Indonesia memang terkenal dengan kulinernya. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah mempunyai makanan khas sendiri-sendiri. Semarang salah satu daerah yang memiliki makanan khas yaitu Lumpia. Belum lengkap rasanya jika kalian jalan-jalan ke Semarang belum mencoba lumpia.

Keistimewaan dari lumpia Semarang ini adalah terletak pada cita rasanya yang menonjolkan khas kulinner Semarang, yaitu asin dan manis. Lumpia Semarang ada pertama kali pada abad ke-19, perpaduan budaya antara jawa dan Tionghoa menyatu dalam satu cita rasa. Makanan ini sangat nikmat disajikan ketika hangat, satu potong lumpia terdiri dari berbagai varian isi. Dari rebung, udang, ayam dan telur. Lumpia ini biasanya dinikmati dengan saus manis berwarna coklat, acar, daun bawang dan cabe rawit.

Ketika berpergian ke Semarang, kalian bisa membeli lumpia asli khas Semarang dengan membeli di toko-toko di bawah ini.  Di mana saja itu yang menyediakan Lumpia Semarang yang lezat?

1Lumpia Gang Lombok

[Foto: tribunnews.com]

Lumpia Gang Lombok letaknya ada di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah. Harga lumpia di toko ini dibandrol dengan harga Rp. 12.000 per pcs-nya. Lumpia Gang Lombok ini adalah toko lumpia tertua di Semarang, sudah berdiri selama ratusan tahun.

Toko lumpia ini sudah terjamin kualitas dan cita rasanya karena nyaris tak pernah sepi akan pengunjung. Yang sepesial dari toko ini adalah menyediakan lumpia dengan dua macam yaitu basah dan kering, selain itu Lumpia Gang Lombok memiliki rebung yang tidak bau pesing sehingga membuat konsumen ketagihan dan ingin terus nambah.

2Lumpia Mbak Lien

[Foto: Tokopedia.com]

Lumpia Mbak Lien ini menghadirkan lumpia dengan berbagai varian isi. Mulai dari isi rebung dengan campuran udang, ayam, telur. Lumpia Mbak Lien juga menyediakan lumpia kering dan basah. Kamu juga bisa makan ditempat ini, karena juga disediakan tempat untuk dine in. Toko Mbak Lien ini membandrol harga dari Rp. 11.000 – Rp. 13.000 per  pcs-nya. Toko Lumpia Mbak Lien ini terletak di Jalan Pemuda Gang Grajen No. 1 Bangunharjo atau di sebrang Sri Ratu Pemuda.

Baca Juga : Macam-Macam Bakpia Jogja yang Terkenal Enak Rasanya

3Lumpia Mataram

[Foto: omiyago.com]

Lumpia Mataram termasuk toko lumpia legendaris di Semarang selain Lumpia Gang Lombok. Toko lumpia ini sudah ada sejak 1998, namun toko lumpia ini satu-satunya yang tidak membuka cabang. Ada berbagai macam lumpia yang dijual di sini baik basah maupun kering. Yang paling spesial di toko ini dari toko lain adalah saus manisnya yang dipadukan dengan kulit lumpia yang kriuk, sangat luar biasa nikmatnya.

Lumpia Mataram sangat mudah ditemui, lokasinya di  dekat Toko Roti Sanitas di jalan MT Haryono. Harga lumpia di toko ini dibandrol dengan harga Rp. 13.000 baik basah maupun kering. Banyak sekali di wilayah mataram yang menjual lumpia, namun hanya Toko Lumpia Mataram yang terkenal.

4Lumpia Amoy

[Foto: obsessivecooking.com]

Lumpia Amoy adalah salah satu toko yang di rekomendasikan untuk dicoba ketika ke Semarang. Lumpia Amoy ini berawal dari bisnis rumahan yang berkembang pesat. Kalian akan dimanjakan dengan kulit lumpia yang renyah dengan potongan rebung dan udang yang sangat lezat. Harga Lumpia Amoy ini di bandrol harga yang sangat murah, lokasinya di jalan Jagalan No. 95A.

5Lumpia Delight

[Foto: seputarsemarang.com]

Lumpia Delight terletak di jalan Gajahmada no. 17, Miroto atau di sebelah toko istana buah. Lumpia di sini disajikan basah dan kering, dengan berbagai macam isi dari ayam, udang kambing, kepiting, jamur, ikan kakap dan masih banyak lagi.

Toko ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan tempat yang nyaman untuk dine in. Sangat nikmat lumpia ketika disajikan hangat, selain itu Lumpia Delight juga siap memanjakan lidah anda dengan lumpia tradisonal, harga yang dibandrol begitu murah yaitu sekitar Rp. 8000 – Rp. 20.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here