Home » Blog

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Kegiatan Ekonomi

Daftar Isi

Apa kesimpulan dari kegiatan ekonomi?

kesimpulannya : kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka juga untuk memperoleh barang dan jasa, pemasaran dari barang dan jasa tersebut, hingga terjadinya transaksi atau penggunaan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengertian kewajiban?

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus atau wajib dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Apa saja contoh kegiatan produksi?

Beberapa contoh kegiatan produksi adalah pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin batik yang membuat batik, industri garmen yang menghasilkan pakaian, dan juga sebagainya. Setelah kegiatan produksi, kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan distribusi.

Apa saja yang termasuk dalam kegiatan ekonomi pertanian?

Jawaban: Kegiatan ekonomi pertanian yaitu di antaranya padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, umbiumbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Apakah yang dimaksud dengan motif ekonomi Sebutkan 4 macam motif ekonomi?

Motif ekonomi dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu Motif untuk memenuhi kebutuhan, Motif untuk berbuat sosial, Motif untuk Mendapatkan Penghargaan, serta Motif untuk Memperoleh Kekuasaan.

Sebutkan kegiatan ekonomi dibagi menjadi berapa?

Jenis kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi sendiri bisa terbagi menjadi tiga jenis atau kelompok, yaitu pertama produksi, kedua konsumsi, dan ketiga distribusi. Ketiganya ini memiliki hubungan yang saling berkesinambungan untuk bisa memenuhi kehidupan para pelaku ekonomi.

Baca Juga:  Kata Ganti Apa Yang Digunakan Untuk Mewakili Penulis Dalam Surat Dinas

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi brainly?

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan manusia untuk memperoleh barang dan jasa guna untuk memenuhi kebutuhannya.

Apakah kegiatan produksi yang dilakukan?

Pihak yang melakukan proses kegiatan produksi disebut dengan produsen. Aktivitas produksi bisa dilakukan dengan mengolah barang mentah ataupun setengah jadi. Ciri-ciri kegiatan produksi antara lain adanya proses pembuatan, menghasilkan barang atau jasa, dan bisa meningkatkan nilai guna barang atau jasa.

Apa yang dimaksud dengan konsumen?

Konsumen adalah orang atau organisasi yang membeli produk atau layanan. Istilah ini juga mengacu pada menyewa barang dan jasa. Mereka adalah manusia atau entitas ekonomi lainnya yang menggunakan barang atau jasa. Selain itu, mereka tidak menjual barang yang mereka beli.

Contoh kegiatan ekonomi apa saja?

Contoh Kegiatan Ekonomi Adalah Kegiatan Produksi, Kegiatan Konsumsi, Kegiatan Distribusi. Kegiatan Produksi adalah Semua kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau pun jasa.

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang konsumen?

Pengertian Konsumen menurut Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam pasal 1 angka (2) yakni: Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendir, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Perilaku konsumen seperti apa?

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban dan tanggung jawab?

a. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang secara sadar dan tanggung jawab sebagai bekal mendapatkan hak. b. Hak adalah sesuatu yang dimiliki oleh seseorang secara mutlak tetapi tetap menghargai hak orang lain.

Apa saja kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia?

Terdapat tiga macam kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan oleh masyarakat yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan biaya produksi brainly?

Jawaban : Biaya produksi => merupakan keseluruhan biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi suatu barang. Biaya produksi ini memiliki definisi yang berbeda dengan biaya operasional, bedanya dengan biaya operasional yaitu biaya operasional yang merupakan biaya atau pengeluaran oleh suatu perusahaan.

Apakah motif ekonomi itu Sebutkan 4 motif ekonomi?

Motif Memenuhi Kebutuhan. Motif Mendapatkan Keuntungan. Motif Menolong Sesama (Sosial) Motif Kekuasaan.

Apa arti dari kewajiban itu?

Kewajiban adalah hal-hal yang harus dilakukan dan dilaksanakan. Biasanya, dengan melaksanakan kewajiban, maka seseorang bisa mendapatkan Hak.

Apa yang dimaksud dengan konsumen menurut para ahli?

Menurut Sri Handayani (2012: 2) konsumen (sebagai alih bahasa dari consumen), secara harfiah berarti” seseorang yang membeli barang atau menggunakan jasa”; atau ”seseorang atau sesuatu perusahaan yang membeli barang tertentu atau menggunakan jasa tertentu” juga ”sesuatu atau seseorang yang menggunakan suatu …

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dan berikan contohnya?

kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. contoh : -kegiatan produksi merupakan kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang dalam memenuhi kebutuhan.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Sujud Syukur

Apa yang dimaksud dengan produksi dalam arti luas dan sempit?

Produksi dalam arti sempit adalah kegiatan untuk menghasilkan suatu produk atau barang, sedangkan dalam arti luas adalah mencakup semua usaha atau kegiatan yang dilakukan manusia yang bertujuan untuk menambah kegunaan suatu barang atau menciptakan fungsi atau faedah baru atas suatu barang dan jasa sehingga dapat …

Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan. Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah hal yang harus dilakukan oleh pihak tertentu secara tanggung jawab.

Apakah pertanian itu termasuk kegiatan ekonomi jelaskan?

Jawaban: Kegiatan ekonomi pertanian yaitu di antaranya padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, umbiumbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Tanaman ini mempunyai umur pendek (dapat dipanen tiga sampai enam bulan). … Orang yang bekerja dalam bidang pertanian atau orang yang mengolah tanah dan bercocoktanam disebut petani.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dan sebutkan tiga jenis kegiatan ekonomi?

