di lautan. Di dekat sana ternyata terdapat pantai beserta laut biru yang berada sekitar 80 meter dari danau, dan di antara keduanya hanya dipisahkan oleh bukit kapur. Sehingga warna biru dari danau ini diperkirakan berasal dari campuran air laut dengan air dari danau yang telah ada sebelumnya. Rasa air lautnya pun dapat berubah, sesuai pasang atau surutnya air laut.

Karena air birunya yang jernih, jangan tertipu. Karena jika tanpa air laut yang pasang, danau ini memiliki kedalaman 6 meter, sedangkan saat pasang bisa mencapai hingga 11 meter dalamnya.

Baca Juga : Keindahan Danau Biru Cisoka Tangerang

Mitos yang Beredar di Masyarakat

[Foto: sharetempatwisata.com]

Konon katanya, jika kamu memasuki kawasan hutan, kamu diharapkan agar tidak terlalu gemar bercanda. Karena bisa saja kamu salah dan hal tersebut dapat mengundang malapetaka menurut kepercayaan masyarakat sekitar. Apalagi jika Sulawesi masih terkenal dengan hutannya yang cukup mistis. Kendati seperti itu pun berlaku jika kamu mengunjungi wisata Danau Biru ini. Karena daerah sekitar danau ini masih cukup lebat hutan-hutannya sehingga masyarakat percaya bahwa ‘penghuni’ dari hutan mengawasi apa yang kamu kerjakan. Pasalnya, pernah ada seorang laki-laki yang mencoba terjun dari tebing yang cukup tinggi hanya untuk berenang di danau tersebut. Alhasil laki-laki tersebut diketahui tidak pernah lagi muncul ke permukaan danau.

Selain daripada itu, ada mitos lain yang tersebar di maskarakat Kolaka Utara ini. Bagi kamu penggemar olahraga memancing, kamu diharapkan tidak mengambil ikan di daerah danau, apalagi sampai memakannya. Karena masyarakat percaya jika kamu akan dirundung sial setelahnya.

Harga Tiket dan Perjalanan Menuju Danau Biru Kolaka Utara

Terletak di daerah Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara membuatnya tak cukup mudah untuk dijangkau. Apalagi jika  kamu si pengunjung luar kota. Akses menuju ke danau ini memang membutuhkan upaya dan kesabaran. Jarak yang ditempuh dari Bandara Internasional Haluoleo menuju ke Kolaka Utara memakan waktu sekitar kurang lebih 5,5 jam. Jika kamu berasal dari Kota Baubau yang bahkan lebih melelahkan lagi.  Namun, jika kamu sudah dapat merasakan semilir angin pantai yang berhembus tandanya kamu akan sampai sebentar lagi. Perjalanan pun tak berhenti sampai di situ, setelah sampai di penghujung jalan yang belum dapat diakses mobil, maka mau tak mau kamu harus jalan menuju ke tempat tujuanmu. Jalan yang dapat dilalui pun belum terbilang bagus, namun di sepanjang jalan ini kamu tetap dapat menikmati asrinya hutan Sulawesi yang masih lestari.

Harga tiket yang dibebankan pun lebih murah ketika Dinas Pariwisata yang telah mengelolanya. Yaitu hanya dengan Rp. 5.000 / orang, kamu telah bisa masuk, berenang-renang, foto-foto, maupun snorkeling di Danau Biru ini.

Jadi, dibalik keindahan dari suatu wisata alam yang masih benar-benar terjaga ternyata menyimpan kisah-kisah yang cukup mistis. Kita sebagai masyrakat Indonesia yang masih kental akan berbagai mitos setidaknya menghormati apa yang menjadi budaya suku lain. Kita tidak boleh mengabaikan begitu saja budaya tersebut. Dan yang terakhir, bagi kamu wisatawan baik dalam kota, luar kota, maupun luar negeri yang ingin mengunjungi Danau Biru di Kolaka Utara ini pastikan siapkan fisik, kendaraan yang prima, hingga dana yang cukup. Karena medan yang akan ditempuh tidaklah sebentar dan semudah kelihatannya. Happy Vacation!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here