Papua Barat adalah salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai ragam jenis makanan dengan ciri khas dan kelezatannya. Banyak hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini karena kekayaan alam dan budayanya yang tak kalah menawan dari daerah lain. Nah, jika kamu pergi wisata ke Papua, rasanya belum pas kalau kamu belum coba makanan khasnya yang unik dan menggugah selera. Jika kamu ingin mencobanya, tentunya kamu akan membutuhkan rekomendasi makanan yang cocok. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan yang cocok dan lezat untuk kamu coba. Simak ulasannya di bawah ini ya.

1Papeda dan Ikan Kuah Kuning

[Foto: Pacarkecilku.com]

Untuk yang pertama, ada Papeda. Papeda adalah bubur yang biasanya disajikan dengan mubara atau ikan tongkol bumbu kunyit. Makanan ini menjadi makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Maluku dan Papua. Cara membuatnya adalah dengan menekok  pohon sagu atau rumbai. Setelah selesai diolah, makanan ini berbentuk mirip seperti lem dan agak lengket dengan rasa yang tawar. Oleh karena itu, makanan ini disajikan dengan ikan kuah kuning supaya memiliki cita rasa yang sedap. 

2Keladi Tumbuk

[Foto: Youtube.com]

Selanjutnya adalah Keladi Tumbuk. Makanan ini terbuat dari keladi/ daun talas yang dihidangkan bersama ikan bakar. Di sini, keladi yang sudah direbus matang akan ditunjuk sampai halus dicampur dengan kelapa parut, garam dan gula. Makanan khas ini biasanya disajikan sebagai makanan tambahan di acara keluarga. Keladi Tumbuk mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah gula. Makanya makanan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. 

3Ikan Cakalang Asar

[Foto: Indonesiakaya.com]

Ikan Cakalang Asar memang hampir sama seperti Ikan Cakalang Asap. Yang membedakannya adalah dari proses pengasapannya. Untuk Ikan Cakalang Asar ini, prosesnya dibuat agar ikan benar-benar matang dan meresap ke dalam dagingnya. Tak heran jika makanan ini mempunyai rasa yang gurih sampai ke setiap sisi dagingnya. Kamu yakin gak mau coba? 

4Lontar

[Foto: Tokopedia.com]

Nah, yang ini adalah jajanan asli yang khas dibuat dari Papua tanpa ada persilangan budaya dari luar. Kue ini sekilas berbentuk mangkuk dan mirip seperti pie susu. Rasanya yang manis dan gurih menjadikannya sering digunakan untuk hidangan tamu di saat hari Raya Idul Fitri oleh masyarakat Papua. Dijamin kue ini enak dan pas di lidah orang Indonesia.

Baca Juga : Kenyal-Kenyal Enak Papeda Telur Gulung Khas Maluku dan Papua

5Martabak Sagu

[Foto: Beritapapua.net]

Jika kamu sudah biasa dengan istilah martabak asin dan manis, kamu harus coba jenis martabak yang antimainstream ini. Martabak Sagu adalah makanan khas Papua Barat yang berasal dari Kabupaten Fak-fak. Makanan ini memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dari martabak lain yaitu pada bahan utamanya yakni sagu. Itulah yang menyebabkan martabak ini mempunyai rasa yang manis, gurih dan legit. Cocok banget deh, buat kamu yang suka kuliner martabak, cobain juga martabak yang satu ini. 

6Ikan Bungkus Khas Papua Barat

[Foto: Twitter.com]

Untuk jenis masakan ikan, Papua Barat juga punya masakan khasnya. Nama masakan ini adalah Ikan Bungkus. Bentuknya memang mirip pepes ikan. Tapi makanan ini berbeda dari pepes biasa. Yang membedakan adalah ikan ini dibungkus dengan daun talas. Dan di dalam bumbunya juga dicampur dengan daun salam yang semakin menambah keunikan rasanya. Dari keseluruhan makanan khas ini memang enak dan pas di lidah. Tapi seperti apa keunikan rasanya? Kamu harus membuktikannya sendiri. 

7Manisan Pala Fak-Fak

[Foto: Facebook.com]

Satu lagi, makanan khas dari Kabupaten Fak-fak yakni, Manisan Pala Fak-fak. Manisan ini berbahan utama buah Pala andalan dari Fak-fak. Buah Fak-fak sendiri sangat manis dan enak di lidah. Maka dari itu, banyak dari kalangan wanita yang menggemari jajanan khas ini. Manisan ini biasa dijual untuk Oleh oleh para wisatawan, oleh karenanya Jajanan ini sangat mudah kamu temukan di pinggir jalan Papua Barat.

8Nasi Bumbu

[Foto: IndonesiaKaya.com]

Olahan sagu rasa nasi yang disebut sinole ini menjadi alternatif yang cocok untuk kamu yang belum terbiasa dengan makanan pokok Papeda. Jika kamu belum terbiasa dengan rasa lengket di tenggorokan karena makan Papeda, tenang saja karena orang Papua sangat kreatif membuat olahan Sagu sebagai makanan pokok. Sinole memiliki rasa yang manis, gurih dan hambar. Karena teksturnya yang kasar, makanan ini enak dan menyatu di lidah yang mencicipinya. 

9Keripik Keladi

[Foto: Bukalapak.com]

Keripik khas Papua ini terbuat dari jenis ubi keladi khas Papua. Makanan ini bisa kamu jadikan camilan di saat lapar ataupun oleh-oleh yang cocok dari Papua. Keripik ini biasanya disajikan ke dalam tiga varian rasa yakni, pedas, manis dan gurih. Kamu bisa menemukan keripik ini di Kota Sorong karena hampir semua toko di sana menjual keripik khas ini.

10Sukun Goreng

[Foto: Kopisenja.com]

Yang terakhir, ada Sukun Goreng. Sekilas dari tampilannya memang terlihat sama dengan kripik sukun lain. Tapi sebenarnya rasanya berbeda guys, rasa Kripik Sukun Goreng khas Manokwari ini lebih guri, manis dan renyah sekaligus di lidah yang jarang ditemukan di kripik sukun Goreng lain. Hal ini dikarenakan tekstur buah sukun dari Manokwari ini lebih legit dari buah sukun lain. Nah cemilan ini cocok banget kan, buat nemenin kamu lagi santai. 

Demikian, beberapa makanan dari Papua Barat yang khas dan lezat untuk kamu coba. Bagaimana? Dari beberapa makanan di atas, mana yang sangat ingin kamu coba? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here