Kamu pecinta durian? Pernahkah datang ke Durian Fair atau Festival Durian? Apa yang biasanya kamu lakukan di sana? Apakah menikmati legitnya buah durian ataukah menikmati beragam olahan durian yang berasal dari berbagai daerah di nusantara?

Durian Fair 2017
Durian Fair 2017

Hari Minggu, 7 Agustus 2017, saya berkesempatan datang ke Durian Fair yang diselenggarakan di Teras Berlian, Blok M Square, Jakarta. Event ini ternyata telah berlangsung sejak 1 Agustus 2017 dan berakhir 7 Agustus 2017. Untunglah, saya masih berkesempatan menikmati durian dan berbagai olahannya di hari terakhir festival ini.

Durian fair 2017
Durian Fair 2017. Foto: dok.pribadi.

Durian Fair atau Festival Durian digelar setiap tahun dengan tujuan mengenalkan pusat perbelanjaan Blok M Square kepada masyarakat luas. Selain itu, Durian Fair juga diselenggarakan dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal berbagai varian durian lokal, yang kualitasnya layak bersaing dengan kualitas durian import.

“Kami minta para pedagang membawa durian lokal terbaik. Meskipun demikian, harga harus tetap terjangkau,” tutur Winda dari Event Organizer Jaya Makmur Sentosa.

Durian fair ini diikuti lebih dari 20 pedagang dengan berbagai jenis durian yang ada di Indonesia. Ada durian dari Medan, durian dari Palu, Semarang, Poso, Rancamaya, Sukabumi, Sidikalang, dan masih banyak lagi. Dengan datang ke sini, kamu dijamin bakal puas menikmati menu-menu makanan berbahan dasar durian maupun menikmati buah duriannya. Selain bisa langsung menikmati di tempat, kamu juga bisa membawa pulang buah durian atau menu-menu makanan berbahan dasar durian tadi sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah.

Menu makanan berbahan durian seperti apa yang bisa ditemukan di Durian Fair ini? Tentu saja ada banyak sekali karena penyelenggara telah menghadirkan 30 pedagang makanan berbahan dasar durian. Di sini, kamu bisa menikmati durian dalam bentuk olahan es krim, pancake, durian bakar, dan menu lainnya. Kamu tinggal pilih menu olahan durian yang kamu inginkan dan tak lama kemudian makanan tersebut siap disantap.

Es krim durian harga 30K
Es Krim Durian Harga 30rb. Foto: dok.pribadi.

Selain berbagai jenis buah durian beserta olahannya, kamu juga bisa menemukan bursa bibit durian dan pupuknya di sini. Bagi yang ingin belajar cara menanam durian juga bisa mendapatkan informasi lengkap dari para penjual buah durian. Para penjual tersebut kebanyakan tahu dan memiliki kebun durian sendiri. Setelah tanya-tanya dan sudah memahami ilmu menanam durian, beli sekalian bibitnya di sini, ya.

Untuk dapat melakukan transaksi di Durian Fair, kamu perlu membeli voucher terlebih dahulu. Voucher berbentuk pecahan 5rb, 10rb, 20rb, hingga 50rb tersebut bisa didapatkan di loket atau kasir. Belilah voucher sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Setiap stan di Durian fair tidak menerima transaksi dalam bentuk uang tunai, jadi pakainya ini.
Setiap Stan di Durian Fair 2017 Tidak Menerima Transaksi dalam Bentuk Uang Tunai, Namun Menggunakan Voucher. Foto: dok.pribadi.

Dari pengamatan saya saat berada di Durian Fair, ada banyak sekali pecinta durian yang sengaja datang ke sini demi bisa menikmati durian. Itu sebabnya, wajar saja tempat ini sangat penuh, bahkan ketika sedang menikmati es krim durian saya terpaksa berdiri karena semua tempat duduk telah terisi penuh.

“Saya dari Bekasi. Datang ke sini sekalian jalan-jalan ke Blok M Square. Mumpung anak-anak libur. Kebetulan saya dan suami pecinta durian dari zaman kuliah dulu,” tutur Bu Ita sambil menikmati es mabok durian. Dua anak Bu Ita, masing-masing berusia 7 dan 10 tahun, duduk di sebelah Bu Ita dan terlihat asyik menikmati dodol Betawi. Tak jauh dari posisi kami, Pak Wawan (suami Bu Ita) sedang melakukan tawar-menawar dengan salah satu pedagang yang menjual durian Medan.

proses pembuatan dodol betawi di durian fair
proses pembuatan dodol betawi di durian fair 2017

Selain buah durian, di sini juga tersedia buah nangka dengan tingkat kemanisan pas, cotton candy yang digemari anak-anak, dan bisa pula menyaksikan cara membuat dodol Betawi. Gimana? Menarik, bukan? Bagi kamu yang belum sempat datang, jangan bersedih hati. Kamu masih berkesempatan datang ke Durian Fair tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here