Hutan Wisata Mata Kucing yang terdapat di kawasan Sekupang, Aceh merupakan salah satu destinasi yang istimewa dan berbeda dari biasanya. Pasalnya, kamu akan disuguhi keunikan kebun binatang di dalam kawasan hutan. Letaknya yang berada di tengah hutan ditambah dengan kealamian hutan yang masih terjaga, menjadi daya pikat tersendiri untuk wisatawan.

Ketika memasuki kawasan ini, kita akan langsung merasakan suasana sejuk dan alami dari rindangnya pepohonan yang ada di sini. Pohon-pohon yang tumbuh besar dan menjulang tinggi nan lebat, membuat tempat ini sangat teduh dan nyaman. Cocok buat kamu yang ingin menghindari suasana hiruk-pikuk kota.

Memasuki lokasi lebih dalam lagi, kamu akan menjumpai sebuah goa. Goa ini seperti sebuah ruangan yang sudah tidak digunakan lagi. Hal ini bisa dilihat dari adanya bekas pintu, bekas AC, dan lantai berkeramik di dalamnya. Goa ini dibentuk dengan desain seperti tangga yang berundak-undak. Cocok sekali buat kamu yang ingin eksis di manapun tempatnya.

Ada Kebun Binatang

Saat memasuki kawasan ini lebih dalam lagi, kamu akan menemukan banyak koleksi hewan terdapat di kebun binatang ini. Misalnya buaya, ular, kura-kura, dan beberapa primata lainnya. Di sini, kamu juga dapat melihat kolam ikan yang cukup besar yang menampung berbagai jenis ikan di dalamnya. Ikan-ikan yang berukuran besar-besar yang terdapat di dalam kolam ini antara lain, ikan Arwana Gold dengan panjang satu meter, ikan Arapaima Gigas dengan panjang dua meter, dan ada juga lele yang berukuran jumbo.

Baca Juga : Malang Punya 5 Tempat Wisata Hutan Pinus yang Super Menarik

Di kawasan ini, kamu juga bisa menemukan beberapa spesies burung seperti: Burung Elang, Burung Bangau, dan Burung Perkutut yang suaranya saling bersahut-sahutan satu sama lain sehingga menciptakan harmonisasi alam yang merdu, yang bisa menjernihkan pikiran kamu dari hiruk-pikuk kota dan banyaknya tugas kantor.

Tidak hanya menyajikan kawasan hutan yang masih terjaga suasana alaminya dan juga berbagai macam hewan yang menjadi koleksi di dalamnya, saat berkunjung ke sini, kamu juga bisa berwisata sambil mengenal sejarah. Nama dari Hutan Wisata Mata Kucing ini sendiri berasal dari penduduk setempat yang selalu melihat cahaya-cahaya di malam hari saat hutan hanya mampu untuk dilewati dengan berjalan kaki.

Semburat cahaya-cahaya yang dilihat oleh penduduk ini, dianggap sebagai mata Harimau yang bersinar di malam hari yang sedang menatap ke arah penduduk. Sedangkan di daerah Sekupang sendiri, terdapat kepercayaan penduduk dilarang menyebut kata ‘Harimau’ secara langsung sebagai pantangan dari adatnya sehingga penduduk menghaluskannya dengan menyebutnya ‘Mata Kucing’.

Penuh Dengan Tantangan

Bagi kamu yang suka mencari tantangan, di sinilah tempatnya kamu bisa menemukan berbagai tantangan. Pasalnya, wilayah hutan yang masih alami dengan jalanan yang menanjak dan banyak batuan, bisa memberikan tantangan tersendiri buat kamu yang hobi traveling. Selain itu, di tengah kawasan hutan, terdapat sebuah jembatan kayu yang membentang di atas kolam ikan. Ukuran jembatan kayu ini sangat sempit, dan terbuat dari peralatan seadannya. Jika kamu melintasi jembatan ini, jembatan itu akan bergoyang-goyang di atas kolam ikan, dan akan menguji keberanianmu.

Di kawasan ini, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas yang bisa membuatmu betah dan berlama-lama di sini. Selain menyuguhkan wisata alam yang masih terjaga keasliannya, dan terdapat kebun binatang di dalamnya, di kawasan ini kamu juga bisa bermain wahana lainnya. Seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan flying fox. Selain wahana-wahana tersebut, di sini kamu juga bisa bersantai menikmati secangkir teh hangat sambil memejamkan mata merasakan keasrian hutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here