Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.508 pulau. Dengan pulau sebanyak itu, wajar saja kalau Indonesia memiliki puluhan kota dan ratusan kabupaten. Lantas, di kota mana saja sih kota termaju di Indonesia? Dilansir dari sahabatnesia.com, inilah 5 kota termaju di Indonesia.

5 Kota Termaju di Indonesia

Surabaya

Kota Surabaya
telasan.com

Surabaya memiliki sejarah yang panjang. Ikon kota ini adalah “sura” yang dilambangkan dengan ikan hiu dan “baya” yang berarti buaya, menjadi kota paling maju di Indonesia. Ibukota Provinsi Jawa Timur ini juga dikenal dengan nama “Kota Pahlawan”. Kamu pasti ingat dong kisah sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 10 November 1945?

Mengapa Surabaya menjadi kota termaju di Indonesia? Kota ini merupakan pusat perdagangan, industri, bisnis, dan pendidikan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Selain itu juga ditunjang dengan letaknya yang strategis, yakni berada di tengah-tengah wilayah Indonesia.

Kota ini juga memiliki jalur transportasi yang lengkap, baik udara, darat, maupun laut. Untuk bisa datang ke kota ini, kamu dapat menggunakan pesawat terbang karena di sini telah ada Bandara Juanda yang merupakan bandara internasional. Jalur transportasi lautnya juga sangat mendukung baik untuk angkutan penumpang maupun distribusi barang karena ada dua pelabuhan besar, yaitu Pelabuhan Ujung dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Industri-industri yang mendorong laju pembangunan perekonomian di Surabaya hingga saat ini, seperti industri galangan kapal, pengolahan makanan, elektronik, alat berat, dan juga perabotan rumah tangga.

Prestasi yang pernah diraih Surabaya:

  • Penghargaan Citynet Kategori Kota Partisipasi Terbaik se-Asia Pasifik (2012).
  • Asian Townscape Award (2013).
  • Penghargaan Future Gov Award (2013).
  • Socrates Award kategori City of The Future (2014).
  • dll

Jakarta

Kota Jakarta
hoganlovells.com

Bagi warga Indonesia, siapa yang tak kenal dengan kota yang satu ini, Jakarta. Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia. Rasanya sudah tidak perlu dijelaskan lagi sebab kota ini menjadi kota paling maju di Indonesia. Jakarta juga memiliki julukan miniaturnya Indonesia. Semua tumpek-blek di Jakarta.

Sebagai kota metrpolitan, Jakarta memiliki infrastruktur yang menunjang aktivitas masyarakat perkotaan, seperti jalan, bandara, pelabuhan dan lain sebagainya. Dengan modernisasi dan pembangunan yang terus mengarah menjadi lebih baik, wajar saja jika Jakarta menjadi pilihan utama keberadaan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN.

Ada dua bandara internasional di Jakarta, yakni Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma. Soal pelabuhan, Jakarta memiliki salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia, yaitu pelabuhan Tanjung Priok. Laju pertumbuhan ekonomi dan industri di Jakarta cukup pesat mengingat tersedianya transportasi dan infrastruktur yang modern. Jadi, wajar saja jika Jakarta tumbuh pesat dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Medan

Kota Medan
fotografermedan.net

Selanjutnya adalah kota Medan. Kota ini merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara dan termasuk salah satu kota terbesar di luar Pulau Jawa. Medan menjadi salah satu kota termaju di Indonesia karena kota ini menjadi pintu gerbang perdagangan di wilayah Indonesia Barat.

Memiliki bandara dan pelabuhan yang menunjang perekonomian, membuat Medan mendapat urutan ketiga kota termaju di Indonesia. Bahkan untuk pelabuhannya, Pelabuhan Belawan, merupakan pelabuhan paling sibuk di luar Pulau Jawa.

Pada 2016 lalu, salah satu hotel yang ada di Medan JW Marriott mendapatkan penghargaan berupa LTG Global Awards dari Luxury Travel Guide (LTG). Penghargaan ini menjadi simbol puncak prestasi di industri perhotelan.

Balikpapan

Kota Balikpapan
http://puspaamjadws.student.umm.ac.id

Di urutan keempat terdapat Kota Balikpapan. Pada 2015 lalu, Balikpapan dinobatkan sebagai kota paling dicintai sedunia versi WWF lewat program We Love Cities mengalahkan Paris, Seoul, dan ke-47 kota lain di dunia.

Kota yang kaya akan sumber daya alam, seperti pertambangan, laut, dan hutan, menjadikan Balikpapan sebagai salah satu kota dengan tingkat perkembangan yang pesat. Bandara internasional di kota ini bernama Sultan Aji Muhammad Sulaiman, sementara dua pelabuhan besar yang dimilikinya, yakni pelabuhan ferry dan Pelabuhan Semayang, ternyata menjadi pintu masuk bisnis dan perdagangan yang ramai hingga mendorong pertumbuhan ekonomi di kota ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Beberapa penghargaan yang pernah didapatkan:

  • Kota terbersih se-Asia Tenggara.
  • Kota paling tertib se-Indonesia.
  • Kota Adipura sebanyak 17 kali.
  • dll

Malang

Kota Malang
http://himawanwicaksono.student.umm.ac.id

Malang adalah kota terbesar nomor dua di Jawa Timur setelah Surabaya. Banyak universitas dan politeknik negeri maupun swasta berada di kota ini hingga menjadikan kota ini sebagai kota favorit bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, tentunya setelah kota Jogjakarta.

Perekonomian di kota ini ditunjang adanya berbagai sektor, seperti perdagangan, industri, jasa dan yang hits saat ini adalah pariwisata. Di bidang pariwisata, Malang memiliki destinasi puluhan wisata yang menawarkan pesona alam yang sangat indah dan sulit dicari di daerah lain.

Berbicara soal penghargaan, Malang pernah meraih beberapa penghargaan, seperti Adipura, Adiwiyata, Adipura kencana, Wahana Tata Nugraha, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan kotamu? Apakah masuk dalam daftar 5 kota termaju di Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here