Libur sekolah datang, hal ini berarti waktu luang bagi anak untuk bermain dirumah. Tak hanya bermain dirumah, kamu bisa mengajak si kecil ke tempat dimana anak tidak hanya bisa bermain tapi juga belajar. Kira-kira dimana ya tempat yang asik untuk bermain sekaligus belajar terutama bagi kamu yang ada di Kota Kembang Bandung. Yuk simak beberapa referensi tempat wisata edukasi Bandung yang cocok untuk ajak anak kamu bermain sambil belajar.

1Trans Studio Bandung

[Foto: Ksmtour.com]

Terletak di Jalan Gatot Subroto No. 289, Cibakong, Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Trans Studio Bandung menjadi kawasan hiburan dalam ruangan terlengkap di Bandung. Betapa tidak, dengan luas tanah mencapai 4,2 Hektar tempat ini menyajikan puluhan wahana mulai dari Giant Swing, Yamaha Racing Coaster, Broadcast Museum, Trans City Theater, Science Center, Negeri Raksasa, Dunia Lain dan masih banyak lagi. Tidak heran bila Trans Studio Bandung ini merupakan wahana indoor terbesar di dunia.

Kalau kamu berencana ingin pergi bermain ke sini kamu bisa mendapatkan booking tiket wahana melalui aplikasi online atau kamu bisa datang langsung ke Trans Studio Bandung untuk membeli tiket. Jika kamu ingin kesini dana yang harus disiapkan sekitar Rp. 180.000 sampai dengan Rp. 280.000.

2Bandung Science Center

[Foto: Youtube.com]

Wisata indoor selanjutnya adalah Bandung Science Center. Tempat wisata yang satu ini mengajarkan tentang ilmu pengetahuan science dan teknologi modern. Disini anak-anak bisa memilih wahana mana yang mereka sukai. Terbagi dalam beberapa ruang yang memudahkan anak-anak memahami ilmu science, seperti:

  • Ruang Bumi
  • Ruang Perakitan
  • Ruang Audio Visual
  • Ruang Fisika Dasar
  • Ruang Fisiologi
  • Ruang Robotik
  • Ruang Geologi
  • Ruang Kimia
  • Ruang Astronomi
  • Ruang Ilusi optik dan masih banyak lagi lainnya

Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB, tempat ini berada di Jalan Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Sukasari Kota Bandung. Cukup dengan Rp. 45.000 kamu bisa mencoba semua wahana yang ada disini.

3Taman Lalu Lintas

[Foto: Myeatandtravelstory.wordpress.com]

Beralamatkan di Jalan Belitung No. 1 Merdeka, Sumur Kota Bandung, tempat ini mengajarkan tentang rambu-rambu lalu lintas yang benar, diajarkan pula tentang disiplin berlalu lintas dijalan raya. Disini anak-anak bisa bermain sepeda, naik kereta api dan lain sebagainya. Tempat wisata edukasi Bandung ini cukup aman untuk di kunjungi bersama keluarga sebab banyak petugas keamanan yang selalu siaga dalam segala situasi. Taman lalu lintas buka setiap hari kecuali hari jumat mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Harga tiket yang ditawarkan sangat murah yaitu hanya Rp. 7.000 saja. Bagaimana tertarik untuk berkunjung, segera ajak anak kamu untuk bermain dan belajar tentang ilmu berlalu lintas yang benar disini.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Alam Untuk Anak di Bandung Ini Paling Bagus dan Menyenangkan

4Farm House Susu Lembang

[Foto: Festivaljalanjalan.com]

Diresmikan sejak desember 2015 lalu, tempat ini terletak di Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, kabupaten Bandung. Wisata edukasi untuk anak ini pas dikunjungi bersama keluarga besar saat liburan tiba. Mengusung konsep alami namun modern membuat anak-anak betah berlama-lama ditempat ini. Disini anak-anak akan diperkenalkan dengan berbagai macam satwa seperti kelinci, burung, kambing, dan lain sebagainya. Tidak hanya mengenal hewan, wisata Farm House Lembang Bandung juga mengajari cara menyayangi hewan dan cara melindungi hewan dari gangguan manusia yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu anak-anak akan diajari cara berternak, berkebun, bersepeda, memancing dan panen hasil kebun. Seru bukan! Masih berada satu lokasi dengan De’ Ranch, wisata Floating Market Lembang dan juga Rumah Sosis. Disini setiap tiket yang dibeli bisa ditukarkan dengan 1 cup susu sapi atau sosis bakar. Harga tiket yang dibandrol wisata edukasi ini cukup ramah dikantong yaitu Rp. 20.000 saja.

5Jendela Alam

[Foto: Wisatabdg.com]

Masih berada di Lembang, tempat yang menyajikan keindahan dan edukasi tentang alam. Bagaimana tidak, banyak wisata edukasi berhubungan dengan alam tersaji disini. Seperti Jendela Alam ini contohnya yang menyuguhkan berbagai kegiatan wisata edukasi bandung yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak dan orang dewasa. Disini kamu bisa belajar tentang berkebun, berternak, panen buah, panen telur, memberi makan hewan, membuat yogurt, membuat cincau, menyusui hewan, bermain harta karun hingga flying fox. Harga tiket yang dibandrol mulai dari Rp. 15.000 – Rp 20.000. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Jadi tempat mana yang membuatmu tertarik dan memasukkannya kedalam daftar list berlibur kamu. Sesuaikan dengan keinginan dan minat anak agar si kecil bisa bermain dan belajar dengan menyenangkan. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here