Tempat wisata populer merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar daerah tersebut. Biasanya, suatu tempat wisata dapat populer apabila tempat tersebut memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya berbeda dari tempat wisata lainnya. Namun, tempat wisata juga dapat populer jika memiliki pemandangan indah yang dapat menghipnotis mata semua orang.

Nah, berdasarkan hal tersebut ternyata Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang menjadi tujuan wisata bagi banyak pelancong. Tentunya kamu harus tahu bahwa berikut 5 wisata di Banyuwangi sebagai destinasi paling populer bagi pelancong!

1Kawah Ijen

[Foto: Blog.jadipergi.com

Ya, seperti yang kita tahu bahwa Kawah Ijen ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer akhir-akhir ini, sehingga tak heran banyak pelancong yang datang ke tempat ini. Keunikan dari kawah ijen ini sendiri yakni memiliki api biru atau biasa disebut sebagai ‘blue fire’ yang merupakan kawah api langka yang ada di dunia. Keberadaan api biru ini sama persis dengan yang ada di Islandia. Sehingga kamu tak perlu jauh-jauh ke Islandia untuk menikmati kawah api biru ini.

Track yang diperlukan untuk sampai ke puncak tentu saja cukup menguras tenaga karena butuh sekitar 2-3 jam mendaki kawah ini. ‘Blue fire’ pun tak ada di setiap waktu, tetapi muncul ketika kurang lebih pukul 02.00 – 03.00 WIB. Tapi yang pasti, kamu tidak akan menyesal setelah sampai di puncak ini. Bahkan banyak pelancong yang ingin kembali mendaki puncak demi menikmati ‘blue fire’.

2Desa Wisata Osing

[Foto: Bobo.grid.id]

Desa ini merupakan desa adat otentik Banyuwangi yang terletak di Desa Kemiren, sehingga tak heran pula jika desa ini disebut sebagai Desa Wisata Kemiren. Lokasinya yang jauh dari kota menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat relaksasi. Udaranya masih segar dan lingkungan desa pun masih asri.

Banyak sekali spot foto yang instagramable juga di sini. Tak hanya itu, wisata kuliner pun dapat kamu lakukan di sini. Banyak sekali makanan khas Banyuwangi yang juga patut kamu cobain.

3Pantai Teluk Hijau

[Foto: Nativeindonesia.com]

Pantai ini terletak di daerah Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya berjarak sekitar 90 Km dari Kota Banyuwangi itu sendiri. Sesuai namanya, air laut di pantai ini cenderung berwarna hijau nan cantik. Pantai ini dapat diakses baik melalui jalur darat maupun jalur laut.

Apabila melalui jalur darat, kendaraan yang kamu gunakan harus dalam keadaan prima karena rute yang dilewati tidaklah mudah, yakni berupa jalan tanah yang juga berbatu. Waktu yang diperlukan pun tak sebentar. Sehingga lebih baik kamu memilih jalur laut yakni dengan biaya pulang-pergi sekitar 60 ribuan per orang dengan menggunakan perahu, agar badan tak terlalu lelah. Kamu juga perlu hati-hati ketika bermain air, karena ombak yang ada di sini cukuplah besar.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Alam Lumajang yang Worth It Buat Dikunjungi

4Air Terjun Jagir

[Foto: Pariwisatabanyuwangi.com]

Air terjun ini terletak hanya sekitar kurang lebih 30 menit dari Kota Banyuwangi. Memiliki 3 sumber air terjun sekaligus, menjadikan air terjun ini kian menyejukkan pikiran. Tak hanya airnya yang masih sangat asri, pemandangan rindang yang ada di sekitarnya pun makin memanjakan mata. Lebih baik jika kamu mengunjungi tempat wisata ini ketika musim hujan, karena dikhawatirkan jika musim kemarau maka debit air yang mengaliri air terjun ini sedikit jumlahnya.

Rute untuk benar-benar sampai ke lokasi air terjun berada pun mudah. Tak perlu menguras banyak tenaga seperti rute-rute wisata populer sebelumnya. Fasilitas di sini pun cukup lengkap, yakni dengan warung dan kamar bilas setelah berendam di aliran air terjun.

5Pantai Pulau Merah

[Foto: Catatanriannurarifatullah.blogspot.com]

Masih di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, ternyata juga ada sebuah pantai yang masih elok nan asri. Disebut sebagai pantai pulau merah karena tak jauh dari pantai ini ada pulau yang berbentuk bukit dan bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah. Pulau tersebut dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut.

Alasan terkenalnya pantai ini karena pantai ini menyajikan panorama dan suasana layaknya Pulau Dewata. Kegiatan selancar dapat dilakukan di pantai ini, sebab pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar namun tak terlihat terlalu menyeramkan. Sehingga cocok pemula belajar selancar. Tak perlu khawatir, kamu dapat menyewa pelatih untuk mengajari selancar. Tak hanya itu, pemandangan sunset yang memukau pun dapat disaksikan secara langsung di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here