Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten Ciamis berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Tak banyak yang tahu ternyata kabupaten Ciamis memiliki banyak destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang ada di kabupaten Ciamis tidak hanya destinasi wisata alam tetapi juga ada destinasi wisata budaya. Apabila kamu sedang berada di kabupaten Ciamis jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Berikut 10 destinasi wisata di kabupaten Ciamis yang wajib kamu kunjungi.

1Situ Lengkong Panjalu

[Foto: Cari-apa-ya.com]

Dalam bahasa sunda situ merupakan sebutan untuk sebuah danau. Situ Lengkon Panjalu adalah sebuah danau yang berada di kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis. Berada dikawasan pegunungan dan jauh dari kota membuat tempat ini sangat sejuk dan jauh dari polusi udara. Kawasan wisata ini tidak hanya menampilkan keindahan alamnya yang indah tetapi disini pengunjung juga bisa melakukan ziarah. Kebetulan di tempat ini juga terdapat makam kuno Prabu hariang kancana. Selain itu ditempat ini juga terdapat banyak peninggalan benda-benda kuno.

2Situ Wangi Kawali

[Foto: Berita.baca.co.id]

Situwangi Kawali juga merupakan salah satu danau yang berada di kabupaten Ciamis. Tak kalah dari Situ Lengkong panjalu, Situwangi Kawali juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan pemerintah provinsi Jawa Barat berencana untuk menjadikan destinasi wisata yang satu ini menjadi lebih baik dengan melakukan beberapa fasilitas menarik disekitarnya..

3Astana Gede Kawali

[Foto: Travel.tempo.co]

Astana Gede Kawali merupakan ibukota dari kerajaan Galuh yang berdiri pada abad ke-7.  Tempat ini berada di dusun Indrayasa, kecamatan Kawali kabupaten Ciamis. Astana Gede kawali merupakan istana kerajaan Galuh yang didalamnya juga terdapat batu yang berukuran cukup besar. Batu tersebut bisa ditemukan didepan dari istana tersebut. Konon batu yang berukuran cukup besar tersebut tidak dapat dihancurkan.

4Ciung Wanara Karangkamulyan

[Foto: Alimuakhir.com]

Tempat yang satu ini diyakini juga merupakan peninggalan dari kerajaan Galuh pada masa pemerintahan Ciungwanara. Situs peninggalan sejarah ini bisa dikatakan sudah ditata dengan rapi sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjunginya. Ada beberapa obyek wisata yang bisa ditemukan ditempat ini salah satunya adalah obyek wisata Batu Pangcalikan.

5Curug Tujuh Cibolang

[Foto: Deskgram.net]

Curug atau bisa disebut dengan air terjun. Curug ini berada di desa Sanding Taman kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis. curug ini memiliki 7 curug dengan nama yang berbeda-beda. keindahan 7 curug ini juga mampu menarik hadirnya wisatawan dari berbagai daerah.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Purwakarta yang Oke Banget Dikunjungi Saat Liburan

6Kampung Adat Kuta

[Foto: Rappler.com]

Jangan terkecoh dengan namanya yang identik dengan tempat yang ada di Bali. Ternyata kampung adat kuta juga berada di kabupaten Ciamis. Masyarakat dikampung ini sangat menjunjung tinggi kearifan lokal. Tidak hanya itu masyarakat juga menjaga budaya peninggalan nenek moyangnya.

7Wisata Arum Jeram Citanduy

[Foto : Arungjeramtasikmalaya.blogspot.com]

Bagi kamu yang suka tantangan sebaiknya kamu menguji adrenalin dengan menikmati arum jeram di sungai Citanduy. Di kanan kiri sungai juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

8Wisata Sungai Cadas Ngampar

[Foto: Indolah.com]

Sungai Cadas Ngampar berada dikaki gunung Sawal. Memiliki air sungai yang sangat jernih membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi. Tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Sungai ini berada di desa Gunungsari kecamatan Sadannya.

9Taman Raflesia Alun-alun Kabupaten Ciamis

[Foto: Ciamis-pariwisata.blogspot.com]

Taman Raflesia merupakan ikon dari alun-alun kabupaten Ciamis. Taman raflesia dibangun dengan cukup rapi dan indah. Keberadaan taman ini bisa digunakan sebagai tempat wisata keluarga yang cukup terjangkau.

10Darmacaang

[Foto : Deniaditia19.blogspot.com]

Darma Ca’ang merupakan salah satu destinasi wisata alam di kabupaten Ciamis. tempat ini merupakan hutan pinus. Hutan pinus ini juga berada dikaki gunung Sawal sehingga udaranya cukup sejuk. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk camping ataupun outbond.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here