Cirebon, sebuah kota yang menjadi perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa tengah ini tak hanya kaya oleh wisata budaya dan sejarah. Tapi, Cirebon juga kaya akan beraneka ragam kuliner yang patut kamu coba saat berkunjung ke sana.

Contohnya nasi jamblang, kuline khas Cirebon yang kelezatannya sudah dikenal hingga penjuru Indonesia. Nah, pada tulisan kali ini, amazingindonesia.com telah merangkum beberapa kuliner Cirebon yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Berikut selengkapnya.

5 Kuliner Cirebon yang Wajib Kamu Coba

Nasi Jamblang

Jika Jogjakarta punya nasi kucing, maka Cirebon punya nasi jamblang. Yap, Nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus kecil mirip nasi kucing tapi dengan versi berbeda. Nah, jika nasi kucing dibungkus daun pisang, maka nasi jamblang dibungkus daun jati. Untuk lauk pauknya, nasi jamblang punya banyak pilihan. Mulai dari daging, tempe, sate telur puyuh, cumi, paru, tetelan, pepes, dan masih banyak lagi.

Ciri khas nasi jamblang juga terletak pada sambalnya yang terbuat dari irisan cabai merah yang tidak terlalu pedas. Jika kamu ingin mencicipi kuliner satu ini, kamu bisa mengunjungi nasi jamblang ibu Nur berlokasi di Jalan Cangkring II No. 34, Kejaksan, Kota Cirebon. Buka setiap hari dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Nasi Jamblang Cirebon
Nasi Jamblang Cirebon

Empal Gentong

Selain nasi jamblang, Cirebon juga memiliki kuliner Empal Gentong yang kelezatannya patut diacungi jempol. Seperti namanya, empal gentong memang empal yang disimpan di dalam gentong (periuk tanah liat).

Sekilas empal gentong mirip dengan gule, tapi untuk empal gentong penyajiannya menggunakan daun kucai dan sambal berupa cabai kering giling. Daging yang digunakan untuk membuat kuliner satu ini adalah usus, babat, dan daging sapi.

Jika kamu berminat untuk mencoba kelezatan empal gentong Cirebon, kamu bisa mencicipi empal Gentong H. Apud yang merupakan rumah makan empal gentong paling populer di Cirebon. Kini Empal Gentong H. Apud memiliki tiga cabang yang tersebar di sekitar Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev), Jalan Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi.

Empal Gentong Cirebon
Empal Gentong Cirebon

Tahu Gejrot

Jika nasi jamblang dan empal gentong merupakan menu berat, lain hal dengan tahu gejrot. Taku gerjot merupakan kuliner khas Cirebon yang mudah sekali ditemukan bahkan di luar kota Cirebon. Porsinya yang kecil, membuat tahu gejrot lebih cocok dikategorikan sebagai cemilan atau jajanan khas Cirebon.

Di Daerah asalnya, tahu gejrot bisa dengan mudah kita temukan di Pasar Kanoman, tepatnya di persimpangan Jalan kanoman dan Jalan Lemah Wungkuk. Ciri khas tahu gejrot terletak pada rasanya yang tawar, tekstur kulit yang tebal denga nisi yang tidak begitu padat. Disajikan bersama cabe rawit yang diulek dengan bawang merah, gula merah lalu disiram dengan kuah gejrot, membuat rasa tahu gejrot semakin menggugah selera.

Satu porsi tahu gejrot dihargai mulai dari 5 ribu rupiah sampai 10 ribu saja.

Tahu Gejrot Cirebon
Tahu Gejrot Cirebon

Keruput Melarat

Jika biasanya kerupuk diolah dengan menggunakan minyak panas di atas wajan, berbeda dengan kerupuk melarat.

Dinamakan kerupuk melarat karena dalam proses pengolahannya tidak menggunakan minyak seperti kerupuk pada umumnya, melainkan  dengan menggunakan pasir. Pasir yang digunakan untuk menggoreng kerupuk bukanlah sembarang pasir, melainkan pasir pegunungan yang sudah melewati proses pengayakan.

Ciri khas lain dari kerupuk melarat selain proses pengolahannya adalah warnanya yang beraneka ragam, seperti merah, putih, dan hijau. Kamu bisa dengan mudah menemukan kerupuk ini di pusat oleh-oleh Cirebon.

Kerupuk melarat Cirebon
Kerupuk melarat Cirebon

Tape Ketan daun jambu

Selain kerupuk melarat, Cirebon juga makanan khas berupa tape ketan yang dibalut dengan daun jambu. Tape ketan ember, banyak yang menyebutnya begitu karena memang dikemas dalam ember hitam. Dan ternyata, setelah dibuka tutup embernya, siapa sangka di dalam ember tersebut ada berpuluh tapai berbalut daun jambu air bercita rasa legit dan menjadi favorit banyak orang.

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba cita rasa dari tape ketan yang dibalut daun jambu, kamu bisa berkunjung sentra oleh-oleh makanan dan minuman khas di desa wisata cigugur.

tape ketan daun jambu cirebon
tape ketan daun jambu Cirebon

Nah, itulah beberapa kuliner Cirebon yang berhasil kami rangkum untuk kamu. Jadi, jika kamu singgah di kota yang mendapat julukan kota udang, jangan lupa mencicipi kuliner di atas ya.

Apabila kamu memerlukan jasa rental mobil Cirebon untuk mengunjungi satu persatu tempat kuliner di Cirebon dan sekitarnya, kamu bisa sewa mobil di Cirebon melalui nomor 08156407913. Untuk harganya juga bervariasi loh. Oh ya, untuk info lengkap sewa mobil Cirebon.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here