Home ยป Blog

Komoditas Apa Yang Menjadi Tujuan Utama Bangsa Asing Datang Ke Indonesia

Daftar Isi

Apa tujuan bangsa Eropa Portugis Spanyol Belanda dan Inggris datang ke Indonesia?

Kedatangan mereka tidak hanya berdagang, melainkan juga mengambil alih perdagangan dan menguasai wilayah di Indonesia penghasil rempah-rempah.

Apa arti dari kata Komoditi?

Pengertian Komoditas/komoditi

Komoditas adalah sebuah produk atau barang yang bisa diperdagangkan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Perdagangan komoditas juga dapat dilakukan dengan cara menukarnya dengan produk atau barang yang, dengan catatan nilai dari kedua barang tersebut sepadan.

Komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang?

komoditas rempah-rempah merupakan komoditas utama yang menarik bagi para pedagang-pedagang untuk singgah ke pelabuhan di Indonesia.

Apa tujuan utama bangsa Portugis datang ke Indonesia?

Tahun kedatangan: Portugis datang pada tahun 1511. Tempat/Daerah: Portugis mendarat di wilayah Selat Malaka. Tujuan: Mencari dan memperoleh keuntungan dari melimpahnya rempah-rempah di Indonesia, mencari kejayaan, serta menyebarkan agama.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Hidup

Apa arti dari kata komoditas?

Pengertian Komoditas/komoditi

Komoditas adalah sebuah produk atau barang yang bisa diperdagangkan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Perdagangan komoditas juga dapat dilakukan dengan cara menukarnya dengan produk atau barang yang, dengan catatan nilai dari kedua barang tersebut sepadan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Glory?

Dalam bahasa Indonesia, glory berarti kejayaan. Maksud dari semboyan glory bangsa Eropa ini adalah keinginan untuk mencari kejayaan.

Apa saja tujuan bangsa asing datang ke Indonesia sebelum kemerdekaan?

Awal mula tujuan Bangsa Barat melakukan pelayaran ke Indonesia adalah untuk mendapatkan rempah-rempah langsung dari sumbernya.

Apa dampak politik pada masa penjajahan bangsa Eropa?

Dampak Bidang Politik

Pada saat penjajahan bangsa-bangsa Eropa, banyak kerajaan di Indonesia yang kehilangan wilayahnya yang dikarenakan oleh semakin kuatnya pengaruh bangsa Eropa di Indonesia.

Komoditas apa yang paling menarik para pedagang untuk berdatangan ke Nusantara pada masa Hindu Buddha?

Jawaban. Pada masa Hindu-Budha, barang barang yang diperdagangkan bernilai ekonomi tinggi, antara lain logam mulia, perhiasan, kain tenun, barang pecah belah, kerajinan, ramuan wangi wangian, kapur barus, dan ramuan obat.

Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh bangsa Eropa yang datang ke Indonesia?

Jawaban: Beberapa dampak positif dan negatif dari penjajahan bangsa eropa adalah dampak positifnya penjajah eropa meninggalkan bangunan, infrastruktur, dan juga hukum serta pendidikan bagi masyarakat Indonesia, sedangkan dampak negatifnya adalah masyarakat sangat menderita karena adanya penjajahan.

Apa arti kata komoditas brainly?

komoditas adalah benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.

Mengapa bangsa asing tertarik untuk menguasai cengkeh?

Karena memiliki nilai komoditas atau harga yang tinggi, bangsa Eropa kemudian berusaha untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia.

Komoditas perdagangan apa saja yang diperjualbelikan pada masa Hindu Buddha?

Jawaban. Kayu Cendana, rempah-rempahan, dan emas.

Mengapa rempah-rempah merupakan salah satu komoditas yang sangat dicari oleh pedagang Eropa pada masa itu?

Rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh bangsa Eropa karena setiap tahun dilanda musim dingin, dan membutuhkannya untuk menghangatkan tubuh. Ketika dijadikan bumbu masakan atau bahan minuman, rempah-rempah dapat menghangatkan tubuh.

Apakah di Eropa tidak ada rempah-rempah?

Sedangkan di wilayah Eropa, iklimnya cenderung dingin sehingga beberapa tumbuhan tidak bisa tumbuh di sana. Kebutuhan rempah di setiap negara semakin bertambah, sementara persediaan rempah di negara-negara wilayah Eropa justru terbatas.

Apa maksud dan tujuan bangsa Spanyol datang ke Indonesia?

Tujuan utama bangsa Spanyol datang ke Indonesia adalah untuk mencari sumber rempah-rempah, yang saat itu sangat berharga dan hanya ditemukan di kepulauan Maluku. Pembahasan: Sebagaimana negara Eropa lain, Spanyol tertarik mencari berlayar ke Kepulauan Maluku, untuk mencari rempah-rempah.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah 3G?

Gold, Gospel, & Glory adalah salah satu konsep dalam topik mengenai periode peradaban bangsa Eropa di Indonesia. Periode ini merupakan bagian dari sejarah peradaban Indonesia modern.

Komoditas apa yang menjadi tujuan bangsa asing?

Jawaban: Komoditas yang menjadi tujuan utama bangsa asing datang ke Indonesia adalah rempah-rempah, seperti pala dan cengkeh lautan, pergunungan, dan SDA yg lain nya.

Komoditas apakah yang dicari oleh pedagang yang asing datang ke Indonesia?

Jawaban: Komodoti utama adalah rempah-rempah. Penjelasan: Karena, harga rempah rempah di pasar internasional sangat tinggi.

Komoditas apa yang menjadi tujuan utama bangsa asing datang ke Indonesia dan mengapa komoditas tersebut sangat dicari?

komoditas yg sangat di cari oleh bangsa eropa mencari rempah – rempah.

Mengapa rempah-rempah merupakan salah satu komoditas yang sangat dicari oleh pedagang Eropa pada masa itu *?

Bangsa Eropa menggunakan rempah-rempah untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari bumbu masak, obat-obatan, pengharum ruangan, minuman hingga bahan baku pembuatan kosmetik. Dengan demikian, itulah alasan mengapa bangsa Eropa mengincar rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan yang sangat laris di pasaran Eropa.

Baca Juga:  Apa Yang Dapat Diteladani Dari Nabi Harun As Jelaskan

Apakah komoditi dan komoditas itu sama?

komoditas adalah suatu produk yang diperdagangkan, termasuk valuta asing instrumen keuangan dan indeks. komoditi adalah sesuatu yg umumnya belum diolah, baik dpt diproses maupun dijual kembali.. jadi komoditi itu masih berupa barang mentah sedangkan komoditas merupakan barang jadi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan 3 G yaitu Gold Glory dan Gospel?

Mereka memiliki semboyan 3G yakni Gold (mencari kekayaan dengan berdagang), Glory (mencari kejayaan dengan meluaskan daerah jajahan), dan Gospel (menyebarkan agama Nasrani). Dalam sejarah, terdapat 4 bangsa Eropa yang pernah datang ke Nusantara dengan tujuan tersebut, yakni Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda.

Apa yang sering dicari bangsa Eropa yaitu?

Jenis rempah-rempah yang dicari dan dibutuhkan oleh bangsa Eropa adalah cengkih, lada, pala, dan bunga pala yang disebut fuli.

Apa saja jenis rempah-rempah yang dibutuhkan bangsa Eropa?

Ke-4 jenis rempah-rempah Nusantara menjadi rebutan Bangsa Eropa yaitu Cengkeh, Pala, Lada dan Kayu Manis.

Komoditas pertanian apa saja?

Komoditas pertanian adalah komoditas yang berasal dari hasil pertanian maupun perkebunan seperti beras, gandung, karet, sawit, kapas, kedelai, jagung, kopi, dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan Gold Glory dan Gospel brainly?

