Hallo, apa kabar kalian hari ini? Sudah pernah main ke Blitar? Nah guys, kali ini kita akan membahas 10 tempat wisata di Blitar yang wajib kamu kunjungi untuk melepas penat agar pikiranmu kembali fresh. Blitar menjadi sangat terkenal karena salah satu keistimewaannya yaitu, menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi Bung Karno yang merupakan presiden RI pertama. Selain itu, Blitar termasuk salah satu tempat yang dianugerahi dengan bentang alam nan eksotis. Sehingga, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata yang ciamik jika berkunjung ke Blitar. Yuk, simak dulu ulasannya di bawah ini.

1Agrowisata Belimbing Karangsari

[Foto: Kacamatawisata.blogspot.com]

Agrowisata belimbing ini terletak di Jl. Jeruk, Kelurahan Karangsari, Kota Blitar. Cukup dengan membayar harga tiket masuk 10.000 rupiah, kamu sudah bisa menghirup udara segar di tengah kota. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti, petik belimbing dan makan sepuas kamu, mencicipi segarnya welcome drink yang merupakan minuman sari belimbing olahan dari warga sekitar, dan tentunya kamu juga bisa membawa pulang belimbing karangsari dengan patokan harga sekitar 10.000 rupiah/kg nya. Demi kenyamanan pengunjung, agrowisata belimbing ini juga memberi fasilitas seorang guide untuk memandu perjalanan kamu selama di agrowisata ini. Yuk, segera agendakan untuk berkunjung ke Agrowisata Belimbing Karangsari!

2Fish Garden

[Foto: Pariwisata.visitblitar.com]

Nah Guys, tempat apa sih Fish garden? Jadi, Fish garden merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang terletak di Jl. Bengawan Solo No. 101 Pakunden, Kota Blitar. Fish garden ini merupakan tempat yang cocok untuk bermain sambil belajar tentang ikan air tawar. Harga tiket masuknya nggak kalah murah nih sama tempat wisata yang lain. Sekitar 10.000 rupiah saja, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas keren di Fish garden. Seperti, menerima edukasi tentang ikan air tawar yang sudah tertata cantik di aquarium, terapi ikan tanpa perlu merogoh kocek lagi, rabbit park dan kolam renang anak. Bagaimana? Masih ragu untuk ke Fish garden? Banyak spot foto keren untuk mengisi akun instagram kamu lo. Yakin nih, nggak penasaran dengan wujud Si Arapaima Gigas, ikan air tawar dari perairan Amerika Selatan?

3Pantai Pudak

[Foto: Blog.traveloka.com]

Kamu sudah tau belum dimana lokasinya pantai pudak? Hah, pantai pundak? Pudak, jangan salah sebut ya, hehe. Pantai Pudak ini merupakan tempat wisata baru yang belum banyak dikenal maupun dikunjungi oleh masyarakat. Sebenarnya, lokasi Pantai Pudak searah dengan Pantai Tambak Rejo. Rute termudahnya, kamu bisa mulai dari Kota Blitar – Kec. Lodoyo – Kec. Sutojayan – Ds. Ngeni – Dsn. Banyu Urip – Pantai Pudak. Akan tetapi, akses masuk ke Pantai Pudak masih sangat susah. Banyak jalan berlubang bahkan masih berupa bebatuan, kurang lebih sepanjang 1.5 – 2 km. Tetapi semua itu akan terbayar ketika kamu sampai di pantai. Air laut yang biru memanjakan mata dan udara segar yang bisa kamu hirup sepuasnya. Bibir pantai yang melengkung, tidak terlalu panjang dan nyaris tanpa karang, bisa jadi arena bermain kamu disana. Jika kamu akan berkunjung kesini, jangan lupa cek kesehatan motor kamu dulu ya. Seperti kondisi rem dan ban. Oya, jangan lupa bawa bekal makanan dari rumah, karena belum ada pedagang disana. Selamat berjuang untuk sampai di Pantai Pudak!

4Makam Bung Karno (MBK)

[Foto: Id.wikipedia.org]

Makam Presiden RI yang ke -1 ini terletak di Jl. Candi Surawana No. 10, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar. Jam operasi MBK yaitu, pukul 07.00 – 17.00 WIB. Biaya parkir kendaraan sudah termasuk tiket masuk di area MBK. Biasanya sepeda motor Rp. 3000, mobil Rp. 10.000, dan bus pariwisata Rp. 15.000. Khusus bus pariwisata, biasanya parkir di area PIPP (Pelayanan Informasi dan Penanganan Pengaduan) dan tempatnya agak jauh dari lokasi MBK. Dari PIPP, kamu bisa jalan kaki menyusuri jalan raya yang sudah steril dari kendaraan umum. Atau, kamu juga bisa menyewa jasa becak maupun dokar yang tersedia di sepanjang jalan menuju lokasi MBK. Setibanya di lokasi MBK, kamu dapat melihat betapa megahnya area Makam Bung Karno. Tugu-tugu besar yang menjulan tinggi, patung presiden pertama kita yang begitu berwibawa, museum, perpustakaan sejarah Bung Karno, perpustakaan anak, dan area pentas seni. Sebelum berziarah ke makam Bung Karno, kamu diwajibkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu. Setelah selesai dari berziarah, kamu akan keluar area MBK melewati pasar ular. Eitss, pasar ular disini maksudnya, pasar yang sangat panjang dan berliku. Banyak oleh-oleh khas Blitar yang dijual disana. Sampai Jumpa di Makam Bung Karno ya!

