Hai Foodie, kali ini kita akan membahas perihal kuliner di kota yang terkenal dengan sejarah perseteruan Suro dan Boyo. Yups, Surabaya. Surabaya merupakan surga kuliner dari makanan kaki lima hingga makanan kalangan bangsawan. Kulinernya pun beraneragam, dari makanan tradisional hingga makanan kekinian tentunya.

Tapi jangan khawatir, untuk menemukan makanan lezat di Surabaya, kamu tidak harus datang ke restoran mewah, cukup nongki di warung pinggir jalan atau kaki lima kamu sudah bisa mendapatkan cita rasa makanan hotel bintang lima.

1Bakso Omen

[Foto: Webstagram.one]

Surabaya juga terkenal dengan kuliner baksonya yang cita rasanya tidak kalah dengan kota Malang yang salah satunya ialah Bakso Omen yang biasanya mulai buka pukul 19.30 WIB hingga tengah malam.

Banyak pilihan bakso yang bisa kamu pilih untuk mengisi perutmu mulai dari varian keju, telur, hati, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya  pun bervariasi, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 8.000 saja. Enaknya lagi, kamu bisa mengambil bihun sepuasnya, tapi jangan diabisin semua ya.

2Rawon kalkulator

[Foto: Travelingyuk.com]

Rawon adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang mesti banget kamu cobain. Di antara warung rawon yang ada di sini, kamu kudu mampir ke daerah Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo.

Jangan khawatir soal harga karena nggak bakal menguras dompet pastinya, hanya dengan Rp 20 ribu kamu sudah bisa menikmati rawon dengan kuah hitam pekat dan kental yang pastinya gurih dan nendang di lidah. Tak hanya soal makanan saja, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan pelayan yang tidak biasa karena ia mampu menghitung tagihan secepat kalkulator.

3Sop Kambing Bang Oya

[Foto: Syafiradp.blogspot.com]

Siapa yang gak tau kelezatan kuliner berbahan dasar kambing. Nah, tempat ini bisa menjadi salah satu kuliner spesial di malam hari untuk menghangatkan badan kamu bersama orang-orang terdekat atau keluarga. Jangan khawatir, kamu tidak akan merasakan aroma kambing pada sopnya.

Kamu bisa menemukan Sop kambing Bang Oya di deretan warung kaki lima di Jalan Kedungdoro No.107 yang buka dari pukul 18.00 hingga tengah malam, harganya sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 40 ribu.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Nikmat disantap di Akhir Pekan

4Bebek Tugu Pahlawan

[Foto: Travel.tempo.co]

Bebek juga menjadi primadona di Surabaya. Selain rawon, kamu pasti akan sering menemukan banyak tempat makan dengan menu utama bebek. Salah satu yang mesti banget kamu coba berada di Jalan Tembaan, sekitar Tugu Pahlawan.

Saking ramainya, kamu harus rela antre panjang demi mendapatkan tempat duduk di sini. Harganya mulai dari Rp 11 ribu hingga Rp 20 ribu saja. Salah satu ciri khas kuliner ini adalah taburan serundeng dan sambalnya yang pedas.

5Nasi Cumi Pasar Atom

[Foto:Travelingyuk.com]

Nah, menu penutup kali ini ada di Jalan Waspada, Pabean, sekitar Pasar Atom. Makan di sini akan membuatmu puas dengan porsinya yang terdiri dari cumi masak tinta, mie goreng, babat, paru, usus. tahu, telur, dan peyek yang pasti akan memanjakan perutmu.

Enak  banget, kan! Buruan cobain langung, tempat ini buka 24 jam dengan harga sekitar Rp 13 ribu hingga Rp 20 ribuan.

Nah Foodie, itulah lima kuliner kaki lima ter-dabest yang bisa menjadi referensi saat kamu pelesiran ke Surabaya. Rasanya tak kalah lezat dari restoran mewah dan ramah dikantong tentunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here