Gold adalah memperoleh kekayaan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak, dan bahan tambang, serta bahan-bahan lain yang sangat berharga. Glory adalah memperoleh kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Gospel adalah menjalankan tugas suci untuk menyebarkan agama Kristen.

Apakah arti kata komoditas?

Dikutip dari Investopedia, komoditas adalah barang yang bisa diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan atau dapat dipertukarkan dengan barang lain yang memiliki nilai yang sama. Kualitas untuk komoditas adalah pada dasarnya seragam umum sama untuk semua produsen, meskipun seringkali ada sedikit perbedaan.

Apa tujuan utama bangsa Eropa datang ke Indonesia pada abad ke 17?

Kedatangan mereka tidak hanya berdagang, melainkan juga mengambil alih perdagangan dan menguasai wilayah di Indonesia penghasil rempah-rempah. Portugis menjadi negara yang pertama kali sampai di Indonesia.

Apa yang menyebabkan rempah-rempah sangat dicari oleh para pedagang Eropa pada masa itu?

3. Jawaban: Kondisi Eropa yang dingin menyebabkan bangsa Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah. Rempah-rempah dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan dan penghangat tubuh saat musim dingin tiba. Selain itu, rempah-rempah dapat digunakan untuk menambah cita rasa masakan.

Apa tujuan awal bangsa barat datang ke Indonesia brainly?

Tujuan bangsa Barat menemukan dunia baru secara luas adalah 3 G (Gold, Dlory, Gospel). Sedangkan tujuan bangsa Barat datang ke Indonesia secara khusus adalah untuk memperoleh rempah-rempah dengan harga terjangkau.

Apa itu komoditas dan contohnya?

Di Indonesia, komoditas adalah diartikan sebagai barang dagangan, bahan mentah atau benda niaga. Mutu dari barang komoditas tersebut sesuai standar perdagangan internasional. Contohnya seperti kopi, beras, gandum, karet, jagung, dan lainnya.

Bagaimana dampak datangnya bangsa Eropa dalam bidang ekonomi?

Selain kerja paksa, berikut ini dampak lain dari kolonialisme dan imperialisme di bidang ekonomi: Monopoli dan penguasaan suatu daerah atau koloni oleh penjajah yang menimbulkan situasi yang tidak sehat dalam hal perdagangan. Perekonomian bergeser dari pertanian pangan menjadi industri perkebunan.

Komoditas ekspor itu apa?

Komoditas ekspor Indonesia adalah barang-barang yang diperdagangkan oleh Indonesia ke negeri lainnya. Barang-barang ini dapat berupa bahan mentah maupun barang yang sudah jadi dan bermerk. Berikut ini adalah 10 komoditas ekspor Indonesia ke luar negeri.

Tujuan utama Portugis datang ke Indonesia adalah 3G Apa itu 3G dan jelaskan?

Ambisi tersebut dikenal dengan konsep 3G yaitu: Gold (keinginan untuk memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya), Glory (ambisi memperoleh kejayaan), dan. Gospel (keinginan untuk menyebarkan agama nasrani di Nusantara).

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Desain

Apa dampak penjajahan bangsa Eropa di Indonesia?

Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia membawa dampak dalam bidang sosial ataupun ekonomi. Salah satu dampak dalam bidang sosial adalah munculnya masyarakat yang menganut agama Katolik dan Kristen Protestan. Kedatangan Portugis yang membawa semangat 3G memengaruhi penyebaran agama Kristen dan Katolik di Indonesia.

Mengapa komoditas tersebut sangat dicari cari oleh bangsa Eropa?

Komoditas yang sangat dicari oleh Bangsa Eropa adalah Rempah-rempah. Bangsa Eropa mencari Rempah-rempah karena di Eropa tidak tumbuh Rempah-rempah karena Eropa memiliki 4 Musim.

