Ketika berkunjung ke suatu tempat, selain menikmati tempat wisata. Biasanya juga ingin memanjakan lidah dengan makanan khas dari daerah setempat. Pasti kita mengenal wisata daerah lengkap dengan makan khas-nya, Seperti Medan dengan Mie Rebusnya, Semarang dengan Lumpia, Palembang dengan Pempek, Aceh dengan Mie Aceh, Boyolali dengan Soto Seger dan sebagainya. Bahkan juga ada daerah yang memiliki lebih dari satu makan khas yang wajib di coba ketika berkunjung kesana. Demikian juga ketika kalian berkunjung ke daerah Wonosobo, jangan sampai melewatkan untuk menikmati semangkok Mie Ongklok.

Mie Ongklok adalah makanan khas dari kabupaten Wonosobo yang sangat terkenal dan sangat disukai oleh berbagai masyarakat. Makanan ini mempunyai rasa yang lezat dan khas begitu memanjakan lidah para penikmatnya. Mie Ongklok sudah terkenal di kalangan para pelancong dari berbagai belahan dunia seperti Asia, Eropa dan Amerika. Selain itu, para tokoh nasioanal pun juga tidak ketinggalan kecanduan untuk memakan makanan khas Wonosobo ini. Mantan presiden Indonesia yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono adalah salah satu tokoh nasional yang kecanduan Mie ongklok.

Asal Mula Mie Ongklok Wonosobo

[Foto: Travelingyuk.com]

Menurut masyakrakat Wonosobo, Mie Ongklok berasal dari seorang pencipta resep makanan yang bernama Pak Muhadi. Pak Muhadi adalah seorang juru masak di sebuah warung bakmi. Ketika Pak Muhadi sudah tidak bekerja lagi di warung bakmi tersebut, dengan tidak segaja menciptakan resep Mie Ongklok. Dan akhirnya beliau memutuskan untuk berjualan mie secara mandiri, karena tidak puas dengan mie buatannya, sehingga Pak Muhadi mencoba mengolah mie dengan cara yang berbeda. Setelah proses percobaan berkali-kali dan juga memanfaatkan potensi alam yang ada, akhirnya Pak Muhadi berhasil menciptakan resep Mie Ongklok yang melegenda sampai saat ini.

Karena proses pembuatannya menggunakan “Ongklok” maka mie ini disebut dengan Mie Ongklok. Ongklok adalah alat yang terbuat dari anyaman bambu berbentuk keranjang kecil, yang biasanya digunakan untuk merebus mie tersebut. Untuk proses pembuatannya, mie, potongan kucai dan sayur kol di masukkan ke dalam ogklok. Kemudian ongklok dicelup-celupkan ke dalam air mendidih secara berlulang-ulang sampai matang. Jika sudah matang maka akan disajikan dalam mangkuk dan disiram dengan kuah kental yang dibuat dengan bumbu khusus.

Mie Ongklok ini biasanya disajikan bersama tempe kemul, keripik tahu, dan sate sapi. Kita juga bisa menambahkan kecap dan bawang goreng untuk menambah cita rasa. Jika anda menyukai makanan pedas, kamu bisa menambahkan merica bubuk dan sambal. Yang membuat Mie Ongklok ini sangat enak adalah kuahnya yang terbuat dari beberapa campuran alami. Mulai dari udang kering, saripati singkong, gula merah yang dicampur bubuk kacang, campuran bawang goreng dan taburan lada, Jika dipadukan dengan sate sapi, akan menambah kelezatan tersendiri pada Mie Ongklok.

Harga Mie Ongklok Wonosobo

[Foto: Phinemo.com]

Untuk menikmati kelezatan makanan khas Wonosobo yaitu Mie Ongklok, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Karena harga satu porsi dari makanan khas Wonosobo ini terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan rasanya. Biasanya warung-warung yang menjual mie ongklok Wonosobo ini kepada pelanggan dengan harga sekitar Rp 10.000 – Rp. 25.000 per porsinya.

Baca Juga: 5 Kedai Bubur Ayam Paling Favorit di Malang

Sekarang ini, jika kalian ingin menemukan mie ongklok khas Wonosobo, sudah tidak perlu bingung lagi. Karena di daerah Wonosobo, khusunya pusat kota sudah banyak warung yang menjajakan Mie Ongklok ini. Namun jika kalian masih bingung atau belum tahu, berikut ini saya akan berikan rekomendasi 5 warung Mie Ongklok Wonosobo yang mempunyai rasa Enak.

1Warung Mie Ongklok Longkrang

Lokasi warung ini di jalan Pasukan Ronggolawe No. 14 Wonosobo, tempatnya kurang lebih di sekitar 800 meter ke sebelah utara dari kota Wonosobo.

2Warung Resto Ongklok

Lokasinya sangat strategis di antara jalan penghubung Wonosobo ke Dieng, tepatnya di jalan Dieng-Wonosobo

3Warung Mie Ongklok Pak Muhadi

Lokasinya berada di jalan Ahmad Yani No. 1 Wonosobo. Alamat tersebut merupakan lokasi buatan Pak Muhadi.

4Warung Mie Ongklok Bu Umi

Lokasi warung Bu Umi ini berada di Jalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo atau sekitar 500 meter dari pusat kota Wonosobo

5Warung Mie Ongklok Alun-Alun Wonosobo

Lokasi warung ini berada di alun-alun Wonosobo. Jadi sembari Anda menikmati kelezatan dari Mie Ongklok sambil menikmati keindahan yang ada di alun-alun Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here