Salah satu kota yang memiliki banyak sekali daya tarik di Indonesia, adalah Solo yang berada di Jawa Tengah. Selain karna masyarakatnya yang masih memegang erat budayanya, Solo juga mempunyai berbagai tempat yang menarik. Jika kamu memiliki kesempatan bertandang ke Solo. Ayo mampir ke tempat-tempat ini!

1Grojogan Sewu

[Foto: Katalogwisata.com]

Berlokasi di Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Grojogan Sewu merupakan air terjun dengan pemandangan yang tidak kalah eksotisnya dengan air terjun yang ada di luar negeri. Suara gemericik jatuhan air dan hawa sejuk, serta keindahan alam, menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh Grojogan Sewu. Nama Grojogan Sewu sendiri memiliki arti air terjun seribu, namun meskipun begitu air terjun yang ada dikawasan ini tetap hanya satu, hanya saja tinggi dan derasnya air yang terjun bebas, berjatuhan kesegala penjuru, yang mungkin menjadi rujukan penamaan tempat ini. Biaya masuk Grojogan Sewu, berkisar Rp. 17.000.

2Keraton Surakarta Hadiningrat

[Foto: Ibnuasmara.com]

Adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagi pengganti istana/keratin Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan tahun 1743. Walaupun secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia sejak tahun 1945, kompleks bangunan keratin ini masih berfungsi sebgai tempat tinggal Sri Sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini.

3Taman Balekambang

[Foto : lifestyle.okezone.com]

Taman ini dulunya merupakan tempat khusus yang hanya boleh dinikmati oleh keluarga keraton saja. Akhirnya, pada tahun 2008 Taman Balekambang resmi dibuka untuk umum sebagai hutan kota bagi para warga Surakarta. Jika kamu datang ke Surakarta, sayang sekali jika tidak mengunjungi Taman Balekambang ini. Taman dengan luas lima hektar ini, mempunyai berbagai macam pepohonan, sehingga ketika kamu berada disana, kamu akan merasakan hawa sejuk yang menyegarkan, serta udara yang memanjakan paru-paru mu!

Selain itu, taman ini tidak dipungut biaya, alias gratis! Nah, taman ini dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Beralamatkan di Jl. Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Bagi kamu yang sedang mencari tempat untuk bersantai dan menghirup udara segar, ini bisa jadi pilihan yang menarik bukan?

4Kampung Batik Laweyan

[Foto: Liputan6.com]

Selain Kampung Batik Kauman, Laweyan menjadi salah satu pusat batik yang tertua dan terkenal di kota Solo. Kampung dengan luas area 24.83 hektar dan berpenduduk sekitar 2500 orang ini, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai pedagang ataupun pembuat batik. Kampung Batik Laweyan sudah menjadi ikon batik solo sejak abad ke-19 pada saat asosiasi pedagang pertama kalinya dibentuk yaitu Serikat Dagang Islam, yang didirikan oleh Haji Samanhudi di tahun 1912. Hingga sekarang Kampung Batik Laweyang telah mematenkan 250 motif batik.

5Pasar Klewer

[Foto: Kilasdaerah.kompas.com]

Sering disebut sebagai surge belanja, Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. Sekarang, tercatat 2.211 pedagang yang memiliki kios dan 765 pedagang yang tidak memiliki kios (oprokan) di Pasar Klewer. Bercengkrama di Pasar Klewer pada bangunan baru dan lama akan merasakan nuansa yang berbeda. Nuansa sempit, kumuh, dan tak beraturan jelas terasa di bangunan lama. Sedangkan pada bangunan baru, lebih rapi, leluasa, dan mobilisasi yang dipermudah, karna adanya lift dan eskalator.  

Baca Juga: Solo Punya 5 Destinasi Wisata Andalan yang Sangat Menarik

6Puro Mangkunegaran

[Foto: Britanesia.online]

Puro Mangkunegaran ialah istana yang dimiliki kota Solo, selain Keraton Kasunanan. Nama Pura berasal dari bahasa jawa yang artinya istana atau kerajaan. Menjadi pusat budaya dan seni di kota Solo, dengan memiliki berbagai koleksi berharga yang dipercaya berasal dari Kerajaan Mataram dan Majapahit. 

7Candi Sukuh

[Foto: panduanwisata.id]

Candi Sukuh merupakan sebuah kompleks candi Hindu, yang terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Karanganyar, Jawa Tengah. Bentuk candi yang kurang lazim, menjadi kontroversi, juga karna adanya penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya. Candi Sukuh, telah diusulkan sebagai salah satu situs warisan dunia kepada UNESCO sejak tahun 1995.

8Air Terjun Sedinding Karanganyar

[Foto: Picdeer.com]

Tempat ini baru dibuka pada September 2015 lalu, karna masih baru, jadi banyak orang yang belum mengetahui lokasinya. Pas sekali untuk kamu yang menginginkan suasana damai saat liburan. Disarankan untuk datang pada saat musim kemarau. Pada saat itu, kondisi kolam sedang jernih-jernihnya, dan kamu bisa makin puas bermain air disana!

9Pasar Triwindu

[Foto: 1001wisata.com]

Merupakan peninggalan Raja Pura Mankunegaran, pasar Triwindu dikenal sebagai pusatnya penjualan barang-barang antik dan kuno. Berbagai barang-barang antic dan kuno dijual disini. Ada uang koin dan kertas kuno yang dikeluarkan pada tahun 1800-an, topeng, piring kuno yang dibuat tahun 1960-an, keris, batik, dan perkakas rumah tangga, radio kuno, jam tangan bekas, dan lain-lain.

10Museum Batik Danar Hadi

[Foto: Sumber.com]

Berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.261. Museum Batik Danar Hadi atau sering disebut House of Danar Hadi ini letaknya tepat di depan jalan raya, dengan penampakan mirip-mirip kalau kamu ke Balaikota gitu. Ketika masuk, mata kamu akan dimanjakan dengan pepohonan rindang dan arsitektur kolonial yang kental. Harga tiket masuk per orang sebesar Rp.35.000 dan kamu akan langsung ditemani oleh seorang guide tanpa biaya tambahan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here