Blitar adalah salah satu kota yang tidak terlalu besar seperti Surabaya dan Malang atau bisa dikatakan Blitar sebagai salah satu kota kecil di daerah  Jawa Timur. Meski disebut kota kecil tapi Blitar terkenal dengan lahirnya tokoh pahlawan proklamator yaitu Ir. Soekarno maka dari itu Blitar biasa disebut bumi Bung Karno. Tak hanya itu blitar juga banyak sekali tempat wisata yang terkenal seperti Makam Bung Karno, Pantai, Air Terjun dan juga banyak wisata edukasi  seperti kampung coklat. Selain itu wisata kuliner di Blitar tak kalah enaknya loh dari kota–kota lain. Berikut ini adalah wisata kuliner legendaris yang ada di Blitar yang wajib kamu cicipi.

1Soto Bok Ireng

[Foto: Samkuliner.com]

Soto bok ireng adalah soto daging khas Blitar disebut bok ireng karena tempatnya yang disamping bok atau jembatan aliran air yang berwarna ireng atau hitam. Warung soto bok ireng ini berada ditengah tengah kota blitar terletak di jl kelud kepanjen lor. Tempatnya sangat mudah ditemui karena dekat alon alon kota blitar. Rasa soto daging ini sangat enak dengan cara masaknya yang masih tradisional dengan tungku dibuat dari tanah liat sehingga menjadikan rasa soto enak dan gurih yang membuat ingin nambah lagi. Porsi dari soto ini terbilang sedikit karena disajikan hanya dengan mangkok kecil. Sehingga banyak pembeli memesan 2 porsi tetapi tidak akan kecewa dengan rasanya yang lezat. Satu porsi soto bok ireng bisa kamu beli dengan harga 10 ribu rupiah saja.

2Warung Nasi Pecel Mbok Bari

[Foto: Bokbari3.business.site]

Pecel juga termasuk makanan khas blitar dan nasi pecel paling enak kalau dibuat untuk sarapan. Nasi pecel di Blitar yang terkenal dan legendaris adalah pecel mbok bari. Nasi pecel Mbok Bari ini mempunyai banyak cabang di Blitar salah satunya di jln Ir Soekarno no. 189 Sentul Kepanjen Kidul Kota Blitar. Warungnya sangat dekat dengan Makan Bung karno. Jadi jika kamu berkunjung ke Makam Bung Karno kamu bisa mampir ke warung Mbok Bari ini. Nasi Pecel ini terdiri dari nasi, daun singkong, tauge, sambel pecelnya juga tempe sebagai lauknya.

3Ayam Bakar Bu Mamik

[Foto: Garnesia.com]

Ayam bakar Bu Mamik terkenal dengan nuasa jawa kental yang bisa dilihat dari bangunannya yang berbentuk joglo. Selain itu  di tempat ini juga ada lagu-lagu jawa yang diputar untuk menemani kamu saat menikmati hidangan makanan disini. Warungnya terletak di jln Kalimantan 11A Kota Blitar. Ayam bakarnya begitu lezat dan empuk dan menjadi menu utama dari warung ini.  Tak hanya ayam bakar disini juga ada menu lainnya seperti ayam goreng, ikan bakar, ikan goreng, sayur lodeh dam menu lainnya. Ayam bakar bu mamik ini biasanya juga disewakan  untuk acara seperti wisuda, resepsi penikahan,rapat, dan reui. Kebetulan ayam bakar bu mamik ini memiliki tempat yang sangat luas.

Baca Juga : 5 Nasi Pecel Madiun Legendaris dan Ngehits Abis

4Warung Bu Martumi

[Foto: Deskgram.net]

Warung tewel bu martumi ini terkenal dengan warung deso karena memang berada didesa. Tapi jangan salah meskipun berada didesa tapi sayur lodeh tewel bu martmi  sangat terkenal dan enak loh. Warungnya terletak  di desa Ngoran kecamatan Nglegok Blitar. Menu utama yang dijual di warung bu martumi adalah sayur lodeh tewel dan juga  tewel dan juga ayam lodho. Tak hanya sayur tewel disini juga ada menu masakan desa lainnya. Warung ini buka pada pukul jam 05.00-19.00.

5Tahu Bumbu Lawu

[Foto: Ngopibareng.id]

Warung Tahu bumbu lawu terletak di jalan Lawu kota Blitar. Tahu bumbu biasanya menggunakan lontong tapi bisa juga menggunakan nasi. Biasanya orang juga menyebutnya bumbu tahu. Bumbu tahu enak jika dimakan pada malam hari. Bumbu tahu dibumbui sederhana dengan tahu yang setengah matan, kacang, tauge, bawang goreng dan kecap diatasnya. Tahu bumbu lawu ini sangat terkenal di Blitar karena memiliki rasa yang khas dan berbeda dari yang lainnya. Selain itu lokasi warungnya berada dipusat kota Blitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here