Mengapa Orang Orang Eropa sangat menyukai rempah-rempah?

Rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh bangsa Eropa karena setiap tahun dilanda musim dingin, dan membutuhkannya untuk menghangatkan tubuh. Ketika dijadikan bumbu masakan atau bahan minuman, rempah-rempah dapat menghangatkan tubuh.

Mengapa Portugis mempunyai ketertarikan untuk menjelajah ke Asia dan menjajah Indonesia?

Portugis melakukan pelayaran ke Asia hingga menjajah Nusantara, untuk mencari asal dan menguasai perdagangan rempah-rempah, yang saat itu merupakan komoditas sangat berharga.

Apa saja komoditas unggulan yang bisa diinvestasikan di Indonesia?

Dilansir dari Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, komoditas unggulan Indonesia adalah udang, kopi, minyak kelapa sawit, kakao, karet, TPT, alas kaki, elektronika, otomotif, dan furniture.

Apa saja contoh komoditas?

Pada sektor perhutanan, beberapa contoh komoditas indonesia yang sudah banyak diekspor ke luar negeri adalah kapas, karet, sawit, atau rotan. Sedangkan komoditas pertanian mencakup berbagai macam hasil alam untuk dikonsumsi seperti gula, beras, kedelai, gandum, kopi dan masih banyak lagi.

Apa tujuan bangsa barat berbondong bondong datang ke Indonesia?

Kekayaan alam Indonesia yang melimpah telah menarik perhatian bangsa barat untuk datang ke Nusantara. Bahkan hampir di setiap daerah memiliki rempah pilihan serta mempunyai karakteristik dan cita rasa yang khas. Hal inilah yang menjadikan bangsa barat berbondong-bondong untuk masuk ke Indonesia dengan alasan berdagang.

Mengapa bangsa barat berusaha mendapatkan rempah-rempah dari Indonesia jelaskan?

Indonesia dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Rempah-rempah dicari bangsa Eropa karena manfaatnya sebagai penghangat dan bisa dijadikan pengawet makanan. Selain karena harganya yang mahal, memiliki rempah-rempah juga menjadi simbol kejayaan seorang raja pada saat itu.

Komoditas apa komoditi?

Kata komoditi bukan merupakan kata baku. Kata yang benar dan baku adalah komoditas.

Apa arti kata komoditas pada bacaan?

komoditas adalah benda berwujud yang nyata, atau bahan mentah dari hasil bumi suatu negara atau wilayah yang layak untuk diperjualbelikan di pasar internasional.

Apa komoditas yang paling dicari oleh Portugis sehingga datang ke Nusantara?

Bangsa Portugis melakukan pelayaran untuk mencari rempah-rempah, yaitu komoditas yang setara dengan emas pada masa itu.

Apa tujuan bangsa barat datang ke Indonesia pada abad ke 18?

tujuan bangsa barat ke Indonesia setelah abad ke 18 adalah mencari rempah rempah dan memperluas wilayah jajahan mereka.

Mengapa rempah-rempah banyak dicari orang Eropa?

Rempah-rempah dicari bangsa Eropa karena manfaatnya sebagai penghangat dan bisa dijadikan pengawet makanan. Selain karena harganya yang mahal, memiliki rempah-rempah juga menjadi simbol kejayaan seorang raja pada saat itu.

Komoditas apa saja yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di kepulauan Indonesia?

Jawaban. komoditas yg menarik minat para pedagang untuk mendatangi pelabuhan yg ada di kep. Indonesia adalah rempah-rempah. dibandingkan dengan perdagangan saat ini komoditas yg lebih diminati adalah tekstil, barang elektronik, dan makanan yg bersifat cepat saji.

Mengapa Orang Orang Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah?

Karena orang orang eropa membutuhkan rempah rempah untui dijadikan obat, pengawet makanan dan bumbu masakan.