Rawon merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki ciri kuah berwarna hitam. Meski berkuah hitam, nyatanya makanan ini cukup familiar di Jawa Timur bahkan bisa dibilang makanan khas dari kawasan ini. Disajikan dengan bahan utama dari daging sapi dan ditambah dengan tauge, makanan ini sangat lekat dan menjadi favorit masyarakat Jawa Timur khusunya kota Malang.

Di kota Malang, banyak sekali warung yang menjajakan makanan ini. Bahkan setiap warung pasti memiliki karakter dan cita rasa masing-masing. Salah satu warung rawon yang terkenal di malang adalah Rawon Nguling. Seperti namanya, rawong nguling merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Nguling, Tongas, Kabupaten Probolinggo. Terkenal sejak tahun 1942, Lokasi warung nya berada di tempat strategis yakni dekat alun-alun jalan Zainul Arifin atau biasa warga setempat menyebutnya daerah kidul dalem.

Rawon nguling memiliki kuah yang tidak terlalu hitam dan tidak terlalu pekat. Selain itu, kuahnya juga sangat segar dan tidak terlalu berlemak. Untuk dagingnya sendiri dimasak pada waktu yang pas sehingga membuat tekstur nya menjadi sangat empuk. Semua bahan pelengkap tadi disajikan secara terpisah, jadi kamu tinggal memilih sesuai yang diinginkan.

Dengan semakin terkenalnya makanan ini, saat ini banyak kota yang memberi nama warung mereka sesuai domisili seperti rawon Surabaya, rawon Blora, dan lain-lain. Rawong nguling  ini memiliki cita rasa khas dan bisa dikatakan sebagai rawon khas dari kota tersebut. Berikut ini daftar menu, lokasi dan harga rawon nguling di klojen malang yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur.

Daftar Menu Rawon Nguling

[Foto: Tripadvisor.com]

Meskipun sekilas terlihat seperti gedung kecil jika dilihat dari luar, bagian indoor rumah makan rawon Nguling ini nampak cukup panjang sehingga mampu melayani banyak pengunjung sekaligus. Lebih jelasnya simak daftar menu rawon Nguling Malang dibawah.

  • Menu Makanan : rawon buntut, rawon tutup dengkul, nasi rawon biasa, nasi gule kambing, nasi campur, nasih bali telur, nasi pecal, nasi sup sayur, nasi lodeh, trancam, lodeh pecal, urap-urap, sayur asam penyet tempe dan penyet tahu atau telur.
  • Menu Pauk : Limpa, perkedel, tempe mendol, babat, paru, pepes tahu, empal dan pepes tongkol.
  • Menu Minuman : Es teh, teh hangat, jeruk manis hangat, es jeruk manis, jahe hangat, kopi panas, kopi susu jahe, es sirup, es jeruk nipis, es soda gembira, es sinom, es kopi, es dawet. Masih ada lagi berbagai minuman instan seperti aqua, fanta, coffe cream, coca cola, sprite, fresh tea dan teh sosro. Semua minuman harganya cukup terjangkau antara Rp. 6.000 hingga Rp. 11.000.

Bagi kamu yang ingin berkunjung kesini, sebaiknya datang ketika baru buka yaitu sekitar pukul 10.00 atau 11.00 WIB. Jika datang sore hari, tak menutup kemungkinan menu favorit sobat bakal habis. Restoran Rawon Nguling tutup pada pukul 15.30. Jika ada pertanyaan seputar kuliner disana, maka bisa hubungi nomor telepon (0341) 324684.

Baca Juga : 5 Tempat Kedai Bubur Ayam Paling Favorit di Malang

Alamat Rawon Nguling di Malang

[Foto: Reresepan.com]

Depot rawon Nguling Jawa Timur berada di Jalan Zainul Arifin nomor.62, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur dan kode pos 65119. Lokasinya satu arah ke plaza Malang alias tak jauh dari pusat perbelanjaan. Selain itu letaknya pun sangat dekat wisata kampung topeng malang, yakni sekitar 8,4 kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar 26 menit.

Harga Makan di Rawon Nguling

[Foto: Cookpad.com]

Tidak perlu khawatir, meskipun warung makan ini sudah terkenal sejak tahun 1942, harga yang dibanderol tak begitu mahal yaitu dalam kisaran Rp. 22.000 hingga Rp. 55.000 per porsi, antara lain sebagai berikut.

  • Nasi guling biasa : Rp. 27.000
  • Rawon dengkul : Rp. 35.000
  • Nasi rawon biasa : Rp. 14.000
  • Rawon+nasi : Rp. 40.000
  • Paru : Rp. 7.000
  • Tempe goreng : Rp. 1.000
  • Otak-otak : Rp. 7.000
  • Es dawet : Rp. 5.000
  • Nasi pecal : Rp. 16.000

Itulah daftar menu, lokasi dan harga rawon nguling di klojen malang yang bisa kamu jadikan referensi saat berlibur. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here