Selain menjadi ibu kota, Jakarta juga terkenal dengan keberagaman kebudayaannya. Tak hanya terkenal dengan Monas dan ondel-ondelnya, Jakarta juga terkenal dengan kerak telornya yang melegenda hingga mancanegara. Jakarta juga mempunyai makanan khas yang bisa menggoyangkan lidah siapa pun yang mencobanya. Namun siapa sangka, 5 makanan langka di Jakarta dibawah ini sudah jarang ditemui. Apa saja itu?

1Kerak Telor

[Foto: Finrollnews.com]

Makanan khas kota Betawi ini, kehadirannya sudah sangat sulit untuk ditemui. Kerak telor merupakan makanan yang menjadi ikon kota Jakarta. Tak jarang jika banyak orang yang familiar dengan kata ini ketika menyebut Jakarta. Namun jika kamu berkunjung ke Jakarta sendiri, sudah jarang penjual yang menjual makanan khas ini.

Kerak telor sendiri mirip dengan martabak yang terbuat dari telur. Namun isinya diganti menggunakan ketan dan ubi. Hal unik yang bisa ditemui saat membeli kerak telor ini adalah cara memasaknya. Yaitu menggunakan tungku arang kuno dengan wajan kecil, yang dibolak-balik untuk mendapatkan kerak telor yang matang sempurna.

Saat ini, kerak telor akan sangat langka dan sulit ditemui di Kota Metropolitan seperti Jakarta. Namun tenang, jika kamu ingin mencicipi makanan khas yang satu ini, kamu bisa menjumpai saat ada perayaan Jakarta Fair yang biasa diadakan bulan Juni sampai Juli.

2Ketupat Babanci

[Foto: Resepnusantara.id]

Ketupat Babanci merupakan salah satu kuliner yang cukup melegenda bagi warga Betawi. Nama babanci sendiri, diambil dari kata “banci”, di mana sayuran yang digunakan dalam hidangan ini bercampur dengan sayuran lain sehingga tidak bisa didefinisikan jenis makanan ini. Untuk itulah, makanan ini disebut dengan ketupat babanci.

Ketupat babanci ini sendiri, sudah cukup langka di Jakarta. Dan jarang penjual yang menyuguhkan makanan ini ke dalam salah satu menu andalanya. Pasalnya, bahan dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat ketupat babanci tergolong lagka dan susah ditemukan. Salah satunya adalah buah jali-jali.

Baca Juga : Wisata Kuliner Legendaris di Mangga Besar Jakarta Harga Murah Meriah

3Kembang Goyang

[Foto: Resepgulaku.com]

Kembang goyang adalah salah satu makanan langka di jakarta yang sudah jarang ditemukan keberadaannya di era milenial seperti sekarang ini. Kue kering yang terbuat dari tepung beras ini, memiliki tekstur yang lembut ketika digigit, dan cita rasa yang gurih dan manis.

Dinamakan kembang goyang sendiri adalah karena dalam pembuatan kue ini, adonan tepung beras yang sudah diberi air, digoyang membentuk cetakan bunga di atas minyak yang sudah dipanaskan. Keberadaan kue ini, semakin terkikis dengan makanan barat yang sudah menjamur di tengah masyarakat. Ditambah tidak adanya generasi yang bisa membuat kue ini, membuat eksistensi kue ini terkubur seiring perkembangan zaman.

4Sengkulun

[Foto: Freepik.com]

Makanan Betawi yang satu ini merupakan asimilasi yang terbuat dari pengaruh kuatnya budaya China. Sengkulun terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan santan kental yang memberikan cita rasa yang gurih dan legit. Kue ini dapat dihidangkan dengan parutan kelapa atau pun tidak. Sesuai selera masing-masing orang.

Dulunya, kue sengkulun menjadi makanan favorit warga Jakarta untuk menyuguhi tamu. Bentuknya yang bisa dibuat beraneka ragam dengan warna yang cantik, membuat kue ini menjadi kegemaran sebagian orang. Bahan membuat sengkulun juga cukup mudah didapat. Namun, seperti yang kita ketahui kue ini sangat langka di temui di tengah kondisi Jakarta yang semakin modern seperti saat ini.

5Laksa

[Foto: Sortedfood.com]

Laksa adalah makanan populer khas Betawi yang terdiri dari potongan lontong, tauge, mie, potongan telur, dan irisan daging sapi. Yang dalam penyajiannya disiram menggunakan kuah rempah berwarna kuning. Rasanya, jangan ditanya lagi. Perpaduan gurihnya kuah laksa dengan isinya yang dipadukan dengan asamnya perasan jeruk nipis begitu segar dan memanjakan lidah kamu.

Masakan ini, mencuri banyak hati pada zaman dahulu. Banyak juga pedagang yang menjajakan Laksa keliling. Namun, seiring berjalannya waktu posisi laksa juga ikut tergerus seiring berkembangnya zaman. Hingga saat ini, makanan khas ini sudah langka dan sulit ditemui di daerah Jakarta.

Itulah 5 makanan langka di Jakarta yang sudah jarang lagi ditemui. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here