Pecel merupakan salah satu makanan yang banyak diminati di wilayah jawa timur bagian selatan, salah satunya yaitu di kota Kediri. Menarik lagi ternyata di Kediri ini bukan hanya pecel biasa, namun memiliki nama pecel tumpang. Dari segi namanya berbeda, pasti saja bentuk dan rasanyapun juga berbeda pula.

Pecel tumpang ini merupakan khas dari Kediri, memiliki nilai keunikan rasa tersendiri pastinya. Jika Kamu berkunjung ke Kediri, berkunjung dalam rangka wisata ataupun dalam hal apapun kesana pastikan mencicipi kuliner yang satu ini.

Sangat sayang sekali saat Kamu ke Kediri namun tidak mencicipi makanan khas dari Kediri ini. Untuk kamu yang berpergian ke kota Kediri, berikut ini tempat-tempat yang bisa kamu singgahi jika ingin mencoba kuliner pecel tumpang.

1Pecel Tumpang Kediri di Jalan Dhoho (Pudakit)

[Foto: Deskgram.net]

Satu dari lima tempat menikmati pecel tumpang ini yaitu ada di dhoho, sama seperti pecel tumpang yang lainnya. Pecel ini memiliki bahan dasar sambal dari kacang dan tumpangnya terbuat dari sambal tempe yang sudah di fermentasikan. Kemudian untuk sayurannya sama, yaitu menggunakan kubis, kacang panjang, taoge, sawi, kembang turi yang sudah dikukus sebelumnya. Jika Kamu makan maka sangat begitu pas di lidah. Gurihnya, pedasnya.

Jika Kamu kurang puas maka bisa juga disini menambahkan dengan dendeng ragi, sate usus, sate hati dan ampela ayam, sate telur puyuh, telur ceplok, babat goreng, ayam kari, telur asin, ayam goreng sampai dengan ayam bakar. Rasanya tiada duanya, dari semuanya  begitu menggugah selera.

2Pecel Tumpang Bu Sholeh

[Foto: Gotoindonesia.co.id]

Selanjutnya kedai yang bisa membuat Kamu rindu kota Kediri yaitu kedai bu sholeh, yang juga menyediakan pecel tumpang. Letaknya yaitu berada di sekitar Stasiun Besar Kediri, warung makan yang satu ini menyediakan nasi pecel lezat yang di bumbui dengan sambal tumpang tempe bosok  yang rasanya sangat nikmat. Selain menggunakan rempeyek juga ada pula lauk lain yaitu seperti ati ampela atau usus yang dapat dipesan. Sementara rasa, tidak diragukan lagi enaknya.

3Pecel Mbah Darmo

[Foto: Anysuryaningsih.blogspot.com]

Pecel tumpang yang satu ini juga cukup menarik dan bisa Kamu temukan berada di jalan badaran dengan sebutan pecel Mbah Darmo. Nah ternyata Warung Mbah Darmo ini  sudah berdiri lebih dari 20 tahun yang lalu. Di kedai yang cukup sederhana ini Kamu bisa memesan pincukan pecel yang nikmat biasanya disantap saat pagi. Lebih menariknya lagi, sambalnya sangat pedas serta memiliki rasa gurih yang pas.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Nikmat disantap di Akhir Pekan

4Warung Pecel Bu Beny

[Foto: Travelingyuk.com]

Berikutnya di kedai lain yang juga banyak diminati oleh para penikmat pecel yaitu ada di Warung Pecel Bu Beny. Yang berdiri semenjak tahun 2002 lalu, pada awalnya berjualan di gerobak serta menawarkan nasi pecel dengan memakai sambal tumpang super nikmat. Kemudian juga dengan aneka lauk dari ayam, ikan, bakwan sampai dengan perkedel lengkap tersedia. Selain itu juga tersedia pula es jenang dawet yang tak kalah lezat disantap pada saat siang hari.

5Nasi Pecel Tumpang Kediri di Jalan Raya Kebayoran Lama

[Foto : Food.detik.com]

Bagi yang tidak bisa berkunjung ke Kediri tapi ingin menikmati bagaimana lezatnya makanan nasi pecel, kalian bisa mengunjungi salah satu tempat yang berada di kawasan Jakarta. Disini tidak berbeda dengan pecel tumpang yang lainnya, Kamu bisa menikmati dengan rasa yang special dan tempatnya juga cukup nyaman.

Yuk Untuk kamu yang kini berwisata atau sedang berkunjung ke kota Kediri, jangan lupa menikmati pecel tumpang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here