Tak hanya menyimpan keindahan alam yang menarik dan seru untuk dieksplorasi, Banyuwangi pun memberikan pengalaman wisata kuliner yang punuh akan cita rasa. Saat saya merasa lapar di tengah jalan-jalan di Banyuwangi, saya tak khawatir sebab banyak makanan yang tidak hanya enak tapi juga murah meriah. Berikut daftar tempat kuliner di Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

1Pecel Pitik

[Foto: Liputan6.com]

Desa Adat Osing Kemiren tidak hanya menawarkan kebudayaan tradisional yang unik, tetapi juga kuliner yang lezat bernama Pecel Pitik. Makanan ini biasa disajikan saat acara adat. Santapan satu ini serupa dengan pecel yang biasa ditemui. Pecel Pitik berbahan dasar ayam kampung yang diurap dengan bumbu dan taburan kelapa parut.

Kelapa yang digunakan tidak dimasak.  Namun justru hal ini yang membuat kuliner khas Banyuwangi Pecel Pitik terasa enak dan lezat. Untuk bisa mencicipi kuliner satu ini, pastikan datang saat menjelang perayaan adat masyarakat Banyuwangi. Daerah ini berada di Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

2Sego Cawuk

[Foto: Youtube.com]

Nasi atau Sego Cawuk ialah makanan yang bahan dasar pangan ini adalah nasi yang tabur oleh parutan kelapa, lalu ditambahkan kuah yang dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan. Jika penasaran aka rasa Sego Cawuk, datanglah ke Warung Bu Mantih yang menyediakan kuliner populer Banyuwangi ini.

Warung ini ada di Jalan Wahid Hasyim Prejengan, Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten. Kisaran harga Kuliner khas Banyuwangi ini mulai dari 7.000 rupiah sampai 15.000 rupiah.

3Sego Tempong

[Foto: Tempong.cookpad.com]

Sebetulnya kuliner ini mirip dengan nasi campur. Nasi putih disajikan dengan bermacam lauk yang dilengkapi sambal khas bernama sambal tempong. Jika ingin mencicipinya, kita bisa datang langsung ke Warung Mbok Wah. Harga yang dipatok untuk seporsinya sangat murah, hanya 7.000 rupiah.

Baca Juga 5 Kuliner Khas Surabaya yang Enak dan Murah Meriah di Pagi Hari

Ingin mencicipi Kuliner khas Banyuwangi. Datang saja ke warung ini yang terletak di Jalan Gembrung No. 22, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Tempat ini mulai buka pukul 8.00 pagi sampai pukul 23.00 malam.

4Rujak Soto

[Foto: Soto.id.tastemade]

Rujak Soto khas Banyuwangi ini menggabungkan dua jenis makanan dalam satu piring, yakni rujak yang disiram dengan kuah soto. Selain unik, rasanya pun sudah pasti enak. Rujak ini diracik seperti biasa, lalu ditambah dengan kuah soto yang dilengkapi daging babat serta telur puyuh.

Makanan unik ini bisa kita temukan di Warung Mbok Mbret, di Jalan Raya Jember Nomor 72, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Untuk seporsi Rujak Soto Harganya sekitar 20.000 rupiah. Tempat ini di buka jam 8.00-16.00 sore.

5Sego Bungkus

[Foto : Soto.id.tastemade.com]

Meski dinamakan demikian, untuk menikmati santapan ini tak harus dibawa pulang. Hal ini karena nasi dibungkus memakai daun pisang. Di warung Bu Poer ada beberapa pilihan nasi yang bisa kita pilih sesuai selera seperti nasi merah, nasi putih, nasi jagung, dan nasi kuning. Lauknya pun terdapat beragam pilihan. Ada ayam goreng, oseng-oseng, berbagai olahan ikan serta gudeg.

Kuliner khas Banyuwangi ini bisa kita santap di Warung Bu Poer, lokasinya berada di Jalan PB Sudirman, Kabupaten Banyuwangi. Jam Operasional mulai dari 06:30 sampai 12:00 siang. Jadi sebelum kehabisan lebih baik datang lebih awal. Harga Sego Bungkus masih tergolong murah kita hanya perlu membayar Rp 12.000,- saja.

Itulah benerapa santapan kuliner khas Banyuwangi yang tak hanya hemat di kantong tapi rasanya sangat nikmat dan lezat, tentu wajib untuk dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here