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, distribusi, dan konsumsi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban?

Pengertian Hak dan Kewajiban

Mengutip dari modul “PPKN Kelas XI” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hak adalah segala sesuatu yang kita dapatkan setelah kita melaksanakan kewajiban. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab.

Apa itu konsumen dan contohnya?

Konsumen adalah orang yang membeli/memakai suatu barang atau produk.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi berikan contohnya?

Jawaban. •Kegiatan ekonomi= suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. -Produksi:produksi HP,produksi tahu,produksi sepatu,dll.

Apa yang dimaksud dengan produk dalam arti sempit?

Menciptakan barang dan jasa”. Menurut beberapa parah ahli, produksidalam arti sempit adalah → Kegiatan menciptakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan.

Apa saja 3 kegiatan ekonomi?

Tiga pokok kegiatan ekonomi adalah produksi, distribusi dan konsumsi. Tiga pokok kegiatan ekonomi adalah saling berkaitan satu sama lain. Proses produksi tidak ada artinya jika tidak ada proses distribusi dan konsumsi.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan distribusi?

Distribusi juga dapat diartikan kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan. Distribusi adalah kegiatan yang sangat penting agar produk dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen dengan efektif.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan menurut para ahli?

Menurut Anton M. Mulyono aktivitas artinya (kegiatan atau aktivitas) . jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non-fisik, merupakan suatu aktivitas. Sriyono juga berpendapat aktivitas adalah segala kegiatan yang dilaksanakan baik secara jasmani atau rohani.

Apa saja contoh kegiatan ekonomi di bidang perindustrian?

Aktivitas ekonomi industri merupakan usaha mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang setengah jadi. Contoh : Industri tekstil, obat-obatan, makanan kaleng.

Apakah yang dimaksud dengan kegiatan tersebut?

Jawaban. Jawaban: Aktivitas adalah kegiatan atau keaktifan jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non fisik.

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Interval

Apa yang kamu ketahui tentang konsumen berikan contohnya?

Konsumen primer, jenis konsumen dalam rantai makanan yang memakan produsen (tumbuhan). Umumnya, konsumen primer merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuhan). Contoh, sapi, kambing, domba, kuda, dan ulat. Konsumen sekunder, jenis konsumen dalam rantai makanan yang memakan konsumen primer.

Apa yang dimaksud dengan produksi dan apa yang dimaksud dengan produsen?

Produksi adalah kegiatan mengolah, mengelola, dan menghasilkan suatu barang atau jasa. Sementara produsen adalah orang yang memproduksi barang atau jasa.

Apa yang dimaksud dengan konsumen?

Konsumen adalah orang atau organisasi yang membeli produk atau layanan. Istilah ini juga mengacu pada menyewa barang dan jasa. Mereka adalah manusia atau entitas ekonomi lainnya yang menggunakan barang atau jasa. Selain itu, mereka tidak menjual barang yang mereka beli.

Identifikasikan 4 pelaku ekonomi dan apa saja kegiatannya?

Dalam kegiatan ekonomi 4 sektor, setidaknya harus ada 4 pelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian tersebut, yaitu rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri, dari keempat pelaku ekonomi ini terjadilah perputaran uang, barang dan jasa.

Apa yang dimaksud dengan motif ekonomi dan sebutkan 4 macam motif ekonomi?

Motif ekonomi adalah motivasi sebagai alasan yang mendorong seseorang atau organisasi untuk melakukan suatu kegiatan tindakan ekonomi guna mencapai suatu tujuan. Motif Intrinsik adalah motif ekonomi atas dasar kemauan sendiri. Motif Ekstrinsik adalah motif ekonomi yang berasal dari lingkungan (pihak luar).

1 Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?

Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak ada yang dapat hidup sendiri. Tidak ada seorang pun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya.

Apa yang dimaksud dengan produsen dan contohnya?

Produsen adalah organisme yang mempunyai kemampuan untuk memproduksi sendiri makanannya. Contoh produsen adalah tumbuhan hijau yang bisa memproduksi makanan dengan menggunakan sinar matahri melalui proses fotosintesis.

Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan. Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah hal yang harus dilakukan oleh pihak tertentu secara tanggung jawab.

Siapa saja yang termasuk ke dalam konsumen berikan contohnya?

Konsumen tingkat pertama (konsumen primer), adalah konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung, misalnya, hewan pemakan tumbuhan (herbivora), seperti zooplankton, ulat, belalang, tikus, sapi, kerbau, kambing, dan kuda. Konsumen tingkat kedua (konsumen sekunder), adalah konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama.

Apa pengertian dari konsumen brainly?

Jawaban. Jawaban: Konsumen adalah orang yang mengkomsumsi atau menggunakan barang yang tersedia. Konsumen adalah orang yang hanya menggunakan dan Produsen sebagai penghasil barang yang digunakan.

Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban beserta contohnya?

hak adalah hal yang memang menjadi keharusan yg diperoleh sesuai drajatnya. contoh : anak kecil memliki hak untuk bermain karena masanya adalah masa untuk bermain. kewajiban adalah hal yang mutlak harus dilakukan karena sesuai dg orangnya. contohnya : kewajiban seorang anak adalah belajar.