Jakarta memang dikenal sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia. Jakarta juga terkenal dengan kepadatan aktivitas penduduknya. Untuk soal lalu lintas pasti padat banget kan? Kecuali kalau hari lebaran, karena mungkin penduduk Jakarta sebagian besar punya kampung halaman atau mereka memang berniat mengadu nasib di Jakarta. Jika Jakarta terkenal dengan kemacetannya, Jakarta pun tentu punya banyak objek wisata yang menarik.

Kota Tua merupakan salah satu obyek wisata menarik tersebut. Rasanya belum lengkap jika kamu ke Jakarta tapi belum berkunjung ke obyek wisata fenomenal ini. Kota Tua menjadi spot wisata paling ramai dikunjungi para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Lalu apakah kamu tau fakta-fakta di balik objek wisata yang terkenal ini? Yuk, simak fakta-fakta Kota Tua yang masih tersembunyi di balik keindahannya.

1Komunitas Manusia Patung

Di Kota Tua terdapat banyak cosplayer hantu seperti pocong, Vampir China, zombie sampai ‘Nyi Roro Kidul’. Ada juga beberapa manusia patung yang berdiri di sepanjang jalan pintu masuk Taman Fatahillah. Mereka berdiri lama sampai berjam-jam dengan memakai kostum dan didandani menyerupai patung para pahlawan Indonesia. Di tempat ini tentunya bisa kamu jadikan spot foto yang menarik dan sangat instagramable.

2Tempat yang Telah Dihancurkan

Ada beberapa bangunan yang dihancurkan dengan suatu hal alasan saat pengembangan daerah Jakarta. Diantaranya, Jalur Trem Batavia, Benteng Batavia dan Gerbang Amsterdam. Beberapa tempat diantaranya dalam kondisi mengenaskan karena kepemilikan bangunan yang tidak jelas.

3Tempat yang Menarik dan Bersejarah

Sebagai tempat wisata yang banyak diminati, Kota Tua memiliki banyak tempat menarik dan bersejarah. Contohnya, Gedung Arsip Nasional, Tugu Jam Kota Tua Jakarta, Cafe Batavia, Replika Sumur Batavia dan masih banyak bangunan bersejarah lain yang menarik.

Baca Juga : Jakarta Punya 5 Museum Tersembunyi yang Tidak Kamu Ketahui

4Museum Terbanyak dalam Satu Kawasan

Hanya di sini kamu bisa menemukan berbagai museum dalam satu kawasan sekaligus. Bangunan peninggalan jaman Kolonial Belanda ini memang alih fungsi menjadi museum. Beberapa museum diantaranya adalah Museum Fatahillah, Museum Batik, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik dan Museum Bank Mandiri. Di dalam museum-museum ini, kamu dapat menemukan barang-barang kuno dan antik seperti, koleksi rupiah dan marka TNI AL dari masa ke masa, karya seni patung dan grafis, koleksi jangkar kapal, koleksi wayang se-antero Indonesia dan peninggalan meneer Belanda.

5Toko Merah

Bangunan yang satu ini mempunyai ciri khas dengan warnanya yang merah. Sesuai dengan namanya. Sejarahnya, dulu bangunan ini adalah milik seorang Belanda yang meninggalkan banyak misteri berdarah karena adanya pembantaian pada etnis China. Meski tempat ini adalah salah satu obyek wisata namun tidak mudah mendapat izin masuk ke tempat ini. Bangunan ini memang tidak dibuka untuk umum. Tetapi, tempat ini pun bisa menjadi spot fotomu yang menarik.

6Misteri dan Mitos Meriam si Jagur

Ini merupakan salah satu ikon yang banyak menarik wisatawan pada umumnya, yang sekilas tampak seperti meriam pada umumnya. Namun ada bagian yang menarik untuk diperhatikan yaitu kepalan tangan kanan, pada ujung belakang meriam. Kepalan tangan kanan dengan jari jempol di sisipkan pada jari telunjuk dan jari tengah ini menimbulkan banyak pendapat di masyarakat. Salah satunya seperti mitos kesuburan.

7Banyak Kuliner di Sekitar Kota Tua

Setelah lelah berkeliling dan banyak mendapat koleksi foto-foto yang menarik. Tentu kamu ingin beristirahat dan menikmati kuliner yang tersaji di sekitar Kota Tua, kan? Yap, kamu bisa menemukan wisata kuliner juga di sekitar tempat ini. Sebagian besar kuliner di sini adalah masakan hasil adaptasi dari Jawa, China dan Betawi. Di sini kamu bisa menemukan masakan Betawi seperti, kerak telor, semur jengkol, bir pletok dan Laksa Betawi. Juga beberapa kuliner hasil dari perpaduan 3 jenis di atas. Jika kamu ingin mencicipi kelezatannya, buruan ke sini!

Demikian, beberapa fakta Kota Tua, Jakarta yang masih tersembunyi di balik keindahannya. Apa yang kamu rasakan setelah membaca beberapa fakta di atas? Semoga kamu bisa berkunjung ke Kota Tua, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here