Medan adalah kota terbesar nomor tiga di Indonesia, kota ini layak dikunjungi karena adanya percampuran etnis India, Melayu, Arab, Cina, Padang, Jawa, dan Batak. Selain tempat wisatanya, kulinernya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satu kuliner yang terkenal di Medan adalah Mie Rebus. Mie Rebus Medan ini sering disebut dengan Mie Keling karena penjualnya kebanyakan orang Medan India yang berkulit gelap. Namun sekarang sudah banyak penjual mie tersebut berasal dari Jawa, Aceh, maupun Padang.

Pada dasarnya Mie Rebus Medan berasal dari penduduk Medan peranakan India, yang kemudian diadobsi oleh penduduk Medan. Mie Rebus ini sangat berbeda dengan mie rebus yang dijual di kota-kota lain, selain rasanya yang pedas dan gurih, mie yang digunakan adalah mie kuning yang biasa digunakan untuk  Mie Aceh. Kaldu udang yang didapat dengan cara direbus sebagai bumbu utama dari mie rebus ini. Saus atau kuah yang terbuat dari udang giling, warnanya yang menyerupai kecap kental dengan rasa asin, manis, gurih dan pedas. Rempah–rempah yang beraneka ragam membuat rasanya menjadi khas, apalagi jika ditambah dengan cabe rawit giling yang masih berwana hijau. Berikut ini saya akan memberikan informasi terkait 7 kedai mie rebus yang lezat di Medan

1Mie Rebus Bang War

[Foto: Dimanaja.com]

Mie Rebus Bang War berlokasi di Jalan A. H. Nasution, tepatnya di sebelah Rumuah Sakit Umum (RSU) Mitra Sejati, kira-kira 4-5 ruko sebelumunya. Jika kalian menggunkan kendaraan dari arah Kampung Baru. Warung Bang War ini berdiri sejak tahun 2000, mulai buka pukul 16.00 WIB. Dengan mengeluarkan biaya Rp 12.000, Anda sudah bisa menikmati mie rebus yang mempunyai cita rasa yang luar biasa. Kuahnya yang gurih dari ebi (udang kering) dan mie-nya yang kuning berhasil membuat kesan mendalam dalam mulut penikmatnya.

2Mie Rebus India A Dua Coffe

[Foto: Food.detik.com]

Mie Rebus India A Dua Coffe ini terletak di Jalan Lubis No. 2 Medan. Mie rebus ini dijual oleh seorang wanita keturunan India sesuai dengan nama kedainya. Komposisi dari mie rebus ini ada mie kuning, tahu goreng, telur rebus yang dipotong menjadi dua, tauge rebus, kerupuk putih dan merah, daun sop, bawang goreng, kentang, potongan bakwan yang menjadi ciri khas mie rebus ini dan disiram dengan kuah kaldu kental. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp 15.000, Anda sudah bisa menikmatinya ditemani lantunan live musik yang disediakan.

3Mie Rebus Brigjen Katamso Simpang Jalan Sakti Lubis

[Foto: Dimanaja.com]

Lokasi mie rebus ini berada di jalan Brigjen Katamso simpang jalan Sakti Lubis, di sebrang pos polisi, di depan toko perabotan. Warung ini buka dari pukul 17.00 WIB. Dengan mengeluarkan biaya Rp 15.000, Anda sudah bisa menikmuati seporsi mie rebus dengan kuah yang nendang di lidah.

4Mie Rebus Kasuari

[Foto: Id.foursquare.com]

Mie Rebus Kasuari ini terletak di jalan Kasuari, Medan Sunggal, tepatnya di sebrang Alfamidi. Warung ini buka sekitar pukul 18.00 WIB, namun biasanya jam sembilan malam sudah habis semua dagangannya. Yang paling istimewa dari mie rebus di sini adalah kuah kaldunya yang mantap, apalagi jika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis dan cabe rawit membuat citarasa kaldunya semakin nampol di lidah. Seporsi dengan komposisi telur rebus, tauge, mie kuning, disiram kaldu dan kerupuk merah sudah bisa Anda nikmati dengan harga Rp 11.000.

Baca Juga : Lezatnya Mie Ongklok, Makanan Khas Wonosobo

5Mie Rebus Kampung Lalang

[Foto: Mhm.asia]

Lokasi Mie Rebus Kampung Lalang ini di Jalan Gatot Subroto, di simpang Kampung Lalang-Pinang Baris. Warung ini buka sekitar pukul 15.00 WIB. Yang paling istimewa dari mie di sini adalah kuah kaldunya yang gurih dan kental. Taburan kerupuk yang terbuat dari campuran tepung jagung semakin memperkaya rasa dan tekstur dari mie. Dengan mengeluarkan biaya Rp 9.000 anda sudah bisa menikmati seporsi mie dengan komposisi mie kuning, telur rebus, tauge dan taburan daun sop, membuat citarasa mie menjadi sempurna.

6Mie Rebus Sate Bango Pak Boy Jakarta

[Foto: Mhm.asia]

Warung mie rebus ini terletak di Jalan A. H. Nasution, asrama haji, tepatnya di sebelah Rumah Makan ACC. Dalam satu porsi mie terdapat mie kuning, tauge, tahu goreng, kentang rebus, telur rebus, kerupuk merah putih, bawang goreng dan pastinya kuah kaldu yang kental. Untuk menikmati satu porsi mie, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 12.000.

7Mie Rebus Perdana Pak Mail

[Foto: Travelingyuk.com]

Mie Rebus Perdana Pak Mail ini terletak di Jalan Perdana Simpang Jalan Masjid, Tepatnya di dalam ruko “Kedai Kopi Kurnia”. Gerai ini buka sekitar pukul 12.00 – 19.00 WIB. Dengan mengeluarkan biaya Rp 10.000, Anda sudah bisa muenikmati citarasa udang di dalam kuah yang kental dan tauge yang segar sangat membuat citarasa mie menjadi sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here