Berbicara tentang Aceh, pasti kamu mengingat bencana tsunami yang pernah meluluhlantahkan 15 tahun yang lalu, yaitu pada Desember 2004. Tapi Aceh yang sekarang sudah bangkit dari bencana yang mengoyaknya. Kebangkitan ini membawa provinsi yang mendapat sebutan Serambi Mekkah ini mulai menunjukkan pesonanya, salah satunya adalah pesona wisata. Nah, artikel ini sendiri akan membahas 5 tempat wisata banda aceh murah meriah paling hits dan yang populer. Apa saja itu? Keep scrolling ya!

1Masjid Baiturrahman

[Foto: Pinterest.com]

Berkunjung ke Banda Aceh tentu tak afdol rasanya jika tak pergi ke Masjid Baiturrahman. Masjid ini memang telah menjadi landmark Aceh, jadi kunjungan kesana pastinya sayang kamu lewatkan. Sejarahnya yang membentang sejak Kerajaan Aceh dan reputasinya yang berhasil selamat dan menyelamatkan banyak orang ketika bencana tsunami berlangsung juga makin membuat tempat ini populer dan menarik dikunjungi.

2Museum Tsunami Aceh

[Foto: Blogspot.com]

Pasti masih kuat dalam ingatan kita bagaimana mengerikannya tsunami Aceh. Bencana ini bisa dikatakan sebagai salah satu bencana alam paling mengerikan yang pernah menimpa Indonesia. Memakan korban hingga 200.000 jiwa lebih dan meluluhlantakkan Aceh dan sebagian wilayah Sumatra Utara, banyak orang kehilangan keluarganya dalam peristiwa ini, dan karena itulah bencana ini menjadi luka mendalam bagi Aceh dan juga Indonesia.

Museum Tsunami Aceh sendiri dibuat untuk mengingatkan kita tentang kengerian dan kesedihan akibat bencana ini. Disini kamu bisa melihat nama-nama korban yang masih hilang hingga sekarang, juga merasakan bagaimana rasanya terjebak dalam gulungan ombak tsunami yang mengerikan. Pastinya sayang untuk kamu lewatkan.

Baca Juga : Bandung Punya 5 Museum Instagramable yang Mempesona

3Kerkhoff Peucut

[Foto: Ksmtour.com]

Tempat wisata banda aceh populer dan hits selanjutnya yang bisa kamu kunjungi jika kamu ke Banda Aceh adalah Kerkhoff Peucut. Tempat ini sebenarnya adalah kuburan tentara Belanda yang tewas selama Perang Aceh berlangsung. Perang yang berlangsung sangat lama ini memang banyak memakan korban, terumata tentara Belanda yang terdiri dari orang nusantara dari berbagai suku bangsa, mulai dari Jawa, Ambon, dan Madura. Jumlah tentara yang dikuburkan di tempat ini mencapai 2000 orang.

Berkunjung ke sana  tentunya akan membuatmu paham secuil fakta menyedihkan perang selama penjajahan, yaitu bahwa ternyata bangsa kita sendiri digunakan untuk memerangi bangsanya sendiri. Oh iya, mengunjungi tempat ini mudah sekali, sebab letaknya yang berada di belakang Museum Tsunami Aceh. Jadi, kamu bisa mengunjungi dua tempat dalam sekali kunjungan.

4Pantai Lampuuk

[Foto: Ksmtour.com]

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Tepatnya sekitar lima belas kilometer dari Kota Banca Aceh. Tempat wisata ini dulunya menjadi saksi bisu tsunami yang menerjang Aceh, namun seiring berjalannya waktu, pantai ini pulih dan menyajikan panorama pantai yang cantik. Pantai landai dengan pasir putih yang menghampar hingga 5 kilometer adalah daya tariknya. Tentu sangat ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga disana. Bagi kamu yang gemar berselancar juga disarankan sekali untuk datang ke sana, sebab ombaknya begitu bersahabat untuk para peselancar. Tempat itu juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari warung makan sampai penginapan, jadi tak perlu khawatir kerepotan.

5Ulee Lheue

[Foto: Wartawisata.id]

Tempat wisata banda aceh populer dan hits selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ulee Lheue. Tempat ini punya daya tarik pemandangan laut yang menghampar serta panorama matahari terbenam yang indah. Jagung bakar serta sepiring gorengan akan menjadi sandingan yang nikmat untuk menikmati Pantai Ulee Lheue. Cocok sekali untuk menutup petualanganmu di Aceh.

Itulah 5 tempat wisata banda aceh murah meriah paling hits dan yang populer. Jadi, kamu mau berkunjung ke tempat wisata yang mana dulu nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here