Memiliki tempat-tempat yang indah yang dapat dikunjungi wisatawan, Indonesia juga dianugerahi dengan aneka macam hidangan nusantara dengan rasa yang begitu beragam. Salah satunya Maluku. Selain disuguhi dengan aneka pemandangan yang menarik nan eksotis, tempat ini memiliki segudang makanan khas yang mungkin tak akan kamu dapatkan di tempat lainnya

Maluku merupakan sebuah provinsi tertua Indonesia yang berada di bagian timur Indonesia. Maluku juga mempunyai sejarah yang panjang, apalagi saat masa penjajahan. Pada awalmya banyak tentara portugis datang ke Maluku dan akhirnya menjajahnya. Karena banyaknya sejarah dan datangnya budaya asing, membuat Maluku memiliki ragam yang bercampur hingga sekarang, paling tidak di bidang kuliner. Ada beberapa makanan khas maluku yang bisa kamu nikmati. Apa saja itu?

1Gohu Ikan

[Foto: merahputih.com]

Menikmati sensasi mencicipi ‘sashimi ala Indonesia’ dapat kamu temukan di Maluku. Banyak orang merekomendasikan untuk mencicipi Sashimi khas Ternate ketika berkunjung ke maluku. Adapun yang membedakan hidangan ini dengan sashimi yang ada di Jepang adalah bahan dasar yang digunakan. Jika kamu sering mencicipi sashimi dari bahan dasar ikan tuna atau salmon yang dicelup dengan kecap asin dan bahan lainnya. Lain halnya dengan sajian “sashimi dari Ternate’. Cara penyajian hidangan ini dengan memotong kecil-kecil ikan tuna yang dibumbui dengan menggunakan garam.

2Papeda

[Foto: idntimes.com]

Berbicara mengenai hidangan khas Maluku, Papeda menjadi bagian yang tak perpisahkan. Meski sering terdengar di pelosok negeri, masih banyak orang yang belum mengetahui seperti apa rupa dan bentuk dari hidangan ini. Papeda merupakan hidangan yang mirip dengan bubur yang dibuat dari tepung sagu. Teksturnya hampir mirip dengan sup krim yang mengental. Perbedaannya terletak dari kekentalan papeda yang jauh lebih “slimy” dibandingkan dengan sajian.

3Ikan Komu Asar

[Foto: tribunnews.com]

Selain sajian ikan asin yang terkenal dari tanah Maluku, ada juga sajian kuliner lain yang bisa kamu temukan di tempat ini salah satunya Ikan Komu Asar. Hidangan ini merupakan sajian ikan calakang yang ditusuk dengan menggunakan bambu. Selanjutnya diasapi sampai ikan menjadi kering. Kuliner yang satu ini umumnya dinikmati bersama dengan nasi dan sambal colo-colo khas Maluku agar rasanya semakin mantab.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Maluku Seperti Kepingan Surga di Timur Indonesia

4Gatang Kenari

[Foto: gotravelly.com]

Gatang Kenari merupakan makanan yang berasal dari maluku yang terbuat dari bahan dasar kepiting darat atau kepiting kenari. Kepiting ini merupakan binatang yang pandai memetik dan mengupas kelapa. Makanan ini lebih dikenal dengan sebutan ketam kenari. Jika kamu berlibur ke Maluku, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan Gatang Kenari yang terkenal dengan rasa gurih dan nikmat.

5Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan salah satu makanan khas Maluku yang berbentuk seperti lontong. Bedanya, nasi jaha dibuat dengan mengunakan santan dan dimasak menggunakan bambu jadi panjang dari nasi jaha dapat mencapai 1 meter. Nasi jaha sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi biasa. Berbagai macam lauk bisa dipadukan dengan nasi jaha, seperti ikan fufu (ikan asap) dan kacang tanah sangrai.

Untuk menikmati kuliner nasi jaha, kamu bisa membelinya di warung-warung makan di Malukur Utara. Nasi jaha juga kerap muncul dan jadi primadona saat Ramadan. Penjual biasanya menjajakan nasi jaha dalam bentuk potongan ataupun dijual utuh dalam balutan bambu hangat.

Itulah 5 makanan khas maluku incaran wisatawan murah meriah yang bisa kamu coba saat datang kesini. Mayoritas makanan khas Maluku menggunakan bahan dasar sagu dan ikan. Banyak orang Maluku juga memanfaatkan hasil perkebunannya yang melimpah untuk dijadikan bumbu rempah, seperti kunyit, belimbing wuluh, kemiri, bawang merah, asam mawe, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here