Madura identik dengan garam. Pulau ini bahkan mendapat sebutan sebagai Pulau Garam. Madura memang salah satu penghasil garam terbesar di Indonesia. Selain garam, mungkin kamu akan langsung mengingat sate dan karapan sapi ketika berbicara soal Madura. Madura memanglah pulau dengan banyak pesona, termasuk wisata. Pulau yang masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur ini punya ragam keindahan alam yang dijamin memanjakan mata. Nah, artikel ini akan mengajakmu berkeliling pada sepuluh diantaranya. Yuk!

1Gili Labak

[Foto: Pegipegi.com]

Jika Lombok terkenal dengan Gili Trawangannya, maka Madura punya Gili Labak. Keindahannya pun tak kalah. Jika berkunjung kesana kamu akan disuguhi pemandangan pasir putih yang menghampar, serta laut berwarna biru terang dengan ombak yang tenang. Menarik sekali kan?

Akses menuju Gili Labak juga tak begitu sulit. Kamu bisa berangkat dari Terminal Bungurasih untuk kemudian berhenti di Pelabuhan Kalianget, lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal dari sana. Harga sewa sebuah kapal untuk kesana adalah 350 ribu. Jadi jika ingin lebih hemat, pastikan kamu punya banyak teman seperjalanan ya!

2Pantai Sembilan

[Foto: genpinews.com]

Disebut demikian, karena di pantai ini terdapat gundukan pasir yang membentuk angka sembilan secara alami. Pantai ini sendiri terletak di Desa Bringsang, Gili Genting. Di Pantai ini, selain bisa menikmati keindahan pasir putih dan biru laut, kamu juga bisa bermain di genangan air yang tercipta secara alami di tengah pantai. Membuatmu mendapat sensasi liburan yang berbeda.

Sama seperti Gili Labak, untuk sampai ke Pantai Sembilan, kamu harus menggunakan kapal. Cukup membayar 10 ribu untuk sekali, kamu akan diantarkan melalui Pelabuhan Saronggi ke Pantai Sembilan. Waktu tempuhnya hanya empat puluh lima menit saja. Selain itu, jika sudah di pantai 9, kamu juga bisa mengunjungi pantai-pantai lain, yaitu Pantai Miring dan Pantai Wangi.

3Museum Keraton Sumenep

[Foto: Sportourism.id]

Kamu bisa berwisata sambil belajar jika mengunjungi tempat ini. Sebab, di Museum Keraton Sumenep kamu bisa melihat daftar Raja dan Bupati Sumenep sejak Arya Wiraradja di 1269, Pangeran Djokotole yang memerintah pada 1750 hingga Bupati sekarang. Asyiknya lagi, kamu juga bisa menyaksikan aneka barang peninggalan Raja dan Bupati Sumenep. Salah satunya kereta milik Arya Wiraradja yang memerintah sejak Kerajaan Majapahit baru berdiri. Menarik kan?

4Boekit Tinggi Daramista

[Foto: Idntimes.com]

Tak hanya pantai dan laut, Madura juga punya destinasi wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Boekit Tinggi Daramista. Wisata yang terletak di Lenteng, Sumenep ini menawarkan banyak hal menarik untuk dilakukan jika berkunjung ke sana. Diataranya, berfoto dengan latar belakang unik, bermain flying fox serta ATV. Cocok sekali untuk tempat liburan keluarga.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Tulungagung yang Eksotis dan Murah Meriah

5Goa Soekarno

[Foto: Kabarmadura.id]

Disebut demikian bukan tanpa alasan. Dahulu, banyak sekali ditemukan foto Bung Karno dalam goa ini. Foto-foto tersebut adalah milik Kyai Sukardi, musafir yang dulu menetap dalam goa ini. Goa Soekarno sangat besar, karena luasnya mencapai 5.000 meter persegi. Kamu bisa melihat berkas sinar matahari yang masuk melalui celah goa jika berada di dalam. Jika ingin berkunjung ke sana, kamu hanya perlu membayar 15 ribu saja sebagai tiket masuk.

6Toron Samalem

[Foto: Travelingyuk.com]

Dulunya, Toron Samalem adalah sebuah tambang batu. Kreativitas warganya kemudian menyulap tempat ini menjadi tempat wisata. Bentang alam berupa bukit-bukit batu ditambah dengan hasil kreativitas warga, membuat tempat ini begitu instagramable dan kekinian. Tertarik mengunjunginya? Kamu hanya perlu menempuh jarak 5.5 kilometer ke utara Kota Pamekasan. Tepatnya di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan.  Mudah bukan?

7Puncak Ratu

[Foto: Radarmadura.jawapos.com]

Wisata yang terletak di Dusun Monging, Desa Tebul Barat, Kecamatan Pangentanan, Pamekasan ini menawarkan panorama hijau dan indah dari bukit berketinggian 100 meter. Selain itu, kamu juga menikmati kesejukan dari pohon Sengon dan Albasia yang ditanam di sana. Tertarik mengunjunginya? Mudah sekali, kamu hanya perlu berkendara sejauh 10 kilometer saja dari Pusat kota Pamekasan.

8Air Terjun Toroan

[Foto: Jejakpiknik.com]

Jika ingin menikmati keindahan air terjun dan pantai sekaligus, maka datanglah ke Air Terjun Toroan. Sebab, air terjun ini letaknya berdampingan dengan pantai. Terletak di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Sampang. Air terjun ini dapat kamu kunjungi dengan mudah, sebab jaraknya hanya 4 kilometer saja dari Sampang. Setelah itu, pemandangan air terjun, pantai, suara gemericik air, dan suasana senja yang indah bisa langsung kamu nikmati.

9Bukit Jaddih

[Foto: Travel.tribunnews.com]

Merupakan bekas tambang batu kapur. Namun, meskipun bekas tambang, hal itu justru menjadi nilai tambahnya, sebab aktivitas tambang yang dulu dilakukan meninggalkan bekas-bekas ornamen yang unik untuk dinikmati. Warna putih dan biru dengan tembok-tembok batu kapur yang tinggi juga merupakan sebuah pemandangan yang amat indah untuk dipotret. Berjarak 28 kilometer saja dari Surabaya melalui Jembatan Suramadu, kamu sudah bisa menikmati keindahannya hanya dengan 5.000 rupiah.

10Pantai Lombang

[Foto: Merahputih.com]

Debur ombak yang tenang, dengan pasir putih, serta pohon Cemara Udang yang berjajar sepanjang garis pantainya, menjadi nilai tambah tempat wisata ini. Terletak di Kabupaten Sumenep, Pantai ini hanya berjarak 25 kilometer dari pusat kotanya. Tepatnya di Kecamatan Batang-Batang Sumenep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here