Makanan khas Indonesia yang satu ini memang tidak pernah mengecewakan. Saat ini banyak sekali berbagai variasi sajian soto dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Jawa, Madura, Sumatera, bahkan sampai Papua.

Dulu, soto menjadi makanan favorit masyarakat di daerah khususnya di pulau jawa. Namun kini, soto sudah menjadi makanan masyarakat kota khususnya di ibukota Indonesia, Jakarta. Banyak sekali tempat makan soto yang enak dan legendaris di Jakarta. Jika kamu tinggal di Jakarta, tidak ada salahnya untuk mencicipi soto legendaris ini.

Mencari tempat makan soto di Jakarta memang tidak terlalu sulit, kamu bisa menemukan makanan ini di manapun kamu berada. Mulai dari Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Kudus, sampai dengan Soto Madura semuanya pasti ada. Sayangnya, tidak semua soto yang dijual rasanya enak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui dimana saja tempat soto terkenal di Jakarta. Ada beberapa tempat makan soto yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Apa saja itu?

Berikut ini 5 tempat makan soto terkenal enak dan legendaris di Jakarta yang bisa kamu coba.

1Soto Ambengan Kelapa Gading

[Foto: Goodindonesianfood.com]

Tempat makan soto yang pertama adalah Soto Ambengan Kelapa Gading. Memiliki kuah kuning yang super lezat, soto ini menjadi menu favorit khususnya bagi soto ambengan dengan koyanya. Soto ambengan disini sangat istimewa karena porsinya cukup banyak.  Selain itu, kamu bisa menikmati koyanya yang gurih. Di tempat ini ada pilihan soto dengan isi daging ayam saja atau ditambah dengan kulit, telur muda, dan hati-ampela.

2Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut

[Foto: Travel.tribunnews.com]

Ada soto ceker yang terkenal di Jakarta namanya Soto Ceker dan Ranjau Pak Gedut. Tempat makan soto ini berlokasi di daerah Haji Agus Salim, Jakarta Pusat. Bagi kamu yang sudah lama tinggal di Jakarta, mungkin sudah pernah mendengar kelezatan soto ceker Pak Gendut ini. Jika belum pernah, datang saja ke tempat ini. Selain kuahnya yang punya rasa pas di sini soto ceker juga disabilan dengan bubuk koya yang gurih.

Baca Juga : Lezatnya Soto Ayam Lamongan Cak Har di Surabaya

3Soto Kudus Blok M

[Foto: Goodindonesianfood.com]

Makan soto dengan mangkuk kecil memang punya rasa yang berbeda. Soto kudus hadir menawarkan sensasi tersebut. Jika kamu orang asli Kudus, menikmati soto ini dengan kuah bening kecokelatan pasti teringat tentang kampung halaman, apalagi disajikan di mangkuk kecil jadul. Kombinasi suwiran ayam, bawang putih goreng, dan nasi yang dicampur dengan kuah segar ini dapat menjadi comfort food yang lezat. Soto Kudus Blok M ini juga bisa ditambahkan topping tusukan sate mulai dari kerang, telur puyuh, tahu, tempe bacem, sampai otak goreng.

4Soto Sokaraja Eling Eling

[Foto: Travel.kompas.com]

Soto Sokaraja Eling Eling merupakan soto khas banyumas yang memiliki rasa lezat tidak kalah dengan soto-soto lainnya. Untuk menikmati soto ini, tidak perlu jauh-jauh ke Banyumas. Jika tinggal di Jakarta, kamu bisa mengunjungi tempat makan Soto Sokaraja Eling Eling di daerah tebet. Soto ini memang tidak sama dengan varian soto lain, soto ini menggunakan kacang tanah di dalam kuahnya. Karena hal itulah, kuah soto ini bening sedikit keruh dengan cita rasa yang khas ada gurihnya dan terasa lebih segar.

55. Soto Haji Mamat

[Foto: Id.openrice.com]

Soto Haji Mamat sudah dikenal sebagai salah satu soto betawi yang memiliki rasa unik dan enak. Banyak pelanggan Soto Haji Mamat menyukai kuah santan dari soto ini. Porsi soto juga cukup banyak dan terdapat potongan daging sapi. Di tempat ini ada satu menu istimewa yang beda dari yang lain yaitu Oseng Daging. Menu makanan ini hampir mirip dengan soto, bedanya daging sapi atau ayamnya dipisah.

Itulah 5 tempat makan soto terkenal enak dan legendaris di Jakarta yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here