Nama Mangga Besar atau Mabes diambil dari sebuah pohon mangga berukuran besar yang kerap berbuah lebat di kawasan tersebut. Daerah ini juga merupakan salah satu kota Administratif Jakarta Barat. Banyak hal yang bisa ditemukan di wilayah ini, salah satunya adalah pusat perbelanjaan dan wisata kuliner.

Semua orang tahu, bahwa Mangga besar kerap dijadikan daerah tujuan wisata kuliner terutama untuk chinesefood, durian medan dan masih banyak lagi. Namun kamu harus sedikit lebih hati-hati, karena tidak semua makanan yang dijual masuk kategori halal. Berikut ini beberapa tempat kuliner yang wajib dikunjungi jika berada di sekitar Mangga Besar.

Mie Ayam Ampera Mangga Besar

[Foto: Youtube.com]

Wisata kuliner di Mangga Besar yang pertama adalah, mie ayam Ampera. Dengan uang kurang dari Rp.50.000, kamu bisa mendapatkan semangkuk mie dengan porsi besar yang teksturnya lembut. Dipadukan dengan potongan-potongan daging ayam, bakso sapi yang kenyal dan pangsitnya yang kaya rasa lengkap dengan potongan daun sawi dan sedikit tauge.

Ada beberapa pilihan jenis bakmie yang bisa dipilih, yaitu bakmie kecil, bakmie hijau atau bakmie lebar. Jika suka, tersedia juga kwetiau dan bihun. Sementara untuk topingnya, ada pangsit rebus, bakso sapi dan bakso goreng.

Sebetulnya mie ayam ini memang cabang dari mie ayam Ampera yang berada di Jalan Ampera 4, Pademangan Barat yang sudah lebih dulu dikenal. Mienya sendiri dibuat langsung di dapur tanpa tambahan bahan pengawet. Menu ini juga bisa dipilih sebagai sarapan berat, karena restoran kuliner di Mangga Besar ini juga sudah mulai melayani pengunjungnya sejak pukul 07.00 wib dan setiap hari senin, mie ayam Ampera yang terletak di Jalan Buni No.7, Taman Sari, Mangga Besar ini tutup.

Baca Juga : Wajib Dicoba, 5 Restoran Nasi Padang Terbaik di Jakarta

Henis

[Foto: Id.openrice.com]

Henis adalah restoran yang berada di Jl. Raya Mangga Besar No.27. Banyak sekali menu yang bisa dicicipi di sini. Mulai dari aneka roti yang rasanya berbeda dengan roti-roti di toko terkenal lainnya, hingga beraneka menu makanan berat.

Meskipun ukuran rotinya kecil, begitu digigit terasa begitu empuk dan isiannya sangat melimpah. Inilah yang menjadi alasan roti Henis menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Mangga Besar yang tidak boleh dilewatkan. Roti isi bakso ayam, bakso cincang, roti isi cokelat atau roti isi cokelat keju bisa kamu coba.

Ternyata sebuah roti tidak cukup mengganjal, kini saatnya memilih makanan berat. Di sana banyak sekali pilihan menu makanan seperti, nasi sapo tahu, nasi sapi lada hitam, soto daging, dan masih banyak lagi. Sementara untuk minumannya, ada jus kedondong yang rasanya sulit ditemukan di tempat lain. Untuk satu orang pengunjung bisa menghabiskan minimal Rp.50.000 untuk porsi kenyang.

Bubur Ayam Mangga Besar 1

[Foto: Majalahkartini.co.id]

Tujuan wisata kuliner di Mangga Besar berikutnya adalah bubur ayam Mangga Besar 1 yang terletak tepat di Jalan Mangga Besar 1 No. 46A, Taman sari, Jakarta Barat. Bubur ayam ini ternyata sangat lezat, sehat dan pastinya halal. Semangkuk bubur polos yang rasanya sudah enak ini bisa dinikmati dengan berbagai macam campuran toping. Ada pilihan ayam rebus nan gurih, telur asin, telur pitan, cakue, tahu kecap, hati dan ampela ayam, ayam panggang bahkan sayur asin.

Sementara untuk harganya, berkisar Rp.50.000 hingga Rp.100.000 per orangnya. Untuk semangkuk bubur, harganya memang lumayan mahal, tapi semua terbayar, begitu melihat dan merasakan semua toping yang menggugah selera, tersaji di depan mata. Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung, bahkan beberapa kali sempat terlihat antrian panjang untuk masuk ke dalam restoran.

Itulah beberapa tempat yang bisa dijadikan wisata kuliner di Mangga Besar, Jakarta Barat. Dari mulai mie, roti dan bubur, semuanya sangat berkesan dan pastinya membuat kamu ingin berkunjung ke tempat-tempat itu dalam waktu dekat. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here