Sate Kere merupakan salah satu ikon makanan dari Solo. Tempe gembus adalah bahan dasar pembuatan Sate Kere. Walau nampak sederhana, Sate Kere ini makanan kesukaan Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia ini pernah menuliskan hal ini dalam laman akun sosial medianya.

Hidangan yang terbuat dari ampas tahu ini difermentasi sampai menjadi padat seperti tempe. Setelah itu direndam dengan bumbu bacem, lalu dibakar di atas bara api, Satee Kere disajikan bersama sambal kacang yang rasanya manis pedas.

1Asal Usul Sate Kere Solo

[Foto: Nurismaya14.com]

Konon Sate Kere Solo lahir karena duhulu sate daging dianggap makanan mewah yang hanya dimakan oleh kalangan menengah ke atas saja. Akhirnya masyarakat kere atau miskin membuat versi sate yang lain dengan tempe atau jeroan sebagai bahan utamanya. Sate lembut ini bisa dinikmati bersama lontong maupun nasi.

2Lokasi Sate Kere Solo

[Foto: Wonderfulsolo.com]

Yu Rebi merupakan penjual Sate Kere terkenal di Solo. Tempatnya terletak di Jalan Kebangkitan Nasional di belakang Stadion Sriwedari dan berjualan sejak tahun 1986. Sate Kere Yu Rebi pun membuka cabang di Gladak Langen Bogan, Galabo. Wisata kuliner malam hari ini buka sejak tahun 2008 ini. Jokowi juga pernah mendatangi Sate Kere Yu Rebi yang ada di Galabo.

3Cara Membuat Sate Kere Solo

[Foto: Travelingyuk.com]

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali Paling Legendaris Dengan Harga Murah

Sate Kere Yu Rebi dibuat dengan tempe gembus pilihan yang dibeli dari produsen tahu dan tempe gembus di Sukoharjo. Berbeda dari yang lain, tempe gembus di sini terkenal sangat lembut. Proses pembuatan Sate Kere Solo tergolong mudah. Pertama masak terlebih dahulu tempe gembus yang sudah dipotong dan dibumbui bumbu bacem.

Kemudian biarkan tempe gembus direndam dengan bumbu bacem, supaya bumbunya meresap ke tempe gembus. Selanjutnya ditusuk seperti halnya sate lalu dibakar di atas arang hingga Sate Kere matang.

Taburan sambal kacang yang rasanya manis pedas disiram ke atasnya dan Sate Kere siap untuk disantap. Sate Kere Solo jadi lebih sedap jika dimakan dengan irisan bawang merah serta cabai rawit. Lebih lengkap lagi kalau ditambah dengan potongan lontong ataupun nasi. Ketika saya makan sate ini, rasanya segar dan tak terlalu pedas.

Aroma daun jeruk pada sate cukup terasa, tanpa menutupi rasa gurih sambal kacang. Tak heran jika para pelanggan menyukai rasa sambal kacang ini. Menurut keterangan, di tempat ini bila musim liburan tiba, bisa menghabiskan setengan ton kacang tanah dalam beberapa hari.

4Harga Sate Kere Solo

[Foto: new-sense-souvenir.web.id]

Sambal kacang racikan Yu Rebi, kacangnya tidak ditumbuk halus namun diulek kasar beserta bumbu-bumbu lain seperti daun jeruk, kencur, dan bawang putih, secara manual. Untuk menikmati seporsi Sate Kere Solo berisi 10 tusuk, cukup dengan 10 ribu rupiah saja. Ditambah 3 ribu untuk sepiring lontong atau nasi putih hangat.

5Jam Buka

Foto: Wedangankopijahe.blogsport.com

Kita bisa memesan sate gembus atau dicampur dengan sate tempe bacem. Jangan lupa untuk mencoba sate sapi campur. Warung ini berada di belakang Stadion Sriwedari lebih tepatnya di Jalan Kebangkitan Nasional. Tempat ini cukup mudah untuk ditemukan. Hanya berjalan selama 5 menit dari Jalan Slamet Riyadi. Warung ini mulai buka dari pagi pukul 10.00 sampai sore pukul 17.00 WIB.

Pantas saja bila Presiden ke tujuh ini menjadikan Sate Kere Solo jadi makanan favoritnya. Rasanya nikmat harganya pun sangat ramah kantong. Di sana juga terdapat pilihan sate tempe bacem dan sate sapi yang tak kalah enaknya, saya rasa ini wajib dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here