Ingin liburan? Mlipir ke Klaten jawabannya.

Musim liburan, biasanya dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat wisata bersama keluarga, teman-teman, ataupun bersama kekasih tercinta. Untuk kamu yang berdomisili di sekitar Klaten, Jawa Tengah tidak perlu khawatir, sebab berikut ini adalah pemaparan singkat tentang tempat wisata yang ada di Klaten yang pastinya keren banget.

1Umbul Ponggok

[Foto : Dakatour.com]

Wisata Umbul Ponggok berada di Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok ini merupakan sumber mata air alami yang berbentuk kolam dengan air yang jernih dan menyegarkan. Wisata air ini mempunyai ukuran 50×25 m dengan kedalaman 1,5-2 m lebih. Kamu bisa berenang bersama ikan warna-warni, diving, snorkelling, dan yang tak kalah menarik adalah underwater photography atau fotografi bawah laut yang pastinya instagrammable.

2Desa Wisata Jarum

[Foto: Inibaru.id]

Tempat wisata ini berada di Ds. Jarum, Kec. Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Namun, jangan terkecoh dengan nama desanya, sebab wisata ini tidak ada hubungannya dengan jarum. Tempat wisata ini malah berkaitan dengan batik. Yang menjadi menarik dari wisata ini adalah media batik yang digunakan. Mulai dari kain, kayu sampai keramik. Untuk kamu pecinta batik, rekommended banget kan?

3Riverboarding Kali Pusur

[Foto: Gotripina.com]

Ada lagi yang menarik dari wisata air Klaten yaitu riverboarding yang bertempat di Ds. Kali Pusur, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Kamu bisa melakukan riverboarding yang aman karena sudah di di fasilitasi dengan peralatan dan pas untuk kamu yang masih pemula. Keindahan alamnya pun tidak bisa diragukan lagi dan pastinya seru.

4Candi Sewu

[Foto: Jejakpiknik.com]

Candi Sewu terletak di Kec. Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Candi ini merupakan perpaduan antara candi Hindu dan Buddha. Dengan biaya terjangkau kamu bisa mengelilingi candi seluas 185×165 m ini. Tempatnya yang berada didekat Pegunungan Sewu menjadikan tempat ini segar dan asri. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tak terlupakan kamu.

5Rowo Jombor

[Foto: Wisatakeklatenyuk.blogspot.com]

Untuk kamu pecinta kuliner, wajib mengunjungi Rowo Jombor ketika berada di Klaten. Disini kamu akan menemukan warung apung Rowo Jombor yang menyediakan kuliner sajian ikan air tawar. Menyenangkan bukan ketika makan dan melihat pemandangan air yang indah? Ditambah lagi kamu bisa memancing disini.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata di Semarang Murah Meriah dan Paling Hits

6Candi Plaosan

[Foto: Kotajogja.com]

Wisata budaya yang tak kalah menarik adalah Candi Plaosan yang terletak di Ds. Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Wisata ini sangat cocok untuk spot foto saat sunset dan sunrise tiba. Dengan luas 440×270 m, kamu pastinya puas untuk menjelajahi keindahan budaya dari Candi Plaosan.

7Ekowisata Kali Talang

[Foto: Asedino.wordpress.com]

Berlokasi di Ds. Balerante, Kec. Kemalang, Klaten, wisata ini menawarkan keindahan alam dari lereng Gunung Merapi. Disini disediakan jembatan bambu dan gardu pandang, sehingga cocok untuk spot foto dan menikmati keindahan alam sekitar. Alam yang hijau dan asri bakal membuat kamu betah disini.

8Umbul Pluneng

[Foto: Tribunnews.com]

Wisata air di Klaten memang menarik, seperti Umbul Pluneng yang terletak Di Ds. Tempel, Klaten. Wisata air ini merupakan area pemandian yang menyuguhkan air yang jernih sehingga dasar kolam pun terlihat plus ditemani oleh ikan ikan kecil.

9Museum Gula Godang Winangoen

[Foto: Trepelin.com]

Wisata yang satu ini bisa memberikan wawasan buat kamu. Museum gula ini berlokasi di Ds.Gondang Baru, Kec. Jogonalan, Klaten. Mulai dari sejarah, perkembangan sampai dengan proses pembuatan gula dipaparkan secara jelas dan gamblang di area seluas 1200 persegi ini. Menambah wawasan bukan?

10Objek Mata Air Cokro

[Foto: Explorewisata.com]

Wisata air ini juga tak kalah cantik dengan wisata yang lainnya. Lokasinya di Ds. Cokro, Kec. Tulung, Klaten. Wisata ini menawarkan keindahan alam terbuka dan mandi langsung dari sumber mata air di Klaten. Ditambah dengan adanya waterboom, berwisata disini semakin menyenangkan. Tak hanya waterboom ,disini juga terdapat flying fox dan water slide. Tertarik?

Demikian 10 wisata rekommended yang ada di Klaten. Jika kamu singgah di Klaten, mampirlah pada salah satu destinasi wisata yang telah saya sebutkan tadi.

Sampai Jumpa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here