Para peziarah biasanya mengunjungi tempat-tempat sakral yang terhubung dengan agama dan kepercayaannya, sehingga motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai spiritualnya. Hal ini pun untuk menambah pengalaman budaya dan tradisi religi dari daerah setempat.

Biasanya para peziarah mendatangi tempat tersebut karena mempunyai kedekatan dari sisi historis maupun leluhur. Namun, kini kunjungan ziarah juga menjadi objek wisata budaya dan sejarah. Makam-makam Wali Songo tak hanya dijumpai oleh para peziarah domestik tapi juga mancanegara.

Kenaikan kunjungan ziarah justru terjadi saat menjelang Ramadan tepatnya di bulan Syakban atau satu bulan sebelum Ramadan. Salah satunya destinasi wisata Wali Songo yang menarik perhatian wisatawan mancanegara. Secara umum, wisatawan asing yang datang ke tempat wisata ziarah Wali Songo terbagi jadi tiga kategori.

Mereka itu adalah wisatawan dari kelompok pengajian atau pengikut tarekat, pelawat yang memiliki minat pada pengetahuan tertentu maupun peneliti, dan turis yang mempunyai minat pada budaya serta sejarah dari destinasi religi tersebut.

1Makam Pangeran Jayakarta

[Foto: Liputan6.com]

Wisata ziarah ke makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara kaum, Jakarta Timur, merupakan salah satu makam yang ramai dikunjungi oleh umat Muslim yang ingin berziarah, termasuk pelawat dari Brunei Darussalam dan Malaysia. Pendiri makam ini pun dikunjungi ratusan jemaah dari berbagai majelis taklim dari beberapa daerah di Jawa Barat.  

Makam Pangeran Jayakarta dibangun tahun 1620 Masehi. Kompleks makam ini mempunyai lima makam utama, diantaranya yaitu kuburan Achmad Djaketra atau Pangeran Jayakarta, dan Putera Pangeran Jayakarta. Serta, puluhan kuburan dari anggota keluarga keturunan Pangeran Jayakarta sendiri.

Kompleks makam keluarga Pangeran Jayakarta ini telah ditetapkan menjadi cagar budaya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semenjak tahun 1999. Makam ini pun menjadi wisata ziarah budaya serta sejarah berdirinya kota Jakarta.

2Makam Sunan Ampel

[Foto: Duta.co]

Baca Juga : Cirebon Punya 7 Destinasi Wisata Seru yang Bikin Terpukau

Makam Sunan Ampel dibangun ketika Sunan Ampel meninggal tahun 1478 di Surabaya. Peziarah wisatawan mancanegara dan nusantara datang ke makam ini tiap tahunnya. Makam ini ramai dikunjungi oleh peziarah terutama saat menjelang bulan Ramadan. Area ini sudah ditetapkan menjadi wisata religi oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 1972.

3Makam Sunan Kalijaga

[Foto: Tripadvisor.co.id]

Sunan Kalijaga adalah salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di Jawa. Makam wisata ziarah ini terdapat di Desa Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kawasan ini pun banyak didatangi peziarah untuk mendapatkan berkah. Konon Sunan Kalijaga  terkenal Mandi Pangucape atau ucapannya manjur, jadi apapun yang keluar dari mulutnya bisa terwujud.

4Masjid Agung Demak

[Foto: Bisnisbandung.com]

Masjid yang terletak di desa Kauman, Demak, Jawa Tengah ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya para Wali Songo untuk membahas penyebaran Islam di Indonesia. Masjid Agung Demak didirikan Raden Patah di mana beliau merupakan raja pertama Kesultanan Demak, kira-kira pada abad ke-15 Masehi. Di area masjid, terdapat beberapa makam raja Kesultanan Demak dan museum yang berisi sejarah serta riwayat berdirinya Masjid Agung Demak.

5Makam Sunan Gunung Jati

[Foto: Fairusmajid.com]

Makam wisata ziarah Sunan Gunung Jati ketika hari-hari besar keagamaan Islam, seperti Jumat kliwon, Maulid Nabi, dan malam 1 Suro, makam ini beserta daerah sekitarnya jadi sangat ramai dikunjungi peziarah yang datang untuk berdoa dan juga memohon perlindungan dari Sang Pencipta.Kini wisata ziarah kian meningkat tiap tahunnya terutama ke makam-makam Wali Songo seperti yang telah saya urai di atas. Pengunjung pun makin ramai menjelang Ramadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here