Rawon merupakan salah satu makanan kuah khas Jawa Timur. Makanan yang memiliki kuah berwarna hitam ini menjadi favorit tidak hanya warga Jawa Timur saja, tapi juga masyarakat Indonesia dari daerah lain. Yang menjadikan rawon spesial adalah daging sapi yang disajikan bersama kuah hitam dari campuran kluwek.

Jangan heran jika berkunjung ke Jawa Timur pasti banyak rumah makan yang menyediakan menu satu ini. Untuk kamu yang sedang mencari rawon terenak di Jawa Timur, berikut ini 5 rekomendasi rawon enak Jawa Timur yang pasti memuaskan. Simak yuk

1Rawon Brintik di Malang

[Foto: Ngalam.co]

Rawon Brintik merupakan salah satu menu yang ada di Warung Nasi Brintik, yaitu warung legendaris yang sudah ada sejak tahun 1942. Nama Brintik sendiri berasal dari pendirinya yaitu Almarhumah Nafsiah yang memiliki rambut keriting atau dalam bahasa Jawa berarti brintik.

Kamu bisa bernostalgia di warung yang terletak di Jalan Ahmad Dahlan No. 39, Malang ini karena bangunannya yang dibiarkan terlihat kuno. Meskipun Rawon Brintik sudah dikelola oleh generasi ketiga dari Nafsiah, namun kualitas dan rasanya tetap sama dengan generasi pertama karena resep yang selalu terjaga.

2Rawon Setan di Surabaya

[Foto: Hipwee.com]

Rawon Setan merupakan salah satu rawon favorit di Surabaya karena memiliki rasa yang khas dan lezat. Selain terkenal karena rasanya, rawon ini juga terkenal karena buka dari malam hingga pagi hari dan hampir 24 jam penuh. Jam bukanya di pagi hari yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.30, sedangkan di malam hari mulai pukul 18.00 hingga 04.00 pagi.

Karena jam bukanya yang hampir 24 jam tersebut, kedai yang terletak di Jalan Embong Malang ini diberi nama Rawon Setan. Kamu bisa menikmati nasi rawon dengan pilihan menu pendamping seperti sate, gorengan, dan telur asin.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Nikmat disantap di Akhir Pekan

3Rawon Tessy di Malang

[Foto: Idntimes.com]

Rawon Tessy terletak berdekatan dengan Stasiun Kota Baru sehingga tidak sulit untuk mencarinya. Hanya berjalan kurang lebih 300 meter saja, kamu sudah bisa sampai di lokasi rawon yang memiliki harga cukup murah ini.

Jika sedang beristirahat dan mencari makan, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu rawon nikmat di Malang ini. Untuk kamu yang tidak terlalu suka kuah kental, Rawon Tessy harus dicoba karena kuahnya lebih encer dari kuah rawon biasanya.

4Rawon Nguling di Malang dan Surabaya

[Foto: Tripadvisor.co.id]

Rawon Nguling bisa kamu temui baik di Malang maupun di Surabaya. Di Malang, rawon ini berada di Jalan Zainul Arifin no. 62. Sedangkan di Surabaya berlokasi di Jalan Kendangsari Industri No. 41 B.

Di Surabaya, Rawon Nguling termasuk ke dalam salah satu rawon yang legendaris dan favorit karena sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Rawon yang disajikan dengan tauge mentah menambah cita rasa segar ketika menyantapnya.

5Rawon Kalkulator di Surabaya

[Foto: Travelingyuk.com]

Rawon enak Jawa Timur terakhir adalah Rawon Kalkulator yang berada di Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Darmo, Wonokromo.  Bisa dikunjungi mulai pukul 11.00 hingga 03.00 pagi. Kamu bisa menikmati rawon dengan berbagai pilihan toping seperti tempe goreng, telur asin, kerupuk udang, dan perkedel.

Nama kalkulator sendiri berasal dari keunikan pelayannya, mereka dapat menghitung total biaya yang harus dibayar pengunjung dengan cepat layaknya kalkulator. Karena hal tersebut menjadikan kedai satu ini terkenal dan ramai dikunjungi, selain rasanya yang memang memikat lidah setiap penikmatnya.

Itulah informasi mengenai 5 rawon enak Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan. Rawon bisa disantap sebagai menu sarapan atau makan siang yang mengenyangkan sehingga banyak digemari warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here