Membahas tentang gaya saat orang melakukan traveling, tentu setiap orang memiliki gayanya masing-masing. Ada yang ‘menggelandang’ dengan modal minim, ada juga yang royal dana demi perjalanan nyaman.  Nah, inilah bedanya traveling backpacker dan liburan ala turis yang menjadi dua kutub ekstrem mengenai cara melakukan perjalanan. Namun, tahukah kamu jika ada jalan tengah di antara dua kutub ekstrem ini? Istilah dari jalan tengah tersebut adalah traveling flashpacker.

Nah, membahas tentang kedua perbedaan gaya traveling ini, saya akan menganulir gaya liburan ala-ala mereka tetapi bahasannya lebih ke gaya ‘anak muda’. Kira-kira, gimana perilaku masing-masing dari pemilik gaya liburan ini?

Backpackers [Foto: usit.ie]

Backpacker biasanya didominasi oleh mahasiswa yang seringnya makan mie instan tiap akhir bulan alias lagi sekarat kantongnya tetapi masih ingin liburan. So, gaya inilah yang mereka pakai. Berbeda dengan flashpacker, pelakunya adalah anak-anak muda atau setengah tua yang didukung dengan kemampuan finansial yang lumayan menunjanglah ya. Mereka biasanya memiliki penghasilan yang mencukupi atau dapat bulanan dari orang tua, sehingga bisa menabung sedikit-sedikit untuk liburan.

Baca Juga : 5 Tips Liburan Murah Ini Cocok Banget Bagi Mahasiswa

Perbedaan gaya traveling selanjutnya adalah budget. Backpacker cenderung berorientasi pada dana minim dan prinsip ekonomi yang dipegang teguh. Berbanding terbalik dengan flashpacker. Mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak dari budget awal demi pengalaman. Kemudian, backpacker juga rela menggunakan kereta kelas ekonomi, berdesakan dalam bus, dan lain sebagainya. Biasanya, mereka akan mengambil alternatif trasnportasi yang murah. Sedangkan flashpacker waktu yang dimilikinya gak banyak, sehingga merek lebih memilih transportasi lebih tinggi agar sampai.

Flashpacker [Foto: panduanwisata.com]

Masih menyangkut budget. Kalau diharuskan naik pesawat, backpacker akan milih tiket pesawat promo yang lebih murah. Namun, guys! Jangan salah sangka, flashpacker juga sering kok ngambil tiket promo tapi balik lagi menyesuaikan jadwal mereka.

Perbedaan gaya traveling antara backpacker dan flashpacker lainnya adalah masalah tempat menginap, flashpacker tentu milih hotel. Mereka berpikir kalau tidurnya aja udah nggak nyaman, di mana letak enak liburannya?

Namun ini pengecualian  untuk backpacker, hotel justru jadi pilihan terakhir atau bukan pilihan sama sekali. Kalau dirunut, kira-kira pilihan akomodasi seorang backpacker itu seperti ini.

  • Pilihan pertama: Rumah teman.
  • Pilihan kedua: Rumah sesama traveler
  • Pilihan ketiga: Rumah warga setempat sekalian bercengkerama sesama penduduk lokal. Sosialisasi gitu.
  • Pilihan keempat: Dorm hostel. Biasanya mereka milih yang bisa campur, siapa tau nemu jodoh teman seperjalanan.
  • Pilihan kelima: Hotel ‘ngemper’ di stasiun atau mushola.

Nah, membahas perbedaan gaya traveling mereka, seorang backpacker cenderung cuek dengan penampilannya yang lebih mirip gembel. Ini semua demi beban bawaan yang ringan, mereka rela bawa pakaian secukupnya terpenting fungsional. Ganti baju pun kalau perlu. Pakaiannya kotor? Cuci sendiri di wastafel, kamar mandi, dan lain-lain yang  gratis.

Sementara, gaya penampilan kaum flashpacker lebih suka terlihat fashionable. Sense fashion mereka cukup tajam. Gimanapun, menurut mereka, wajib terlihat modis di depan kamera. Kata ‘flash’ dalam flashpacker kan berarti ‘gaya’.

Ada lagi nih yang jadi perbedaan gaya traveling mereka yaitu gadget yang dibawa. Backpacker lebih memilih smartphone plus kamera saku, SLR dengan satu lensa itu barang mewah. Sedangkan flashpacker akan membawa smartphone, iPad, laptop, plus peralatan memotret yang perlu tas sendiri.

Nah, itulah sedikit perbedaan gaya traveling antara backpacker dan flashpacker. Pada kesimpulannya, flashpacker adalah backpacker yang naik kelas.

Postingan ini tidak bermaksud menyudutkan pihak manapun. Karena baik kamu yang backpacker maupun flashpacker, yang penting bias melakukan perjalanan wisata dengan enjoy demi menikmati hidup yang semakin fresh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here