Berkunjung ke Ibu Kota Sumatera Selatan, rasanya tak komplet bila belum membawa buah tangan khas Palembang ke rumah. Dikenal dengan pempeknya yang telah menyebar ke seluruh daerah Indonesia. Kota Palembang pun memiliki beragam oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan.

Oleh karena itu, simak 7 macam oleh-oleh khas dari Palembang yang wajib kita coba dan bawa pulang di bawah ini.

1Pempek

[Foto: Tripadvisor.co.id]

Penganan khas satu ini wajib disantap ketika berada di Palembang. Jadi, bila kita sudah berada di Palembang, pempek merupakan makanan yang tak boleh terlewatkan. Selain dimakan ditempat, pempek ini juga menjadi oleh-oleh khas Palembang favorit para wisatawan terutama pengunjung domestik. Terdapat pula berbagai jenis pempek yang bisa dipilih.

2Kemplang

[Foto: Cookpad.com]

Kemplang ialah kerupuk yang dibuat dari ikan di daerah sumatera seperti Bangka dan Palembang. Kemplang bertesktur kasar tetapi renyah dan mudah untuk dikunyah. Meski ada terdapat banyak cara memasak kemplang. Namun, yang khas yakni dibakar di atas bara api. Sehingga bau dan rasa sangat khas. Biasanya kemplang dimakan dengan sambal terasi.

3Pecah Seribu

[Foto: Shopee.co.id]

Selain kemplang ada pula jenis kerupuk lain yang terkenal di Palembang yaitu pecah seribu, oleh-oleh khas Palembang ini khas sama-sama terbuat dari ikan namun dengan cita rasa yang berbeda. Bahan yang dipakai untuk membuat pecah seribu hampir sama dengan kerupuk ikan biasa. Hal yang membuatnya berbeda ialah proses pembentukannya.

Kalau kebanyakan kerupuk ikan digoreng biasa saja, maka kerupuk ini mempunyai teknik berbeda sewaktu menggoreng. Proses penggorengannya yang membuat kerupuk ini mempunyai tekstur unik sehingga terlihat retak pecah atau retak seribu.

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Malang Paling Favorit dan Harus Dibeli

4Engkak Ketan

[Foto: Tokopedia.com]

Kue tradisional oleh-oleh khas Palembang ini dapat dijadikan oleh-oleh. Engkak ketan ini dibuat dengan memakai tepung ketan serta santan ini rasanya legit. Apabila dilihat dari bentuknya, kue ini mirip dengan lapis legit. Tapi tentu rasanya berbeda, teksturnya pun beda dengan lapis legit. Kue khas ini memang agak susah dicari, adapun toko oleh-oleh yang masih menjual kue khas ini dalam jumlahnya terbatas.

5Kue Maksuba

[Foto: Tokopedia.com]

Kue maksuba adalah jenis kue lapis dari Palembang. Kue ini disajikan hanya di acara khusus dan tamu-tamu tertentu. Membuat kue maksuba mempunyai arti khusus tersendiri. Secara tak langsung mengutarakan penghormatan pada tamu maupun dalam acara tertentu. Biasanya sering ditemui saat lebaran, acara pernikahan, dan lain sebagainya.

6Kue Delapan Jam

[Foto: Tokopedia.com]

Proses pembuatan kudapan oleh-oleh khas Palembang ini memakan waktu sekitar delapan jam. Bahan-bahan kue delapan jam ini hampir mirip dengan kue matsuba. Tetapi proses memasak kue tradisional ini di kukus. Warna coklat dan kepadatan kue diperoleh dari waktu masak yang lama, makin lama dimasak maka makin enak rasanya.

7Ikan Salai

[Foto: Travel.tempo.co]

Banyak yang belum mengetahui kalau Palembang mempunyai jenis kuliner khas selain pempek. Misalkan ikan salai yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat kembali berlibur dari Palembang. Ikan salai merupakan jenis ikan yang diawetkan dengan cara diasap. Hampir mirip dengan ikan cakalang yang populer di Minahasa, ikan salai memiliki cita rasa nyaris serupa.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa membuat kita jadi ketagihan. Tak lupa bila berkunjung ke bumi Sriwijaya, selain mencicipi makanan khas yang lezat tentunya kita bawa sebagai oleh-oleh khas Palembang. Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu memilih kudapan untuk dibawa pulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here