Makanan apa yang paling ikonik di kabupaten Madiun, Jawa Timur? Jika jawabannya nasi pecel, maka tak salah sama sekali. Nasi pecel dari Madiun memang menjadi kuliner yang begitu melekat di kota ini. Jika saya ada kesempatan untuk menikmati keindahan kota ini, tak pernah melewatkan momen untuk menikmati nasi pecel Madiun.

Agar kita mendapatkan sensasi rasa terbaik saat menikmati nasi pecel asal Madiun ini, ada lima tempat saya rekomendasikan. Tak hanya karena rasa yang ditawarkan, melainkan karena statusnya yang melegenda dan ngehits di kalangan traveler maupun warga lokal di Madiun sendiri.

1Nasi Pecel Yu Gembrot

[Foto : Tripadvisor.co.id

Warung nasi pecel Madiun Yu Gembrot telah meraih dua penghargaan sebagai The Best Nasi Pecel in Madiun. Jika sudah mendapatkan penghargaan seperti itu, tentunya warung nasi pecel ini layak masuk dalam daftar bukan? Tempat ini ada di Jl. Imam Bonjol No.33, Klegen, Kartoharjo, Madiun.

Warung ini memang menyajikan makanan yang luar biasa jika kita berbicara rasa. Sayuran segar yang diguyur dengan sambal bumbu kacang yang gurih, dinikmati bersama nasi hangat dan lauk, ditambah kerupuk uli maupun keripik tempe sebagai pelengkap. Harganya pun murah mulai dari 15 ribu per porsi.

2Nasi Pecel Bu Mandung

[Foto: Travelingyuk.com]

Nasi pecel Madiun di Jalan Cokroaminoto ini salah satu warung yang harus dikunjung. Nasi pecel Bu Mandung yang melegenda dan ngehits karena sambal kacangnya yang memiliki cita rasa khas. Campuran antara pedas, manis, dan gurih membuat ledakan rasa dalam mulut, hal ini pastinya memberikan pengalaman kuliner yang istimewa.

Selain pecel, terdapat pula nasi rawon yang kualitasnya juga tidak kalah lezat. Lokasi warung  Bu Mandung ada di Jl. Cokroaminoto Nomor 110, Kejuron, Taman, Kota Madiun. Harganya mulai dari 15.000 rupiah per porsi.

3Nasi Pecel Sri Tanjung

[Foto: Travelingyuk.com]

Baca Juga : Wajib Dicoba, 5 Restoran Nasi Padang Terbaik di Jakarta

Nasi pecel Sri Tanjung yang ada di Jl. Cokroaminoto, Kejuron, Taman, Madiun. Tempat ini merupakan warung nasi pecel Madiun yang melegenda. Karena kepopulerannya kita dipaksa bersabar untuk bisa mendapat sepincuk nasi pecel dengan sayuran lengkap, sambal kacang dan lauk pilihan. Harganya mulai dari 12.000 rupiah per porsi.

4Nasi Pecel 99 Madiun

[Foto: Tripadvisor.co.id]

Warung yang telah berdiri sejak 1987 ini menyajikan nasi putih dengan sayuran lengkap dan guyuran sambal kacang yang pedas dan gurih beserta beragam pilihan lauk. Untuk menambah keseruan saat kita menikmati santapan khas Madiun ini, tambahkan rempeyek kacang. Dan supaya lebih berkesan, teh panas bisa jadi pilihan sebagai pendamping makan nasi pecel.

Warung nadi pecel 99 Madiun ini afa di Jl. Cokroaminoto, Kejuron, Taman, Madiun. Dengan harga mulai dari 7.000 per porsi, tanpa lauk.

5Nasi Pecel Bu Wir Kabul

[Foto: Pecelweb.wordpress.com]

Warung nasi pecel Madiun ini terkenal dengan sambal kacang yang sangat pedas dan gurih, cocok untuk yang menyukai masakan pedas. Tambahan sayuran segar dan rempeyek kacang serta teh panas pendamping nasi pecel Bu Wir Kabul, dijamin akan membuat kita bercucuran keringat karena nikmat.

Kabar baiknya, jika kita ingin membawa oleh-oleh bumbu pecel, bisa mendapatkannya di sini. Lokasi warung ini ada di Jl. Cokroaminoto No.1 17, Kejuron, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

Demikian daftar nasi pecel Madiun legendaris yang hits dengan cita rasa nomor satu, untuk masalah rasa nasi pecel di atas tak perlu diragukan lagi. Kesemua tempat kuliner di atas wajib untuk dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here