5Pantai Peh Pulo

[Foto: Tempat.me]

Salah satu pantai yang sangat recommended buat kamu nih. Pantai Peh Pulo merupakan Raja Ampat versi Blitar lo. Pantai ini terletak di Ds. Sumbersih, Kec. Panggungrejo. Lokasinya jauh dari Kota Blitar dan akses jalannya masih susah. Kamu akan melewati jalan perkampungan yang sempit, hamparan sawah, kebun, dan perbukitan. Karena akses nya yang susah, sehingga tidak banyak pengunjung di tempat ini. Tidak berlaku tiket masuk dan jarang ada pedagang di area pantai. Sehingga, kamu harus membawa bekal sendiri dari rumah. Jika kamu seorang traveller sejati, kamu tidak akan pernah menyesal datang ke pantai ini. Melihat air laut yang masih sangat biru dan bersih. Jika bermain disana, kamu pasti akan merasa pantai ini adalah pantai pribadi milikmu, karena saking sepinya. Selamat menikmati indahnya Pantai Peh Pulo ya!

Baca Juga : 5 Wisata Alam di Kota Blitar ini Cocok untuk Mengisi Libur Lebaran

6Puncak Sekawan

[Foto: Picbon.com]

Puncak Sekawan terletak di Desa Semen, Kec. Gandusari, Blitar. Tempat ini merupakan camp ground yang bisa menampung banyak tenda. Kamu juga bisa menikmati view yang sangat bagus dari Puncak Sekawan. Tempat ini juga merupakan salah satu spot foto terbaik untuk mendapatkan sunset dan sunrise. Oya, jangan lupa bawa bekal makanan dari rumah ya. Sampai bertemu di camp ground Puncak Sekawan!

7Sumberdandang

[Foto: Ayundadamai.com]

Sumberdandang merupakan sumber air yang terletak di dekat wisata Rambut Monte yaitu, di lereng gunung kawi, lebih tepatnya di Ds. Krisik, Kecamatan Gandusari. Apabila kamu ingin menuju kesini, kamu bisa masuk melalui sisi timur area Rambut Monte. Keistimewaan dari Sumberdandang adalah, airnya yang jernih dan berwarna hijau tosca. Sehingga, kamu dapat melihat dasar dari Sumberdandang dengan sangat jelas. Kamu juga bisa menikmati segarnya air dengan berenang, akan tetapi harus tetap berhati-hati karena kedalaman sumber air ini mencapai 1-3 meter. 

8Taman Ayu Gogoniti

[Foto: Jelajahblitar.com]

Taman Ayu Gogoniti merupakan tempat wisata baru berupa hutan pinus yang terletak di Desa Bumirejo, Kec. Kesamben, Blitar. Harga tiket masuk saat ini Rp 5.000/orang dengan biaya parkir untuk roda dua sebesar Rp. 2.000 / orang dan roda empat Rp. 5.000/orang. Disini kamu bisa menikmati berbagai fasilitas menarik, seperti Gubug Asmoro, Mancing Mania, Warung Watu, Rumah Pohon, Warung Sawah, ATV motor, Paseban Agung, dan Gubug Pring. Disini kamu tidak perlu bingung untuk membeli makanan, karena disini sudah banyak pilihan menu dari warung-warung makanan yang tersedia.

9Blitar Konyar Hill

[Foto: Travelingyuk.com]

Lokasi Blitar Konyar Hill terletak cukup jauh dengan Kota Blitar, lebih tepatnya di Desa Sukoanyar, Kecamatan Kesamben, Blitar. Tempat wisata ini menyuguhkan view perbukitan nan eksotis. Terdapat gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati view Waduk Karangkates, Gunung Kelud, dan Gunung Kawi. Terdapat beberapa jenis gardu pandang yang juga sangat instagenik untuk kamu jadikan spot foto, seperti gardu pandang berbentuk I Love U dan bentuk kotak dengan hiasan pohon yang menawan. Oya, harga tiket masuknya hanya Rp. 5000/orang lo. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajak teman-temanmu kesini!

10Air Terjun Grenjeng

[Foto: Journesia.com]

Wisata Air Terjun Grenjeng terletak di Desa Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Lokasinya tidak jauh dari kantor Kecamatan Panggungrejo, hanya sekitar 2 km. Akses jalan menuju tempat ini sudah cukup mudah, karena terdapat papan penunjuk. Hal yang istimewa dari Air Terjun Grenjeng ini adalah view dari lembah bebatuan yang hitam, khas dari Blitar Selatan. Kamu bisa banget lo, ajak teman-temanmu untuk menikmati weekend disini. Selamat berlibur

Nah, itulah 10 destinasi wisata yang recommended untuk kamu kunjungi saat singgah di Blitar. Keindahan alam yang disuguhkan pasti mampu menghilangkan tumpukan stress dari pekerjaanmu, bahkan bisa banget lo menyembuhkan luka hati kamu. Hehe… Yuk, segera siapkan peralatan untuk menjelajah di tempat-tempat ini. Jangan khawatir ya, harga tiket masuk nya aman buat kantong kamu kok. Aku tunggu kamu disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here